Follow Us

Badland 2, Petualangan Kedua Monster Bersayap Di Dunia Siluet

Alexius Aditya - Selasa, 22 Desember 2015 | 17:03
Badland 2, Petualangan Kedua Monster Bersayap Di Dunia Siluet

Tahukah kalian dengan game tentang monster bulat hitam berambut keriting dan bersayap yang terbang kesana-kemari dalam sebuah dunia siluet? Masih ingatkah kalian dengan nama game tersebut? Benar sekali, Bandland.

Dibuat oleh tim pengembang Frogmind, Badland resmi memenangkan banyak sekali penghargaan untuk sebuah game side-scrolling action adventure. Game ini bisa dibilang sangat sukses, apalagi setelah terhitung bahwa lebih dari 30 juta pemain di seluruh dunia memainkannya.

Tidak biasanya game dibuat tanpa diketahui oleh media sama sekali, namun nampaknya proyek game yang satu ini berhasil melakukan hal itu. Setelah tidak diketahui kabarnya, tiba-tiba tim pengembang Badland resmi merilis Bandland 2, sebagai sekuel game pertamanya. Banyak yang kaget ketika game ini muncul di App Store, termasuk saya. Dan karena sudah penasaran, tim MakeMac akan memainkannya dan menceritakannya kepada kalian apakah game yang kedua ini dibuat sebaik game pertamanya.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Tidak Ada Mekanisme Nyawa Di Badland

Pada Badland 2, kalian masih akan bertemu dengan karakter yang sama seperti pendahulunya, yaitu sebuah monster bulat bersayap, yang mempunyai rambut keriting dan berwarna hitam. Dan tugas kalian pun masih tetap sama, yaitu menjaga sang monster ini supaya tetap hidup sampai tujuan.

Tentu saja di dalam perjalanan pemain akan menemui banyak rintangan dan tantangan. Semua halangan ini harus dilewati dengan cepat, karena ketika sang monster terbang terlalu lambat maka layar kalian akan bergerak meninggalkannya, yang secara otomatis akan membuat monster kalian kehilangan nyawanya.

Untuk urusan nyawa, hal ini dapat dikategorikan sebagai hal yang unik, yang terdapat pada Badland 2. Ketika game platformer lainnya menggunakan nyawa sebagai mekanisme untuk membuat sebuah game menjadi sulit untuk dilewati, Badland 2 justru menghilangkan mekanisme nyawa sama sekali.

Karakter yang pemain mainkan nantinya memang akan mati, berulang kali bahkan, untuk dapat sampai ke tempat tujuan. Rasanya tidak masuk akal jika ada mekanisme nyawa di dalamnya, karena hal itu justru akan menjadikan game ini sangat sulit sehingga kurang bisa dinikmati atau bahkan tidak dapat dimainkan sama sekali karena terlalu sulit.

Kini Karakter Monster Kalian Dapat Terbang Ke Kiri dan Ke Kanan

Kendali yang sederhana masih digunakan pada Badland 2. Pemain dapat melakukan sekali tap saja pada layar untuk membuat supaya monster bersayap ini terbang. Untuk menjaganya tetap stabil, pemain harus melakukan tap berulang kali, sesuai dengan tempo permainan.

Perubahan pada kendalinya hanyalah ditambahkannya arah kemana monster terbang. Jika pada Badland, monster yang kalian kendalikan hanya dapat bergerak terarah secara otomatis, maka Badland 2, tim pengembang menambahkan arah kemana monster dapat digerakkan. Pemain dapat melakukan tap pada bagian kanan layar untuk membuat monster terbang ke arah kanan, begitu juga sebaliknya. Monster akan terbang ke arah kiri ketika pemain melakukan tap pada bagian kiri layar. Tidak terlalu berbeda memang, namun perubahan kendali ini cukup signifikan.

Hal yang membuat perubahan kendali ini menjadi begitu signifikan adalah karakter monster yang akan pemain kendalikan dan juga halangan yang akan dilewati monster itu sendiri. Beberapa halangan membutuhkan tempo yang sesuai untuk dapat melewatinya. Tentu saja, hal ini dapat lebih mudah dilakukan jika pemain memiliki kemampuan untuk memperlambat terbangnya sang monster. Oleh karena itulah kendali arah tadi menurut saya diperlukan.

Editor : MakeMac

Latest