Tepat pada tanggal 2 Maret 2016 lalu, tim Supercell telah merilis Clash Royale secara serentak di seluruh dunia. Pada saat yang sama, para pemain dari berbagai negara di seluruh dunia juga mulai mengunduh game strategi unik yang satu ini. Mereka tidak ingin kalah cepat untuk saling berlomba, satu dengan yang lainnya, berusaha untuk menjadi pemain yang paling kuat dan terbaik di dunia.
Ketika kalian bermain, tim Supercell juga tidak mau kalah, mereka juga tetap memainkan Clash Royale namun dengan tujuan yang berbeda. Jika kalian bermain untuk menjadi yang terbaik, maka mereka bermain untuk menguji dan memantau untuk mendapatkan statistik dari para pemain. Statistik ini menerangkan mengenai kartu apa yang paling banyak digunakan oleh para pemain, serta tingkat kemenangan dari berbagai tingkat level permainan. Menggunakan data tersebut, tim Supercell akhirnya dapat membuat penyeimbangan pada Clash Royale, untuk menjadikan game ini tetap menyenangkan dan adil untuk dimainkan.
Menyerang Dibanding Bertahan
Kalimat singkat ‘menyerang dibanding bertahan’ adalah salah satu dari prinsip dasar permainan Clash Royale. Dan dari data yang telah Supercell peroleh sebelumnya, maka muncul hasil dari data yang ada di lapangan, yaitu adanya kartu yang sangat jarang sekali digunakan karena dianggap terlalu lemah, serta adanya beberapa kombinasi kartu untuk bertahan yang terlalu kuat.Jika kalian cukup cermat dalam bermain, mungkin kalian sudah bisa menebak kartu apa yang dimaksud. Apalagi kalau bukan kartu X-Bow dan kartu Tesla. Dua kartu bertahan ini begitu kuat sehingga kemunculannya di pertandingan menjadi masalah tersendiri. Pemain yang mengetahui kekuatan sebenarnya dari kartu ini menggunakannya bukan saja sebagai kartu untuk bertahan, tetapi juga sebagai kartu untuk menyerang. Tentu saja, hal tersebut menjadikan permainan kurang seimbang.
Lalu apa solusinya? Tim Supercell akhirnya memutuskan untuk menurunkan daya serang dari dua kartu pertahanan ini, membuatnya lebih mudah untuk dihindari dan untuk dibalas. Tentunya, perubahan bukan saja terjadi untuk dua kartu tersebut. Masih ada beberapa kartu lain yang ikut terkena dampaknya, sebagai solusi atas penyeimbangan Clash Royale. Berikut daftar lengkap dari kartu apa saja yang telah mengalami perubahan beserta penjelasan singkat mengapa perubahan tersebut terjadi.
- X-Bow: Jarak serang X-Bow diturunkan menjadi 12, dari sebelumnya 13
- Tesla: Kecepatan serang Tesla diturunkan menjadi 0.8 detik, dari yang semula 0.7 detik. Waktu aktif kartu ini juga turun menjadi 40 detik saja, tidak lagi 60 detik atau satu menit.
- Cannon: Durasi aktif diturunkan menjadi 30 detik, dari sebelumnya 40 detik
- Princess: Health dari Princess dikurangi sebanyak 10%
- Ice Wizard: Serangan dinaikan sebanyak 5%
- Prince: Kecepatan serang diturunkan sebanyak 13%
- Dark Prince: Kecepatan serang diturunkan sebanyak 13%