Follow Us

Update Clash Royale Membuat Tantangan Lebih Berimbang

Alexius Aditya - Kamis, 24 Maret 2016 | 08:05
Update Clash Royale Membuat Tantangan Lebih Berimbang

Tepat pada tanggal 2 Maret 2016 lalu, tim Supercell telah merilis Clash Royale secara serentak di seluruh dunia. Pada saat yang sama, para pemain dari berbagai negara di seluruh dunia juga mulai mengunduh game strategi unik yang satu ini. Mereka tidak ingin kalah cepat untuk saling berlomba, satu dengan yang lainnya, berusaha untuk menjadi pemain yang paling kuat dan terbaik di dunia.

Ketika kalian bermain, tim Supercell juga tidak mau kalah, mereka juga tetap memainkan Clash Royale namun dengan tujuan yang berbeda. Jika kalian bermain untuk menjadi yang terbaik, maka mereka bermain untuk menguji dan memantau untuk mendapatkan statistik dari para pemain. Statistik ini menerangkan mengenai kartu apa yang paling banyak digunakan oleh para pemain, serta tingkat kemenangan dari berbagai tingkat level permainan. Menggunakan data tersebut, tim Supercell akhirnya dapat membuat penyeimbangan pada Clash Royale, untuk menjadikan game ini tetap menyenangkan dan adil untuk dimainkan.

Menyerang Dibanding Bertahan

Kalimat singkat ‘menyerang dibanding bertahan’ adalah salah satu dari prinsip dasar permainan Clash Royale. Dan dari data yang telah Supercell peroleh sebelumnya, maka muncul hasil dari data yang ada di lapangan, yaitu adanya kartu yang sangat jarang sekali digunakan karena dianggap terlalu lemah, serta adanya beberapa kombinasi kartu untuk bertahan yang terlalu kuat.

Jika kalian cukup cermat dalam bermain, mungkin kalian sudah bisa menebak kartu apa yang dimaksud. Apalagi kalau bukan kartu X-Bow dan kartu Tesla. Dua kartu bertahan ini begitu kuat sehingga kemunculannya di pertandingan menjadi masalah tersendiri. Pemain yang mengetahui kekuatan sebenarnya dari kartu ini menggunakannya bukan saja sebagai kartu untuk bertahan, tetapi juga sebagai kartu untuk menyerang. Tentu saja, hal tersebut menjadikan permainan kurang seimbang.

Lalu apa solusinya? Tim Supercell akhirnya memutuskan untuk menurunkan daya serang dari dua kartu pertahanan ini, membuatnya lebih mudah untuk dihindari dan untuk dibalas. Tentunya, perubahan bukan saja terjadi untuk dua kartu tersebut. Masih ada beberapa kartu lain yang ikut terkena dampaknya, sebagai solusi atas penyeimbangan Clash Royale. Berikut daftar lengkap dari kartu apa saja yang telah mengalami perubahan beserta penjelasan singkat mengapa perubahan tersebut terjadi.

  • X-Bow: Jarak serang X-Bow diturunkan menjadi 12, dari sebelumnya 13
Seperti yang telah saya jelaskan secara singkat diatas, bahwa data statistik menunjukkan bahwa pemain seringkali menggunakan kartu bertahan X-Bow bukan saja sebagai alat bertahan, melainkan juga untuk menyerang. Hal ini berlawanan dengan tujuan utama kartu tersebut, sehingga perubahan pun perlu dilakukan. Tim Supercell memutuskan untuk menjadikan kartu X-Bow tidak lagi bisa diletakkan di belakang Tesla, ataupun berada di seberang sungai, menjadikan kartu ini menjadi tidak lagi dapat menyerang menara utama musuh secara bebas.

  • Tesla: Kecepatan serang Tesla diturunkan menjadi 0.8 detik, dari yang semula 0.7 detik. Waktu aktif kartu ini juga turun menjadi 40 detik saja, tidak lagi 60 detik atau satu menit.
Perubahan ini sedikit berbeda dari kartu lainnya. Sedikit penjelasan lagi mengenai aturan utama dalam permainan bahwa semua kartu harus mempunyai kelemahan atau musuh yang setara, dimana untuk kartu Tesla sendiri dinilai sebagai kartu yang terlalu kuat, menjadikan kartu Tesla tidak mempunyai lawan yang setara. Oleh sebab itu, tim Supercell mengurangi kecepatan serang dari kartu ini, yang secara otomatis memberikan kesempatan bagi target yang lebih besar daya serangnya untuk dapat menyerang balik. Efek lainnya adalah, kini kartu Tesla menjadi sedikit rapuh saat diserang oleh sekumpulan target yang lebih kecil.

  • Cannon: Durasi aktif diturunkan menjadi 30 detik, dari sebelumnya 40 detik
Kartu Cannon mempunyai pertahanan yang lebih besar dibandingkan dengan harganya yang hanya 3 elixir saja. Menurunkan durasi aktif dari kartu ini membuatnya lebih sebanding dengan harganya.

  • Princess: Health dari Princess dikurangi sebanyak 10%
Ide dasar dari pengurangan health dari kartu Princess adalah dua menara utama harus dapat membunuh Princess, menjadikannya lawan yang seimbang. Hal ini juga disebabkan karena penggunaan kartu Princess yang sangat tinggi, dan tentunya dengan begitu, kartu ini harus dibuat sedikit lebih lemah.

  • Ice Wizard: Serangan dinaikan sebanyak 5%
Kekuatan utama dari kartu Ice Wizard adalah kendalinya, tetapi dengan dinaikkan kekuatan serangannya, maka nilai kartu ini akan sedikit bertambah dan menjadi Ice Wizard sebuah kartu yang lebih mematikan dibandingkan sebelumnya.

  • Prince: Kecepatan serang diturunkan sebanyak 13%
Prince adalah kartu yang paling banyak digunakan, walaupun demikian, kartu ini tidaklah terlalu hebat jika dilihat dari tingkat kemenangannya. Namun, kemampuannya untuk menghancurkan menara utama cukup mengkhawatirkan. Menurunkan kecepatan menyerangnya adalah keputusan yang baik, memberikan lawan kesempatan untuk meluncurkan serangan balik.

  • Dark Prince: Kecepatan serang diturunkan sebanyak 13%
Jika dilihat dengan seksama, kedua karakter dari kartu Prince menaiki kuda dengan jenis yang sama, maka sangat masuk akal apabila kedua kuda yang mereka tunggangi juga memiliki kecepatan yang sama.

Editor : MakeMac

Latest