Follow Us

Menjadi Penjelajah Luar Angkasa Di Stellar Wanderer

Alexius Aditya - Selasa, 23 Februari 2016 | 15:35
Menjadi Penjelajah Luar Angkasa Di Stellar Wanderer

Terkadang saya memimpikan bahwa suatu saat nanti, atau bahkan mungkin beberapa puluh tahun ke depan, orang-orang akan mulai berkendara di luar angkasa. Mereka mulai berpindah dari satu planet ke planet lain untuk sekadar piknik, menjalankan bisnis, atau kepentingan lainnya. Paling tidak, itulah yang ada di benak saya mengenai topik tentang luar angkasa.

Nampaknya, apa yang ada di pikiran saya tadi, kurang lebih sama dengan apa yang saya temukan pada Stellar Wanderer, sebuah game buatan tim pengembang Crescent Moon Games dan Dreambuilder. Pada Stellar Wanderer, kalian akan diajak menjadi penjelajah angkasa. Dan sebagai penjelajah angkasa, tentunya pemain akan mengalami banyak petualangan, baik berupa petualangan yang menyenangkan, atau petualangan yang berbahaya.

Seorang Penjelajah Angkasa

Pada awal permainan, sebuah film pendek akan muncul sebagai pengantar cerita yang akan membawa pemain kepada apa yang akan pemain alami di sepanjang permainan. Dan tidak lupa, sebagai penjelajah angkasa, tentunya pemain akan dibekali dengan sebuah pesawat luar angkasa milik pemain sendiri. Pesawat inilah yang akan menjadi alat serang, rumah, sekaligus pelindung bagi pilot, yaitu pemain sendiri.

Jalan cerita pada Stellar Wanderer cukup klise, dimana seorang misterius yang kaya menyewa jasa pemain untuk melakukan beberapa pekerjaan serius, seperti menembak pesawat musuh, menambang apapun yang sang karakter misterius minta, dan umumnya, pemain lah yang akan melakukan semua pekerjaan yang diminta oleh sang karakter misterius tersebut, tentunya dengan bayaran yang sesuai.

Semakin banyak tugas yang berhasil pemain selesaikan, maka semakin banyak pula uang yang akan pemain dapatkan. Pemain kemudian dapat menghabiskan uang ini untuk membeli peralatan yang diperlukan untuk memperbagus kapal luar angkasa pemain sendiri, seperti senjata, perlengkapan untuk para awak kapal, sumber tenaga, serta kargo. Untuk memodifikasi kapal luar angkasa milik pemain, maka pemain harus kembali ke hangar, yang berada di kapal luar angkasa utama. Disini pula, pemain dapat membeli pesawat luar angkasa yang baru yang lebih baik dan lebih kuat dari sebelumnya.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Hal unik lainnya lagi, pada Stellar Wanderer, pemain mempunyai kesempatan untuk memilih kelas dari karakter utama yang akan pemain mainkan, sesuai dengan cara bermain pemain sendiri. Kelas ini terbagi menjadi empat: Fighter, Trader, Tank, dan Engineer. Fighter akan membuat pemain mempunyai kemampuan menyerang yang lebih kuat dibanding kelas lainnya. Trader akan membuat pemain mempunyai kemampuan negosiasi yang lebih baik daripada kemampuan bertempurnya. Tank berarti memperkuat pertahanan pemain, yang juga berarti pemain dapat menerima serangan jauh lebih besar. Dan yang terakhir, Engineer berguna untuk membuat berbagai objek, yang kemudian dapat digunakan untuk menghabisi para musuh atau untuk keuntungan pemain sendiri.

Butuh Penyesuaian Untuk Mengendalikan Pesawat Luar Angkasa

Salah satu misi penting yang diminta oleh sang karakter misterius ini adalah berperang, maka pengendalian kapal luar angkasa adalah hal yang sangat penting untuk dipelajari. Untungnya bagi pemain, pengendalian kapal luar angkasa tidak serumit yang kalian bayangkan, dan justru dibuat dengan sangat sederhana.

Pemain dapat menggerakkan kapal luar angkasa dengan menggunakan sensor akselerator, atau dengan kata lain kalian dapat menggerakkan iPad ke kanan dan kiri, atau atas dan bawah sesuai dengan ke arah mana kapal luar angkasa ingin kalian arahkan. Cukup sulit memang jika pemain tidak terbiasa dengan kendali yang satu ini, namun saya rasa setelah beberapa saat, maka pemain akan mulai cukup familiar dengan kendalinya sendiri.

Ada beberapa opsi kendali yang dapat diubah pada Stellar Wanderer, seperti kalibrasi dan perubahan sumbu X dan Y. Pada bagian kiri layar, akan terdapat dua tombol virtual utama, sebagai tombol untuk akses akselerasi dan rem. Sedangkan pada bagian kanan layar akan terdapat tombol virtual lain yang berfungsi untuk menembak, melakukan warp time atau lompatan waktu. Tombol virtual terakhir ini juga dapat digunakan untuk mendaratkan kapal ke hangar pada kapal luar angkasa utama saat tidak terjadi kombat.

Titik Aim Yang Terlalu Kecil

Grafis pada game ini bisa dibilang cukup baik. Saya tidak bisa mengatakan bahwa grafisnya sekelas dengan game pada konsol, tidak, game ini sepertinya belum sampai kesana. Namun saya cukup terhibur dengan detail berbagai objek yang ditampilkan pada layar iPad saya. Beberapa objek terlihat cukup baik teksturnya dan animasi dari beberapa objek tersebut tertampil tanpa adanya lag. Gambar latar belakangnya juga terlihat cukup jelas walaupun tidak terlihat bergerak.

Editor : Alexius Aditya

Latest