Follow Us

Final Fantasy IX Resmi Dirilis untuk iPhone dan iPad

Alexius Aditya - Rabu, 10 Februari 2016 | 11:33
Final Fantasy IX Resmi Dirilis untuk iPhone dan iPad

Tampaknya para gamer pecinta game klasik sedang kejatuhan durian runtuh pada tahun 2016 ini. Mereka tidak habis-habisnya mendapatkan berita baik pada tahun ini. Bagaimana tidak? Dimulai dari rilisnya Harvest Moon: Seeds of Memories hingga datangnya Miitomo pada bulan Maret mendatang. Kini, giliran Square Enix yang tidak mau kalah, mereka muncul dengan seri klasiknya yang sangat populer yaitu Final Fantasy.

Semalam, tepat pada saat pergantian hari, Square Enix secara diam-diam merilis Final Fantasy IX di App Store Jepang. Hal ini mengejutkan karena sebelumnya sempat terdengar kabar bahwa Square Enix telah kehilangan kode asli dari game Final Fantasy IX, yang berarti kemungkinan besar game tersebut tidak akan dirilis lagi atau hanya sebagai versi emulasi dari versi PlayStation saja.

Final Fantasy IX

Sudah seperti kalian ketahui sebelumnya bahwa seri Final Fantasy kali ini bukanlah yang pertama kali muncul di iOS. Sebelumnya kita pernah kedatangan Final Fantasy VII juga. Banyak gamer berdebat bahwa game tersebut merupakan seri terbaik dari semua seri Final Fantasy, namun banyak juga yang lebih menyukai seri lainnya. Namun sebelum saya memancing perdebatan diantara kalian dan seri apapun yang kalian sukai, saya berpendapat bahwa semua seri Final Fantasy adalah game yang sangat baik dari segi permainan maupun jalan ceritanya.

Seri Final Fantasy IX ini akan memiliki grafis yang lebih baik, dengan resolusi yang lebih besar, adanya penambahan beberapa achievement baru, save game yang bekerja secara otomatis, mode high speed, dan beberapa fitur game boosting seperti opsi untuk membuat game berjalan dengan lebih cepat, serta mematikan adanya musuh yang datang secara acak pada saat pemain berpetualang.

Sebelumnya, seri Final Fantasy IX sempat dikabarkan hanya akan tersedia untuk region Jepang saja. Nyatanya, game ini juga dirilis untuk region lain, namun dengan kode ID yang berbeda. Pada website Square Enix, tertera penjelasan bahwa Final Fantasy IX akan dapat dimainkan pada iPhone 5s, iPad generasi keempat, iPad mini 2 serta iPod generasi keenam keatas. Mereka, Square Enix, tidak menjamin bahwa game ini akan berjalan dengan baik pada device keluaran lebih lama dari yang telah disebutkan diatas.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.


Baca Juga:

Lain-lain

Untuk kalian yang penasaran bagaimana game ini berjalan di iOS, perlu diketahui bahwa ini bukanlah sebuah remake. Square Enix tidak membuat game ini lagi dari awal, namun masih menggunakan cara yang sama seperti yang telah mereka lakukan pada game sebelumnya, Final Fantasy VII, yakni melakukan porting saja.

Hal inilah yang menjadikan Final Fantasy IX membutuhkan memori yang cukup besar di iPhone kamu. Menurut Dailon80 dari forum TouchArcade, kalian akan mengunduh 3.9GB hanya untuk gamenya sendiri sampai terinstall secara penuh, kemudian masih akan bertambah 300MB lagi setelah gamenya dimainkan.

Editor : MakeMac

Latest