Follow Us

Review Twofolds Inc, Game Puzzle Sederhana Penuh Strategi

Alexius Aditya - Rabu, 03 Februari 2016 | 16:53
Review Twofolds Inc, Game Puzzle Sederhana Penuh Strategi

Apa yang sering kalian lakukan untuk mengisi sedikit waktu disela-sela rutinitas sehari-hari? Membaca buku, mengobrol dengan teman, berkirim pesan, atau bermain game? Untuk saya sendiri, saya terkadang lebih suka untuk bermain game. Dan jika kalian adalah sebagian orang yang seperti saya, memilih untuk bermain game, pertanyaan selanjutnya adalah, game dengan genre apa yang menurut kalian cocok dimainkan pada waktu yang terbatas tersebut?

Bagi saya, game puzzle adalah genre yang paling cocok. Game ini tidak membutuhkan waktu lama untuk dimainkan, cocok sekali untuk dimainkan disela-sela waktu yang terbatas. Jika sebelumnya saya selalu bermain Threes!, minggu ini game tersebut tergeser posisinya oleh twofold inc. yang merupakan sebuah game puzzle unik penuh strategi buatan tim pengembang independen dari Swedia, Grapefrukt.

Game Puzzle Kompleks

Misi pada game ini sebenarnya cukup mudah dan sangatlah sederhana. Pemain ditugaskan untuk menghilangkan kotak berwarna sama dalam sekali swipe saja. Kotak berwarna tersebut terbagi menjadi empat, yaitu biru, kuning, merah, dan putih. Tentu saja, untuk melakukan hal tadi, terdapat beberapa persyaratan yang harus ditaati oleh pemain.

Di dalam game, request atau permintaan akan diberikan kepada pemain. Di dalam permintaan tersebut, terdapat warna kotak sekaligus jumlah kotak yang harus dihilangkan oleh pemain dari papan permainan seluas 5×7 kotak. Permintaan tadi bisa saja datangnya hanya satu, tetapi biasanya, mereka datang bersamaan sekaligus dua atau bahkan tiga, yang masing-masing terdiri dari 3 warna kotak.

Perhitungan kotak dimulai dari 2, 4, 8, begitu seterusnya, dihitung semakin besar berdasarkan kelipatan angka sebelumnya. Angka ini jumlahnya akan bertambah semakin banyak ketika pemain berhasil menghilangkan banyak kotak sekaligus. Namun harus diingat bahwa untuk menghilangkan kotak berwarna tadi hanya dapat dilakukan secara horisontal dan vertikal, tidak secara diagonal.

Peraturan lainnya, jika ada empat kotak berwarna sama bersebelahan satu sama lain, keempat kotak tersebut harus dihilangkan sekaligus, dalam sekali langkah tanpa meninggalkan kotak berwarna sama satupun.

Tidak masalah jika pemain membersihkan kotak berwarna yang tidak sesuai permintaan, hanya saja, langkah yang tidak diperlukan ini akan mengurangi langkah awal yang telah pemain miliki.

Jika pemain berhasil menghilangkan kotak dengan jumlah yang lebih banyak sekaligus, dimana permintaan hanya meminta 8 kotak saja, hal ini diperbolehkan. Pemain tidak akan diberikan hukuman. Justru jumlah kotak yang tersisa akan diakumulasikan, untuk menghilangkan permintaan kotak berwarna selanjutnya. Hal ini justru akan membantu pemain untuk membereskan lebih banyak permintaan dalam satu langkah saja.

Papan permainan yang berisi kotak-kotak berwarna dapat digeser secara horisontal dan vertikal, seperti rubrik 2D. Pergeseran ini tidak akan menghilangkan kotak berwarna yang letaknya di paling ujung deretan tersebut. Kotak-kotak tersebut hanyalah bergeser tempat saja, tidak menghilang. Kotak yang letaknya diujung paling kanan misalnya, akan bergeser dan muncul diujung kiri, masih pada deretan yang sama.

Tentu saja hal ini tidak dapat dilakukan berulang kali, karena pemain memiliki sejumlah langkah yang dapat habis, ketika pemain menggunakannya untuk menggeser deretan kotak. Jika hitungan langkah ini habis, maka permainan akan menggunakan health dari pemain sebagai gantinya, yang menyebabkan permainan selesai saat pemain kehabisan health.

Strategi, Strategi, dan Strategi

Dari penjelasan tadi saja, kalian pasti akan berpendapat bahwa twofolds inc. adalah sebuah game yang kompleks. Tapi ternyata, saat saya memainkannya sendiri, peraturan tadi sebenarnya cukup sederhana. Namun tetap, saya sangat setuju bahwa game ini adalah sebuah game puzzle yang membutuhkan banyak strategi.

Beruntunglah kalian, tutorial pada twofolds inc. adalah satu dari sekian banyak hal yang dibuat dengan sangat baik pada game ini. Tutorial dari game ini menjelaskan permainan yang kompleks tadi dengan sangat baik, memperkenalkan langkah demi langkah dengan sangat jelas sehingga membuat pemain mengerti sistem permainannya secara menyeluruh.

Editor : MakeMac

Latest