Follow Us

Berpetualang Di Dunia Monster Dalam Games Paper Monster Recut

Alexius Aditya - Senin, 14 Desember 2015 | 19:32
Berpetualang Di Dunia Monster Dalam Games Paper Monster Recut

Tim MakeMac sebelumnya telah menulis review tentang The Deer Good dan Leave Me Alone, dua game platformer yang berasal dari tim pengembang Crescent Moon. Kali ini, kita akan membahas tentang satu lagi game platformer dari tim pengembang yang sama berjudul Paper Monster Recut.

Genre platformer berarti pemain akan berpetualang, melewati banyak platform berupa rintangan dan halangan sesuai dengan jalan cerita. Berbagai halangan ini biasanya disebut jumping puzzle. Kapan karakter harus melompat adalah salah satu hal yang penting dalam sebuah game dengan genre platformer.

Petualangan Si Monster Kardus

Sebenarnya, bukan baru pertama kali ini seri Paper Monster menampakkan dirinya di App Store. Seri pertamanya yang berjudul mirip, yaitu Paper Monster juga masih tersedia untuk dimainkan. Cerita dan cara bermainnya pun kurang-lebih sama, hanya saja, pada Paper Monster Recut dunia yang akan kamu jelajahi dibuat baru, dengan lebih banyak level dan grafis yang lebih baik lagi dari seri pertamanya.

Sisi grafis pada Paper Monster Recut sendiri digambarkan dengan sangat baik. Di desain sebagai gabungan dari karakter 2D dengan latar belakang 3D. Kalian akan bermain sebagai sebuah kardus yang berada pada dunia monster. Cerita berawal saat para monster yang besar, mengejar kalian, si kardus mungil. Dan itulah awal dari petualangan kalian.

Kalian akan menjelajahi beragam jenis dunia. Dunianya sendiri akan terbagi lagi menjadi beberapa stage dan pada akhir stage kalian akan melawan bos. Desain tiap levelnya berbeda, dan pada masing-masing level terkadang terdapat beberapa objek dan tempat rahasia yang dapat kalian temukan.

Untuk setiap level yang akan dimainkan, kalian akan diberikan enam kali kesempatan, dan tiga buah health poin. Kalahkan musuh dengan melompati kepalanya. Jika gagal, maka health poin kalian akan berkurang satu buah. Kehilangan tiga buah health poin berarti akan membawa karaktermu mengulang kembali dari checkpoint terdekat.

Kontrol Yang Responsif Dan Sederhana

Ada satu hal lagi kelebihan pada Paper Monster Recut, yaitu adanya dukungan MFi. Ini berarti jika kalian termasuk sebagian orang yang kurang menyukai kendali sentuh, maka kalian dapat menggunakan sebuah kontroller tambahan.

Lalu apakah kendalinya begitu bermasalah sehingga saya membutuhkan sebuah kontroller tambahan? Tidak sama sekali. Kontrolnya sangat responsif sehingga kalian tidak perlu khawatir karakter akan berjalan ke arah yang berbeda ketika kalian membuatnya melompat sambil bergerak maju dan mundur.

Bagian kiri layar akan berfungsi sebagai virtual joystick. Kalian dapat menggerakkan karakter ke berbagai arah dengan melakukan swipe ke kiri dan kanan. Sedangkan bagian kanan layar dikhususkan untuk melompat saja. Tap sekali untuk melompat ke platform lain ataupun untuk melawan monster.

Tidak Ada Kustomisasi Karakter

Paper Monster Recut boleh saja gratis, namun kalian harus membayarnya dengan satu kali iklan setiap menyelesaikan satu kali level. Bukan hal yang terlalu mengganggu menurut saya, meskipun iklan tersebut tidak bisa dilewati begitu saja. Lagipula, game ini tidak memiliki IAP sama sekali, sehingga kalian tetap mendapatkan sebuah game yang solid tanpa IAP, namun dengan selingan iklan pada setiap levelnya. Adil bukan?

Gameplay yang menarik ternyata tidak cukup. Setelah beberapa lama berjalan, melompati platform dan melawan musuh, saya mulai merasa bosan. Levelnya memang di desain secara beragam, namun tidak cukup bervariasi sehingga saya tidak merasakan adanya perubahan yang besar dalam dunia maupun dalam karakter yang saya mainkan. Saya rasa ada baiknya jika terdapat kustomisasi karakter, sehingga pemain dapat merubah karater utamanya menjadi seperti yang mereka inginkan.


Baca Juga:

Editor : Alexius Aditya

Latest