Follow Us

Cute Munchies: Berburu Wortel Bersama Kelinci Lucu

Alexius Aditya - Senin, 21 Maret 2016 | 11:39
Cute Munchies: Berburu Wortel Bersama Kelinci Lucu

Ketika berbicara masalah game, saya biasanya menggunakan iPad untuk bermain semua game yang membutuhkan banyak membaca atau aksi. Sedangkan untuk iPhone biasanya saya gunakan pada saat bermain game yang lebih sederhana dan tidak membutuhkan waktu yang lama, seperti game puzzle. Dan karena saya adalah seorang yang menyukai game puzzle, tidak mengherankan jika pada iPhone saya, terdapat folder tersendiri yang saya gunakan untuk mengumpulkan semua game puzzle yang saya mainkan.

Dari sekian banyak game puzzle tadi, salah satunya adalah milik tim pengembang Indonesia, Niji Games yang bernama Cute Munchies. Jika kalian merasa bahwa kalian tidak pernah mendengar nama game tersebut sebelumnya, maka tidak perlu panik terlebih dahulu karena memang tim pengembang yang satu ini, baru saja merilis game tersebut di App Store. Cute Munchies merupakan sebuah game puzzle sederhana, dengan grafis 2D yang lucu dan penuh warna.

Bantu Sang Kelinci Mengumpulkan Semua Wortel

Pada Cute Munchies, pemain akan berhadapan dengan papan permainan yang terdiri dari sejumlah kotak besarnya berbeda pada setiap levelnya. Di dalam papan permainan tadi, akan terdapat sang karakter utama yang berbentuk kelinci, dengan sejumlah wortel yang letaknya tersebar di berbagai tempat di papan permainan. Tugas pemain adalah membantu sang kelinci untuk mengumpulkan semua wortel yang ada tanpa terkecuali, dengan berjalan ke arah wortel tersebut.

Terdengar sangat sederhana dan mudah bukan? Tentu saja, sampai kalian tahu halangan apa yang akan menanti. Apakah ada musuh yang akan menyerang sang kelinci? Atau justru sang kelinci hanya dapat bergerak secara terbatas? Tunggu dulu, semua itu tidak akan kalian temui disini. Pada Cute Munchies, tidak akan ada musuh yang datang menghadang dan sang kelinci pun boleh bergerak bebas tanpa batasan kotak atau waktu. Halangan utama yang akan pemain temukan justru lebih sederhana dari itu semua, yaitu berupa kotak pada permainan yang akan menghilang setelah satu kali terinjak oleh sang kelinci.

Lalu, jika kotak yang sudah diinjak oleh sang kelinci tadi akan menghilang, bagaimana pemain harus bergerak? Itu dia tantangan utama yang ada pada Cute Munchies. Pemain harus memikirkan strategi, berusaha menemukan jalan yang sebenarnya untuk membantu sang kelinci berjalan ke arah setiap wortel, tanpa menyisakan satu wortel pun di dalam papan permainan dengan menggunakan kotak dan halangan yang tersedia.

Bosan dengan Kelinci, Gunakan Karakter Lainnya!

Mungkin kalian lebih menyukai binatang yang lebih kuat, singa misalnya? Atau mungkin, kalian lebih menginginkan karakter yang terlihat lebih menakutkan, seperti hantu, apakah semua itu bisa dilakukan? Tim pengembang sepertinya telah membaca pikiran kalian karena pada game ini, sang kelinci bukanlah satu-satunya karakter yang tersedia. Ada lebih dari 20 karakter yang saat ini tersedia untuk dimainkan, jadi mainkan karakter manapun yang kalian suka.

Tetapi untuk mendapatkannya, pemain harus menggunakan koin yang kalian dapatkan setelah berhasil menyelesaikan satu level puzzle. Setiap karakternya mempunyai harga yang berbeda, dan harga tersebut tidaklah murah, jadi pilih yang paling kalian suka. Tapi jika pilihan karakter tadi tidak masalah buat kalian, maka kalian bisa saja menggunakan koin untuk membeli telur yang harganya lebih murah dan jika dibuka akan melahirkan sebuah karakter yang acak.

Ketika karakter lain dipilih maka secara otomatis papan permainan akan berubah, menyesuaikan dengan karakter apa yang telah pemain pilih. Lebih dari itu, pemain bahkan bisa merubah suasana papan permainan dari siang menjadi malam. Fitur ini memang hanya kosmetik saja, tetapi rasanya menyenangkan untuk sesekali bisa berganti suasana permainan secara menyeluruh disaat permainan terasa semakin sulit.

Setiap Level Memiliki Kemungkinan Solusi yang Berbeda

Cute Munchies mungkin terdengar sebagai game yang lucu, dan jika dilihat dari sisi grafisnya, memang itulah faktanya. Namun jangan tertipu dengan penampilannya tadi karena game ini bisa menjadi sulit, terutama ketika pemain telah mencapai chapter atau level yang lebih tinggi.

Setiap chapter memiliki jumlah level yang berbeda. Pada dua chapter pertama, pemain akan berhadapan dengan sebelas level berbeda, sedangkan pada chapter ketiga pemain akan mendapatkan dua-belas level tambahan. Setiap satu chapter terselesaikan, papan permainan akan secara otomatis menambahkan satu halangan tambahan yang akan membuat pemain semakin kesulitan untuk menyelesaikan misi puzzle.

Setiap level juga memiliki kemungkinan jalan keluar yang berbeda, sehingga pemain dapat mencoba untuk menemukan dua jalan tadi untuk dapat menyelesaikan satu level yang sama. Sayangnya, tidak ada tombol mundur pada game ini sehingga jika pemain melakukan satu kesalahan saja, maka pemain harus mengulangi setiap langkahnya dari awal.


Baca Juga:

Editor : MakeMac

Latest