Follow Us

Review Crashlands, Pengalaman Kurir Antar Galaksi Untuk Bertahan Hidup

Alexius Aditya - Selasa, 26 Januari 2016 | 16:58
Review Crashlands, Pengalaman Kurir Antar Galaksi Untuk Bertahan Hidup

Game kali ini, yang akan saya review adalah sebuah game dari hasil perjuangan dari tiga kakak-beradik. Selama dua tahun, ya, kalian tidak salah membacanya, mereka telah berusaha untuk mengembangkan game ini sedemikian rupa, sampai akhirnya siap dirilis untuk empat platform sekaligus, termasuk iOS diantaranya, pada tanggal 21 Januari 2016 kemarin.

Mereka yang saya maksud adalah Adam, Seth, & Sam, yang tergabung menjadi satu dalam Butterscotch Shenanigans, sebuah tim pengembang indie dibalik Crashlands. Game petualangan yang lebih berfokus pada aksi dan petualangannya sendiri dibanding inventory manajemen, seperti yang kerap kita temui pada game petualangan lainnya.

Terdampar Di Planet Asing

Pemain akan bermain sebagai Flux Dabes, seorang kurir antar galaksi yang sedang bekerja. Hari itu, semua berjalan lancar. Tanpa diduga, hal buruk terjadi saat Flux sedang mengantarkan barang antaran terakhirnya. Flux diserang oleh sebuah alien jahat bernama Hewgodooko.

Kabar baiknya, Flux tetap hidup. Hanya saja, kini Ia terdampar di sebuah planet yang asing sama sekali. Sebagai kurir yang baik, tentu saja Flux tidak melupakan tugasnya. Ia berusaha untuk merebut kembali paket terakhirnya dari tangan sang alien jahat dengan menggunakan berbagai cara.

Sebagai Flux, pemain akan selalu ditemani oleh sebuah robot canggih bernama Juicebox. Juicebox akan membantu Flux di segala situasi. Saat Flux menjelajahi planet, Juicebox berada di sebelahnya sebagai pemandu. Saat Flux sedang berinteraksi dengan para alien lokal, Juicebox akan menjadi asisten yang setia dengan memberikan ide-ide baru untuk Flux. Juicebox akan sekaligus menjadi tutorial untuk pemain, untuk memahami apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Karena di awal permainan, pemain tidak mempunyai peralatan apapun selain sebuah wrench, maka membangun peralatan yang lengkap adalah hal utama untuk bertahan hidup. Pemain harus mengumpulkan banyak resource untuk digunakan sebagai komponen pembuat peralatan baru, pedang untuk menghajar musuh, baju pelindung untuk bertahan dari serangan, kapak, dan tentu saja beberapa komponen rumah.

Secara keseluruhan, ada 500 item yang dapat dibuat oleh pemain di Crashlands. Tentu saja untuk mendapatkannya, pemain harus menjelajahi seisi planet. Item yang dimaksud bervariasi, mulai dari perabotan rumah, hingga bom yang dapat digunakan untuk menyerang musuh ataupun mengumpulkan resource.

Dengan berbagai macam jenis item tadi, inventory pemain akan diatur secara otomatis, sehingga pemain hanya harus berfokus pada aksinya. Hal ini cukup membantu karena alih-alih harus berpikir tentang mana item yang penting, pemain hanya cukup berpikir tentang apa yang ingin mereka buat selanjutnya.

Kombat Sederhana Namun Penuh Strategi

Flux terdampar di planet yang sama sekali asing untuknya, oleh karena itu pemain akan bertemu dengan banyak alien asing pula. Beberapa alien memang cukup kecil sehingga kehadirannya tidak banyak mengganggu. Beberapa alien bahkan cukup kecil untuk secara tidak sengaja terinjak oleh Flux.

Namun, beberapa alien lainnya mempunyai ukuran kurang-lebih sama dengan Flux, atau bahkan jauh lebih besar darinya. Alien inilah yang harus kalian cukup berbahaya jika pemain berada cukup dekat dengan mereka. Mereka bahkan tidak segan untuk menyerang jika mulai merasakan adanya bahaya dari karakter.

Kombat dilakukan dengan sangat sederhana, pemain hanya harus tap pada alien yang ingin diserang, untuk membuat Flux menyerang target yang dimaksud hingga alien tersebut mati.

Kemampuan saat kombat sendiri akan bervariasi, sesuai dengan cara bermain kalian. Hal ini yang membuat Crashlands cukup mudah untuk dimainkan, namun tetap membutuhkan strategi. Beberapa alien yang bertubuh besar tidak bisa dihabisi dengan sekali pukul saja. Mereka akan berusaha untuk menyerang balik pemain, dan jika kalian lengah, kalian akan mati dalam dua-tiga pukul saja. Maka, memikirkan strategi untuk menyerang adalah hal yang penting.

Editor : Alexius Aditya

Latest