Follow Us

Review Mountain Biker, Menjadi Pembalap Sepeda Gunung Profesional

Alexius Aditya - Jumat, 22 Januari 2016 | 15:25
Review Mountain Biker, Menjadi Pembalap Sepeda Gunung Profesional

Berbicara tentang olahraga ekstrem, maka tidak lepas dengan yang namanya mountain biking, atau bersepeda gunung. Olahraga sepeda gunung ini dikategorikan sebagai olahraga ekstrem karena selain dibutuhkan stamina yang kuat, kalian juga harus mempunyai nyali yang besar. Bagaimana tidak, sepeda akan dipacu secepat mungkin untuk menuruni perbukitan. Salah perhitungan sedikit saja maka bisa celaka.

Berbeda cerita jika kalian melakukannya pada Mountain Biker. Game keluaran tim pengembang ESCAPE VELOCITY LIMITED ini adalah sebuah game ekstrem yang menggunakan olahraga sepeda sebagai ide utamanya.

Setiap Track Memiliki Misi Berbeda

Pada Mountain Biker, pemain diberi kesempatan untuk berlatih, menggunakan berbagai macam track yang tersebar di seluruh belahan dunia. Misi utama pemain hanya satu saja, yaitu untuk mengalahkan para pesepeda gunung yang sudah profesional.

Tentu saja untuk mengalahkan mereka, pemain harus berlatih. Karena nantinya, kalian harus membuat para profesional itu mundur dengan tingginya skor yang telah kalian peroleh. Skor? Ya. Mountain Biker bukan soal seberapa cepat kalian harus bersepeda menuruni bukit, tetapi lebih kepada permainan trik sepeda yang dapat kalian tunjukkan. Semakin lihai pertunjukan trik kalian, maka semakin besar skor yang akan kalian peroleh.

Semakin banyak rangkaian trik yang dapat kalian perlihatkan, maka semakin banyak pula perhitungan skor multiplier yang kalian dapatkan. Semisal saja, dalam sekali lompatan, kalian dapat mempertunjukkan moto-whip, no-hands, dan table-top maka kalian akan mendapatkan skor yang lebih banyak daripada hanya mengeluarkan satu jenis trik saja. Hal ini penting karena setiap track mempunyai misi yang berbeda.

Misi? Tentunya kalian tidak mengira dapat mengalahkan para pesepeda gunung profesional tadi dengan hanya trik bukan? Tentu saja ada misi yang harus dilakukan, dari misi mudah seperti buat skor lebih dari 1000, sampai dengan misi gila seperti harus memperlihatkan lima trik berturut-turut, disertai dengan perfect landing. Pada akhir track, pemain akan diberikan sejumlah uang, tentunya sebagai hadiah dan untuk membuat sepedanya semakin kuat lagi.

Buat Track Milikmu Sendiri!

Untuk mengimbangi trik dan berbagai misi tadi, sudah semestinya kalian mendapatkan sepeda yang profesional juga. Tidak perlu khawatir, tim pengembang sudah menyiapkan semuanya disini. Ada tujuh merk sepeda terkenal yang akan memberikan dukungan untuk olahraga ekstrem ini, sebut saja Scott, Banshee, dan Polygon.

Lebih dari itu, karena sepeda tadi masih dirasa kurang memadai, maka tim pengembang telah menyiapkan berbagai komponen sepeda yang dapat dipasang di sepeda pemain, sehingga dapat membantu pemain dalam menyelesaikan misi. Total, ada tujuh komponen dari pabrikan terkenal, seperti Spank, Cane Creek, dan DMR. Kalian dapat membeli komponen atau mempelajari trik dengan membayar sebagian koin, yang telah didapatkan setelah berhasil menguasai track tertentu.

Karena ini adalah permainan yang menantang, pemain juga harus lihai dalam menggunakan semua kendali. Mountain Biker menggunakan dua kendali sekaligus, kendali sentuh dan gyro. Untuk membuat sepeda berjalan mulus menuruni bukit, pemain dapat melakukan tap. Sedangkan ketika sepeda sedang melompat, maka pemain harus memiringkan iPad atau iPhone ke arah sebaliknya untuk menjaga keseimbangan sepeda. Hal ini tentunya menambah tantangan tersendiri bagi pemain kasual.

Jika tantangan di game sudah tidak lagi dapat membuatmu tertarik, maka kalian dapat membuat tantangannmu sendiri, sekaligus membagikannya ke teman-teman untuk menantang mereka di track buatanmu sendiri.

Minimnya Kustomisasi

Grafis pada Mountain Biker bisa dibilang tidak cukup spesial, namun berbeda dengan musik latarnya. Musik pada game ini sangat baik. Beberapa musiknya bahkan bisa diambil langsung di iTunes Store saat kalian sedang bermain. Cukup unik bukan?

Game ini berfokus pada objek sepeda, maka kustomisasi sepeda adalah hal yang seharusnya lebih diperhatikan oleh tim pengembang. Namun sayangnya, fitur kustomisasi ini justru ditinggalkan. Pemain terpaksa bermain dengan satu sepeda saja, tanpa ada perubahan pada komponen sepedanya meskipun sebelumnya bagian tersebut sudah diganti dengan komponen sepeda yang lebih baik.

Editor : MakeMac

Latest