Follow Us

Review Ninja Boy Adventures, Sebuah Game Reinkarnasi Bomberman

Alexius Aditya - Rabu, 10 Februari 2016 | 15:27
Review Ninja Boy Adventures, Sebuah Game Reinkarnasi Bomberman

Sekitar 25 tahun yang lalu, sebuah karakter robot yang juga sedikit menyerupai tokoh anime karena mempunyai antena berwarna merah jambu di kepalanya sedang sibuk mondar-mandir, mengelilingi bangunan batu yang penuh dengan musuh berbentuk balon berwarna merah. Sang robot meletakkan bom dimana-mana, membuat kekacauan, dengan satu misi, yaitu untuk mencari jalan keluar.

Jika kalian familiar dengan apa yang saya ceritakan, maka saya yakin kalian tahu pasti apa nama game tersebut. Ya, game tersebut adalah Bomberman, yang rupanya sedang dihidupkan kembali oleh tim pengembang The Clash Soft lewat game milik mereka sendiri yang berjudul Ninja Boy Adventures.

Seorang Ninja Bersenjata Bom

Seperti pada permainan Bomberman, misi utama pemain disini adalah mencari jalan keluar. Dimulai dari sudut ruangan, pemain harus berusaha keluar dari bangunan labirin yang dipenuhi oleh kotak-kotak penghalang, serta musuh. Alih-alih menggunakan pedang, karakter pemain yang merupakan seorang ninja justru menggunakan bom untuk menghancurkan kotak penghalang tersebut.

Di dalam kotak penghalang, terdapat beberapa efek yang sifatnya acak. Efek ini bisa membuat karakter kalian lebih kuat, seperti contohnya efek ledakan bom, yang membuat ledakan bom menjadi jauh lebih besar. Namun juga terdapat efek yang berbahaya, yang justru akan membuat karakter pemain mati seketika. Jadi berhati-hatilah dalam mengambil efek yang berasal dari kotak penghalang karena salah mengambil akan berakibat cukup fatal. Pemain dapat melihat perbedaan warna untuk membedakan mana efek yang baik dan yang buruk.

Sayangnya, tidak ada tutorial dalam game ini, yang berarti pemain yang sama sekali belom pernah bermain Bomberman mungkin akan sedikit mengalami kesulitan dan menebak-nebak apa sebenarnya tujuan dari permainan ini. Sedangkan kalian yang pernah memainkannya mungkin akan merasakan nostalgia dan pasti langsung tahu apa yang harus kalian lakukan.

Perjalanan misi utama pada Ninja Boy Adventure juga dibuat cukup banyak, sehingga kalian tidak perlu takut kehabisan level untuk bermain dengan cepat. Disini terdapat 30 level yang terbagi di 11 zona dan tiga dunia. Dan tentu saja terdapat level dimana kalian harus berhadapan dengan bos yang lebih kuat dari musuh biasa.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Kelincahan Pemain Dalam Bergerak

Pada Ninja Boy Adventures, kendali adalah hal utama. Disini kelincahan pemain diperlukan untuk mengendalikan sang ninja yang harus bergerak cepat dalam labirin. Sedikit kesalahan saja, maka bom akan meledak lebih dulu sebelum kalian sampai di tempat yang aman. Itu berarti, kalian baru saja menghabiskan satu health dari karakter. Health ini akan habis ketika karakter kalian terkena bom sejumlah tiga kali, yang juga berarti permainan akan usai.

Pada bagian kanan, terdapat kendali virtual yang digunakan untuk mengendalikan arah dari karakter. Kendali ini tempatnya dapat berubah. Pemain dapat secara bebas meletakkan jarinya pada bagian sisi kiri layar untuk menentukan arah. Sedangkan pada bagian kanan layar, pemain dapat menggunakannya untuk meletakkan bom.

Kendali Yang Kurang Presisi

Ninja Boy Adventures lebih mengedepankan kelincahan pemain daripada masalah strategi. Hanya saja disini kendalinya yang tidak presisi seakan menjadi penghalang tersendiri bagi pemain untuk mengendalikan karakternya secara cepat.

Beberapa kali karakter saya berjalan secara diagonal dimana seharusnya hanya ada jalan horisontal dan vertikal. Hal itu mengakibatkan karakter saya mati karena bom yang telah saya pasang sendiri. Dan berarti saya menjadi kehilangan health dari kesalahan game, bukan karena saya sendiri. Ini tentu saja tidak seharusnya terjadi.

Editor : MakeMac

Latest