Follow Us

Review Harvest Moon: Seeds of Memories, Bertani & Hidup Sosial di Desa

Alexius Aditya - Jumat, 15 Januari 2016 | 18:20
Review Harvest Moon: Seeds of Memories, Bertani & Hidup Sosial di Desa

Sepertinya tidak terasa baru pada minggu lalu, tim MakeMac mengumumkan bahwa Natsume, tim pengembang sekaligus sebuah publisher besar dibalik nama Harvest Moon akan merilis seri Harvest Moon pertamanya untuk iOS.

Tepat pada tengah malam tadi dan sesuai perkiraan saya, akhirnya Natsume benar-benar merilis Harvest Moon: Seeds of Memories di app store. Tentu saja, tanpa berpikir lebih panjang lagi, saya langsung mengunduhnya untuk memainkannya, agar saya dapat memberikan review kepada kalian yang pastinya juga sudah tidak sabar lagi menunggu ulasan tentang game ini.

Selamat Datang di Kota Chestnut!

Pertama kali datang ke kota dan berkunjung di sebuah lahan pertanian yang kosong, kalian akan mendapatkan sambutan yang cukup mengejutkan dari seorang peri. Alih-alih mendapat sambutan yang hangat, dijamu dengan makanan dan tarian, sang peri justru langsung mengajukan sebuah permintaan bantuan. Jika sebuah peri saja meminta bantuan, maka bantuan tersebut tentunya tidak sekadar bantuan sepele. Benar saja, kalian akan diminta untuk mengembalikan ingatan penduduk desa bahwa sebuah pertanian ini ada. Kalian datang di waktu yang tepat, sepertinya.

Peri tersebut sadar bahwa hal itu merupakan tugas yang berat, apalagi kalian adalah seseorang yang baru datang dan tidak mengetahui apapun tentang desa Chestnut. Namun begitu, kalian tidak perlu takut. Sebagai awal saja, sang peri memberikan sebuah lahan pertanian besar beserta rumah kecil dan semua isinya, yang dapat kalian tinggali dan pergunakan untuk mendapatkan uang. Dan satu hal yang harus tetap diingat, kalian tetap harus membantu sang peri mengembalikan ingatan warga kota.

Peta pada Harvest Moon: Seeds of Memories tidak terlalu besar. Itu adalah hal yang pertama kali menjadi perhatian saya, setelah selama kurang dari sehari saja, saya dapat berbicara dengan semua penduduk kota dan masih menyisakan sedikit waktu untuk berendam di pemandian air panas di tepi gunung.

Kamu bisa melakukan itu? Ya, tentu saja. Harvest Moon: Seeds of Memories tidak hanya sebuah game simulasi tentang pertanian. Game ini juga adalah sebuah game simulasi kehidupan, sehingga hampir semua kegiatan di kehidupan nyata dapat dilakukan secara sederhana disini.

Peta yang tidak terlalu besar tadi ada baiknya juga, mengingat bahwa pada awalnya pemain hanya dapat berjalan kaki untuk berpetualang, yang tentunya cukup memakan waktu. Waktu adalah uang bukan? Pemain akan memulai hari-hari pertamanya dengan bercocok-tanam, kemudian menjual hasilnya. Uang dari penjualan tersebut dapat digunakan untuk berbagai macam hal, seperti di kehidupan nyata.

Hidup Di Dunia Permainan

Pemain dapat membeli makanan sebagai pemulih tenaga—seperti halnya kamu, membeli bibit tanaman baru sehingga pemain mempunyai tanaman yang beraneka-ragam, tidak hanya satu jenis saja. Memelihara hewan peternakan seperti sapi dan domba untuk kemudian dijual hasil susu dan bulunya, ayam yang akan menghasilkan telur, serta kotoran mereka yang kemudian dapat digunakan sebagai pupuk.

Uniknya, semua kegiatan tadi dapat dilakukan pemain sedari awal permainan. Jika kalian ingin memancing, maka carilah sebuah pancing dan memancing. Ingin berendam dan makan seharian saja, silahkan ke restauran lalu makan sekenyangnya, semampu kalian. Ingin mendapatkan tanaman yang bagus? Hm, nanti dulu. Tanaman kan tidak bisa begitu saja tumbuh. Kalian harus menanamnya, menyirami, dan memperhatikan pertumbuhannya agar tanaman tersebut tetap tumbuh sehat. Jika kalian menemui kesulitan, cobalah cari petunjuk di buku. Itulah gunanya lemari buku yang diletakkan di dekat tempat tidur kalian.

Bukan hanya kegiatan yang menghasilkan uang saja yang dapat pemain lakukan, namun juga kegiatan seperti mengobrol santai, mengikuti festival, mengendarai kuda, hingga memelihara hewan peliharaan. Siapa sih yang tidak ingin memiliki seekor anjing untuk dipelihara?

Kendali pada Harvest Moon: Seeds of Memories terbagi menjadi dua mode. Dimana satu modenya berguna untuk berinteraksi sedangkan mode keduanya adalah mode pertanian, dimana karakter kalian akan menggunakan sebuah alat untuk melakukan aktifitas seperti bertani, memancing, dll. Pemain dapat berpindah mode secara instan dengan melakukan tap sekali saja pada tombol farming mode yang terletak di kanan bawah layar.

Editor : Alexius Aditya

Latest