Follow Us

Menjadi Seorang Suami & Ayah Gurita Di Octodad: Dadliest Catch

Alexius Aditya - Jumat, 19 Februari 2016 | 16:57
Menjadi Seorang Suami & Ayah Gurita Di Octodad: Dadliest Catch

Menjadi orang lain memang tidak mudah. Kita harus berpura-pura terus-menerus untuk sebisa mungkin tidak menjadi diri sendiri, dan mengikuti orang yang kita tiru sebaik dan semirip mungkin. Maka biasanya seorang aktor, yang pekerjaannya adalah memerankan orang lain akan selalu belajar terlebih dahulu tentang apa yang biasanya orang tersebut lakukan pada kesehariannya agar mereka bisa mendalami peran orang tersebut.

Dan kondisinya akan lebih sulit lagi ketika kalian adalah spesies lain, yang juga sedang berusaha menjadi seorang manusia. Octodad: Dadliest Catch adalah sebuah game tentang perusakan, penyamaran, dan menjadi seorang ayah dari Young Horses, Inc. yang sepertinya sangat tepat dalam penggambaran situasi ketika kalian menjadi orang lain.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Menjadi Seorang Suami & Ayah Gurita

Pada Octodad: Dadliest Catch, pemain akan bermain sebagai seekor gurita yang menyamar menjadi seorang manusia. Misi yang kendengarannya tidak mungkin tersebut dibuat menjadi lebih tidak mungkin lagi saat kalian tidak hanya akan menjadi seorang manusia yang hidup sendiri saja. Namun kalian juga harus menjadi seorang suami yang baik, serta menjadi seorang ayah dari dua orang anak kecil.

Jadi bisa dibayangkan bahwa petualangan sang ayah gurita pastinya akan menjadi tidak mudah. Banyak kekacauan yang akan terjadi, terutama memang karena kondisi sang ayah gurita sendiri. Bagaimana keadaan menjadi tidak kacau, jika kaki dan tangan kalian tidak bertulang sama sekali? Tentu saja sangat sulit untuk menggerakkannya ke arah yang kita inginkan. Oleh karena itu, disinilah kalian sangat dibutuhkan, yaitu untuk membantu sang ayah gurita agar berperilaku selayaknya manusia sungguhan.

Perjalanan hidup kalian tentu saja diawali ketika kalian bertemu dengan sang calon istri tercinta. Berdua kalian menikah, menjadikan keluarga kecil yang beranggotakan empat orang. Kalian berdua, dan dua anak manusia lainnya. Petualangan hidup tidak berhenti sampai disitu. Kalian harus melakukan rutinitas harian seperti minum kopi, membersihkan halaman rumah, serta belanja kebutuhan keluarga. Hanya saja, disini kalian adalah sebuah gurita, bukan seorang manusia sungguhan.

Mengendalikan Seorang Gurita

Namun justru disitulah letak keunikan dari Octodad: Dadliest Catch. Bagaimana seorang pemain harus mengendalikan sebuah karakter gurita di tempat yang sama sekali kering. Disitulah letak humor slapstick pada game ini, dimana kalian akan secara sengaja atau tidak sengaja, merusak segalanya yang kalian lewati untuk menyelesaikan misi demi misi.

Kendali pada game ini mungkin akan terlihat sebagai masalah utama, namun bagi saya, kendali tersebut lebih tepat disebut sebagai tantangan. Pemain ditantang untuk menggerakkan kaki dan tangan sang ayah gurita untuk mengambil, atau pun bergerak ke arah dimana tempat misi berada. Itu sepertinya tidak terdengar sebagai tantangan yang cukup sulit? Eh, tunggu dulu.

Pemain dapat menggunakan layar sebelah kiri untuk menggerakkan kaki sebelah kanan, sedangkan layar sebelah kanan digunakan untuk menggerakkan kaki sebelah kiri. Tapi untuk pergerakan tangan, kalian akan menggunakan layar sesuai dengan letak tangan. Dua hal tersebut mengakibatkan kalian tidak dapat menggerakkan kedua kaki dan tangan secara bersamaan, kecuali lewat mode multiplayer.

Pada kendali tangan, kalian dapat menahan dua jari dan menggerakkannya untuk menaik dan menurunkan tangan. Hal ini berguna ketika kalian ingin mencapai objek yang letaknya lebih tinggi daripada karakter sang ayah gurita.

Sudut Kamera Terkunci Kepada Karakter

Jika bagian yang tersulit, yaitu kendalinya yang luar biasa susah justru menjadi kelebihan, lalu apa yang kurang dari game ini? Jawabannya tetap sama, yaitu pada kendalinya.

Editor : MakeMac

Latest