Follow Us

Harvest Moon: Seeds of Memories Akan Hadir Di iOS Sebentar Lagi!

Alexius Aditya - Jumat, 08 Januari 2016 | 17:59
Harvest Moon: Seeds of Memories Akan Hadir Di iOS Sebentar Lagi!

Jika kalian adalah penggemar video game, yang pada saat ini berumur kurang lebih 20 tahun dan saya berbicara kepada kalian mengenai sebuah game klasik tentang simulasi bertani, maka bisa saya pastikan bahwa apa yang ada di pikiran kalian adalah Harvest Moon.

Tenang saja, saya bisa tahu mengenai hal itu bukan karena saya seorang cenayang, tetapi lebih kepada logika sederhana. Faktanya, game klasik yang dirilis pertama kali untuk platform Super Nintendo Entertainment System ini memang sangat populer pada masanya. Sampai sekarang pun, tidak bisa dipungkiri jika para gamer veteran dan para pecinta game klasik masih berharap seri Harvest Moon tetap terus dipertahankan.

Saya sebagai salah satu pecinta game klasik, juga mengharapkan hal yang sama. Dan sepertinya pada awal tahun 2016 ini, harapan kita bersama bahwa seri Harvest Moon agar tetap berlanjut akan segera terwujud.

Sekilas Cerita Dibalik Seeds of Memories

Pada tahun lalu, Harvest Moon: The Lost Valley yang dirilis untuk platform Nintendo 3DS sempat dianggap sebagai akhir dari berlangsungnya seri Harvest Moon. Penyebabnya? Tidak lebih dan tidak kurang karena tim pengembang Marvelous Entertainment, tim yang bekerja dibalik seri Harvest Moon ini tidak lagi bekerja sama dengan publisher Natsume. Mereka beralih, bekerja sama dengan publisher Xseed. Akibatnya, Marvelous Entertainment tidak lagi dapat menggunakan nama Harvest Moon. Dan sebagai gantinya, mereka menggunakan judul Story of Seasons untuk melanjutkan seri game yang mereka buat.

Publisher Natsume mempunyai hak penuh atas nama Harvest Moon, itulah kenapa para tim pengembang Marvelous Entertainment tidak lagi dapat memakai nama Harvest Moon sebagai nama game mereka. Publisher Natsume akhirnya memutuskan untuk bekerja sendiri, menjadi sebuah pengembang sekaligus publisher mandiri, sampai pada akhirnya merilis Harvest Moon: The Lost Valley sebagai game pertama mereka.

Awal Munculnya Seeds of Memories

Menjelang akhir tahun 2015 kemarin, tepatnya tanggal 2 September, produser dari Harvest Moon: The Lost Valley, Taka Maekawa mengatakan bahwa beliau beserta segenap tim sedang mengerjakan seri Harvest Moon terbarunya yang berjudul Harvest Moon: Seeds of Memories. Namun, jika seri Harvest Moon sebelumnya hanya dibuat untuk platform 3DS, maka versi terbarunya ini justru akan tersedia untuk lebih banyak platform, diantara lain Wii U, PC, Android, dan tentu saja tidak ketinggalan iOS.

Ciri Khas Seri Harvest Moon Tetap Dipertahankan

Taka Maekawa sekali lagi menjelaskan bahwa untuk mempertahankan ciri khas seri Harvest Moon, semua kegiatan dan interaksi yang dapat pemain lakukan pada seri Harvest Moon lama akan tetap hadir pada game terbarunya. Pemain dapat bercocok tanam, mencari berbagai tanaman dan bahan makanan di hutan, memancing, menambang, melatih dan berternak binatang dan tentu saja berinteraksi dengan para NPC di penjuru kota.

Tujuan utama pada game ini juga masih tetap sama, yaitu untuk mencapai kesuksesan. Hal ini memberikan pemain kebebasan untuk membuat karakter dengan tujuan yang berbeda. Karena kesuksesan hanya dapat diukur oleh pemain sendiri, maka semuanya diserahkan kembali kepada pemain. Apakah kesuksesan yang berarti karakter mereka dapat menghasilkan uang yang banyak dari hasil bekerja, kesuksesan dalam hal berkeluarga, atau bahkan memilih kesuksesan karena mendapatkan kedua hal tersebut bersamaan.

Seperti layaknya sebuah game tentang simulasi bertani, tidak terdapat banyak perubahan dari sisi gameplay lainnya. Pemain akan menyiapkan tanah sebelum ditanami, menanam bibit, lalu kemudian menyiraminya dengan air. Tanaman tentunya tidak akan tumbuh begitu saja secara instan, maka setelah sibuk bertani, pemain dapat mengunjungi tetangga untuk mengobrol.

Pusat kota akan menjadi tempat dimana setiap acara festival dan event spesial tiap musim diadakan, maka jika mengobrol dengan tetangga saja terdengar membosankan, pemain bisa memilih untuk pergi ke pusat kota untuk mencari tahu tentang event apa yang akan diadakan selanjutnya, sehingga pemain dapat bersiap-siap jauh sebelum event berlangsung.

Para Karakter Dan Bagaimana Mereka Berinteraksi

Sebagian dari kalian mungkin mulai bertanya, mengapa saya harus berinteraksi dengan para tetangga? Apa saya tidak bisa fokus dengan pekerjaan dan mencari uang saja? Perlu saya jelaskan sekali lagi bahwa Harvest Moon: Seeds of Memories adalah sebuah game simulasi. Seperti pada kehidupan nyata, seorang karakter tidak bisa hidup sendirian saja. Mereka membutuhkan orang lain atau jika kalian membawanya ke level lebih tinggi lagi, seorang karakter akan membutuhkan seorang pasangan.

Hal pertama yang harus dilakukan jika kalian ingin menemukan pasangan yang tepat untuk karakter adalah kalian harus mencoba untuk membuatnya berinteraksi dengan banyak orang. Mencoba untuk mengetahui hal apa yang lawan karakter mereka sukai, apa mimpi yang ingin diraih. Dan festival pada pusat kota adalah tempat yang bagus untuk melakukannya.

Editor : MakeMac

Latest