Follow Us

Review Mechanic Escape, Misi Penyelamatan Spesies TV

Alexius Aditya - Senin, 14 Desember 2015 | 16:59
Review Mechanic Escape, Misi Penyelamatan Spesies TV

Minggu ini, App Store kedatangan game baru besutan tim pengembang indie Playdigious. Tim pengembang yang bertempat di Paris, Perancis ini merilis sebuah 2D platformer dengan fase permainan yang cepat, yang siap menguji reflek kontrol dari para pemain.

Game ini sedikit banyak mengingatkan saya pada Geometry Dash. Dimana pemain diharuskan untuk melewati setiap level dengan cepat. Tidak ada waktu untuk memikirkan strategi. Pemain harus menghindar dengan cara berlari ataupun melompat untuk menghadapi tantangan dan musuh yang menghadang. Tidak ada kesempatan untuk melakukan kesalahan, karena satu kesalahan kecil berarti kalian harus mengulangi permainannya lagi.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Misi Mulia Untuk Menyelamatkan Spesies

Kalian akan bermain sebagai Mech, sang pahlawan yang berbentuk sebuah TV. Di dunia yang telah dikuasai oleh para mesin yang jahat, muncul sebuah pahlawan yang berusaha melawan tekanan dari mereka yang jahat. Sebagai pahlawan, Mech tidak takut untuk melewati area berbahaya, menghindari jebakan-jebakan sulit, demi menyelamatkan teman-temannya yang hilang. Dan demikian, tugas penyelamatan tersebut menjadi misi utama, demi menyelamatkan seluruh spesies.

Reflek pemain diuji dalam setiap levelnya. Setelah tutorial berlangsung kalian harus cepat beradaptasi dengan kendalinya. Karena setelah itu, kalian akan terus berlari, melompat, bergelantungan di tali, melompat lagi lebih tinggi, dan berpindah secara instan demi melewati halangan-halangan dari musuh yang jahat. Walaupun menyelamatkan teman adalah misi yang penting, jangan lupa bahwa kalian pun harus menghindari banyak jebakan dan halangan. Secara keseluruhan, ada total 80 level yang harus pemain lewati untuk menyelamatkan para TV lain.

Walaupun tidak ada lawan yang sulit, dalam artian semua dapat ditaklukan, ada semacam boss untuk tiap level yang kalian mainkan. Pada level awal, mungkin boss ini hanya akan mengejar saja, memastikan kalian untuk kehilangan ritme sehingga melakukan kesalahan dan tertangkap olehnya. Dan pada level atas, kalian akan dihadapkan dengan boss yang lebih agresif. Boss ini akan mulai mengeluarkan laser, yang akan membunuh karaktermu dalam sekali tembak saja. Sialnya lagi, boss yang satu ini tidak dapat dikalahkan, kalian hanya harus menghindarinya dengan berlari saja.

Dukungan MFi Kontroller

Mencoba, mencoba, dan mencoba lagi. Inilah kunci dari Mechanic Escape. Dibutuhkan banyak percobaan untuk dapat menyelesaikan level-level tertentu yang sulit. Ritme dari game ini memang cepat, sehingga untuk kalian yang cepat panik dalam situasi tertentu, mungkin game ini bakal menjadi lebih sulit lagi. Tapi memang disitulah tantangannya bukan?

Walaupun halangan yang ada pada suatu level tetap sama, tidak ada sistem checkpoint dalam Mechanic Escape. Hal ini juga menjadi tantangan sendiri karena itu berarti kalian harus bermain dari awal level jika kalian gagal sampai garis finish, entah karena kesalahan sendiri, seperti kehilangan ritme di tengah permainan, ataupun karena terkena serangan musuh.

Jika kalian kurang suka dengan kontrol pada layar sentuh, Mechanic Escape juga sudah mendapat dukungan MFi support, sehingga kalian dapat menggunakan kontroller tambahan untuk memainkan game yang satu ini.

Tidak Ada Jalan Cerita

Mechanic Escape adalah sebuah platformer sederhana. Begitu sederhana sehingga game ini bahkan tidak mempunyai jalan cerita sama sekali. Pemain hanya diharuskan untuk bermain dari level ke level, tanpa ada perantara cerita sama sekali. Tidak akan masalah buat kalian yang memang tidak mencari jalan cerita dari sebuah game memang, tapi untuk sebagian lainnya, yang memainkan game berdasarkan jalan ceritanya, Mechanic Escape bakal menjadi game yang membosankan untuk diikuti.

Baca Juga:

Editor : MakeMac

Latest