Follow Us

Review The Westport Independent, Menjadi Editor Koran Pasca Perang

Alexius Aditya - Senin, 07 Maret 2016 | 19:37
Review The Westport Independent, Menjadi Editor Koran Pasca Perang

Setiap negara pasti memiliki kebijakan dari pemerintahannya masing-masing. Kebijakan ini diambil berdasarkan keinginan masyarakat yang kemudian diputuskan oleh para petugas di pemerintahan. Oleh karena itu, seorang yang menjadi petugas di sebuah pemerintahan akan mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi berlangsungnya suatu negara.

Lalu apa jembatan yang menghubungkan antara para petugas pemerintah tadi dengan masyarakat? Bagaimana mereka tahu apa yang masyarakat inginkan? Disinilah peran media berlangsung, seperti yang akan kalian lakukan di The Westport Independent, sebuah game simulasi tentang media dan manajemen sensor, yang dibuat oleh tim pengembang Double Zero One Zero.

Pentingnya Seorang Editor

Pada The Westport Independent, pemain akan berperan sebagai seorang editor di koran yang berdiri sendiri. Walaupun keberadaan koran milik pemain ini bukanlah karena usaha pemerintah, mereka toh akan tetap saja memaksa pemain sebagai editor untuk membuat isi berita yang menguntungkan bagi pemerintah.

Situasi negara pun sedang tidak berpihak pada kalian. Kondisi negara yang sedang dibangun kembali setelah berperang membuat kalian berada posisi terhimpit. Pemain sebagai rakyat tentunya akan membela rakyat, sedangkan pemain sebagai editor adalah jembatan dari ide masyarakat untuk pemerintah, dan sebaliknya.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Disinilah peran pemain sebagai seorang editor koran diuji. Apakah kalian akan memberikan berita yang kontroversial atau justru membantu pemerintah menekan masyarakat dengan memberitakan berita yang kurang lengkap.

Tugas utama kalian sebagai editor adalah memilih topik yang kemudian akan ditulis oleh keempat penulis lainnya. Topik yang berbeda akan hadir setiap harinya, dari mulai topik yang netral, tentang artis misalnya, hingga topik yang sedikit keras seperti pembakaran yang dilakukan oleh para pemberontak, ataupun pemborosan dana oleh pemerintah.

Perjuangan Keempat Orang Penulis

Topik yang diberikan oleh editor sebelumnya, akan kemudian ditulis oleh para penulis, yang tentu saja memiliki pandangannya masing-masing mengenai setiap topik. Satu penulis misalnya akan lebih berpihak kepada pemberontak, sehingga baginya, menulis kebaikan pemerintah akan membuatnya tidak nyaman. Sebagai editor, pemain akan memutuskan apakah tetap memaksakan topik yang sama untuk ditulis oleh penulis tersebut, ataukah memberikan topik yang berbeda.

Untuk setiap topik yang diangkat, maka akan ada akibatnya. Oleh karena itu, jika seorang penulis yang tadinya berpihak kepada pemerintah kemudian menulis topik yang justru menjatuhkan pemerintah, maka jangan kaget apabila pemain akan mendapat teguran dari pemerintah mengenai hal tersebut.

Tugas pemain juga meliputi pembagian koran ke berbagai wilayah. Disini, seperti di dunia nyata juga, setiap wilayah akan memiliki pandangannya dan pilihan beritanya sendiri. Bagian wilayah utara misalnya, kebanyakan diisi oleh kaum pemerintah yang lebih menyukai topik kejahatan. Berarti, saat koran pemain menerbitkan berita tentang kejahatan, ada baiknya untuk wilayah utara dibagikan secara lebih banyak dibanding wilayah selatan, sehingga menunjang angka penjualan.

Sebuah Simulasi Yang Kurang Lengkap

The Westport Independent adalah sebuah game simulasi yang mengarah ke manajemen, yang justru menguras sisi kemanusiaan dari pemain daripada memaksa pemain untuk memperhitungkan sebab-akibat. Di game ini, pemain tidak harus pusing dengan pendapatan yang diterima oleh koran miliknya setiap minggu. Misi utama dari permainan ini adalah membuat koran milik kalian tetap eksis keberadaannya sampai pada saat akhir permainan. Oleh karena itu, pemain harus dapat mengambil keputusan mana yang baik untuk pemerintah, dan mana yang baik untuk masyarakat secara seimbang.

Editor : MakeMac

Latest