Follow Us

Menjadi Pembunuh Profesional Yang Kreatif di Hitman: Sniper

Alexius Aditya - Rabu, 06 Januari 2016 | 15:21
Menjadi Pembunuh Profesional Yang Kreatif di Hitman: Sniper

Walaupun hari ini sudah memasuki bulan Januari, tapi rasa-rasanya semua kegiatan masih terasa seperti bulan Desember saja. Diskon bulan Desember yang masih tetap terpampang dimana-mana, ingatan tentang liburan kemarin, obrolan dan suasana bertemu saudara yang baru terjadi minggu lalu. Saya yakin banyak dari kalian pun masih merasakan hal yang sama.

Tidak terkecuali dengan game pertama yang saya mainkan pada tahun 2016 ini, yaitu Hitman: Sniper. Tema di dalam game masih seperti bulan Desember. Hiasan natal yang tersebar di berbagai tempat, suara musik latar tentang hari natal dan bahkan ada satu senjata yang dibuat bercorak natal.

Game ini adalah buatan tim pengembang Square Enix Montréal, tim yang sama yang telah menghadirkan Hitman GO dan Lara Croft GO. Namun, berbeda dengan dua game yang saya sebutkan sebelumnya. Alih-alih mengambil genre yang sama, yaitu puzzle adventure, Hitman: Sniper justru mengusung genre lain, yaitu sebuah game aksi. Hitman: Sniper sepertinya sengaja hadir untuk melengkapi aksi yang tidak kalian dapatkan dari game Hitman sebelumnya.

Gunakan Berbagai Objek Untuk Menghabisi Target

Untuk kalian yang belum tahu, Hitman: Sniper bukanlah sebuah game baru. Game ini sebenarnya telah dirilis pada pertengahan tahun kemarin. Disini pemain akan bermain sebagai Agent 47, seorang pembunuh bayaran yang siap untuk membunuh siapapun atas dasar kontrak dari para klien.

Agent 47 adalah seorang pembunuh profesional, yang berarti pemain akan menghabisi musuh sendirian, tanpa bantuan siapapun kecuali sebuah handler. Seorang handler atau pemandu tugas para agen diperankan oleh seorang wanita, yang saya asumsikan adalah Diana Burnwood. Diana-lah yang akan menemani Agent 47 beraksi. Melalui perintah suara, Diana akan membantu kalian, sedikit memberikan tips agar aksi kalian tidak terlalu terburu-buru atau agresif, yang dapat menyebabkan gagalnya sebuah kontrak misi.

Sebagai seorang penembak jitu, kalian akan dibekali dengan senjata sniper, dengan konsekuensi, kalian tidak dapat membunuh musuh dengan kombat tangan kosong. Senjata utama kalian tidak terdiri dari satu macam saja. Ada 14 macam senjata sniper yang masing-masing memiliki kemampuannya sendiri. Selama misi berlangsung, pemain tidak diijinkan untuk merubah posisi. Tetapi tenang saja, posisi awal kalian sudah sangat baik dan cukup tersembunyi dari para musuh sehingga dapat dipastikan posisi kalian aman.

Sebagai Agent 47 sendiri, kalian dapat berkreasi, menggunakan berbagai hal dan objek di dalam map agar aksi yang kalian lakukan tidak langsung diketahui oleh musuh. Pemain dapat memilih untuk membunuh para target menggunakan ledakan, ataupun memancing mereka ke suatu tempat untuk kemudian membunuhnya. Gunakan imajinasi kalian untuk melakukan berbagai hal menarik saat menjalankan kontrak misi.

Semakin banyak kontrak yang diambil dan semakin sering kalian beraksi, maka semakin banyak objek yang nantinya dapat kalian temukan untuk menambah skor akhir kalian. Skor yang kalian dapatkan tentunya juga akan menjadi semakin, yang berarti kalian dapat menggunakannya untuk menambahkan kemampuan pada senjata sniper. Jika dirasa sudah cukup, kalian dapat membeli senjata yang lain yang lebih kuat daripada senjata sebelumnya.

Pada akhirnya, keberhasilan suatu misi akan ditentukan oleh seberapa cepat kalian mengambil keputusan dan tepatnya tembakan kalian. Apakah target utama berhasil melarikan diri dari tempat kejadian ataupun justru semua target berhasil dilumpuhkan oleh tembakan kalian, semuanya tergantung pada aksi kalian sendiri.

Kendali Sentuh Yang Responsif

Kendali yang akan pemain gunakan cukup sederhana dan tidak banyak opsi untuk merubahnya. Kalian dapat tap dimana saja untuk menggunakan scope. Lakukan gerakan mencubit saat layar menampilkan scope agar kamera menjadi lebih dekat ke target yang kalian inginkan. Untuk kembali ke tampilan utama, kalian dapat melakukan tap diluar wilayah scope. Untuk menembak, kalian dapat melakukan tap di dalam wilayah scope. Kalian dapat mengubah mode tembakan ini agar menjadi tombol lewat opsi pengaturan.

Saya sendiri lebih nyaman untuk menggunakan tombol tembak saja. Selain itu, semua kendali yang saya lakukan, tap, swipe dan pinch dikenali dengan baik oleh game tanpa masalah sama sekali. Adanya opsi untuk merubah aksi tembakan dari model tombol menjadi model tap saya rasa sudah cukup baik karena memang hanya itulah kendali yang paling penting pada game ini. Tim pengembang sudah benar-benar memikirkan kendali sentuh yang baik pada game ini.

Banyak Misi Dalam Satu Map Saja

Setelah bermain cukup lama, saya sadar bahwa saya hanya bermain pada map yang sama berulang-ulang. Lalu saya benar-benar sadar bahwa pada Hitman: Sniper, pemain hanya diberikan satu map saja, yang terdiri dari satu bangunan besar dan dua bangunan pendamping pada masing-masing sisi. Posisi musuh yang ada juga tidak banyak berubah. Setelah melewati beberapa misi, kalian akan mulai hapal gerak-gerik para penjaga, kemana arah penjaga akan berjalan dan berapa lama dia akan berdiri disana.

Editor : Alexius Aditya

Latest