Follow Us

Panduan Lengkap Membuat Akun dan Berlangganan Spotify

Bagus Hernawan - Rabu, 30 Maret 2016 | 14:27
Panduan Lengkap Membuat Akun dan Berlangganan Spotify

Tanggal 30 Maret 2016, Spotify resmi merilis layanan streaming musik di negara Indonesia. Sambutan Sahabat MakeMac mengenai layanan ini sangat besar dan banyak yang langsung memutuskan untuk mencoba – baik secara gratis atau langsung mendaftarkan pembayaran untuk Spotify Premium.

Nah kali ini tim MakeMac akan membahas segala hal yang perlu kamu tahu tentang Spotify. Mulai dari cara awal membuat akun, mengenal perbedaan Spotify dan Spotify Premium serta review aplikasinya di perangkat iOS dan OS X. Luangkan waktu kamu sebetar untuk membaca ulasan saya ya! Mari kita bahas langsung:

Apa Itu Spotify?

Di era digital ini konsep mendengarkan musik terbagi 2 jenis. Membeli secara putus alias beli lagu atau album – di iTunes Store misal. Atau membeli dengan cara menyewa – Apple Music, Deezer, JOOX atau yang pastinya sedang kita bahas saat ini yaitu Spotify.

Nah untuk menyewa sendiri, fitur utamanya ya streaming music, karena kebanyakan cara penggunaan adalah mendengarkan langsung tanpa perlu mengunduh lagu. Ingat, konsep menyewa yang diberikan adalah berupa sebuah akun, bukan sewa sebuah lagu atau album ya. Jadi kamu bisa membuat akun di layanan Spotify lalu dengarkan lagu secara streaming serta diunduh untuk didengarkan pada saat offline.

Tentunya lagu yang kamu unduh dan didengarkan secara offline ini tidak bisa dikelurkan dari library Spotify ya. Teknik enkripsi diberikan untuk mencegah file tersebut keluar dari aplikasinya dan digunakan tanpa akun. Hal ini yang membuat Spotify atau layanan sejenisnya tidak ramah kepada perangkat MP3 Player seperti iPod Nano atau iPod Classic tentunya.

Membuat Akun

Kamu dapat menggunakan Spotify dengan 3 syarat saja. Mempunyai akun, koneksi internet (untuk streaming music) dan berada di negara yang mendukung. Nah bagaimana cara membuat akun untuk mendengarkan Spotify? Mudah saja, ada beberapa cara sebetulnya.

Cara paling mudah adalah membuka laman Spotify.com lalu pilih Daftar. Cara kedua adalah lewat aplikasi Spotify di komputer Mac atau di perangkat iOS. Tautan untuk mengunduh aplikasi tersebut dapat kamu cek langsung di bagian bawah artikel ini.

Masuk ke bagian membuat akun, ada 2 cara yang dapat kamu tempuh. Menghubungkan akun Facebook ke akun Spotify yang akan kamu miliki atau buat dari email kamu.

Loh, Error?

Beberapa sahabat MakeMac mengalami kendala seperti gambar di atas untuk masuk ke Spotify lewat akun Facebook di perangkat iOS. Hal ini terjadi jika kamu pernah menggunakan Spotify dengan cara mengganti VPN, ketika layanan ini belum masuk di Indonesia.

Lantas bagaimana solusinya? Mudah saja, buka laman Spotify.com di komputer, login dengan akun Facebook kamu. Masuk ke bagian Spotify Account dan piluh Edit Profile. Ganti bagian negara menjadi Indonesia lalu simpan. Setelah itu silahkan coba buka Spotify lagi di perangkat iOS kamu ya!

Mengenal Cara Berlangganan dan Pembayaran

Seperti penjelasan saya di awal, akun di Spotify terbagi menjadi 2. Gratis dan berbayar alias Spotify Premium. Untuk layanan Premium tentunya memiliki beberapa kelebihan. Mulai dari bebas iklan, mode mengganti lagu secara mudah dan tak terbatas, simpan lagu untuk didengarkan secara offline dan tentunya kualitas audio yang lebih baik.

Gratis atau Bayar?

Pertanyaan ini selalu muncul setelah bahasan cara membuat akun. Kamu dapat mencoba Spotify Premium secara gratis kok selama 30 hari. Namun syaratnya kamu harus input data kartu kredit – sebagai jaminan untuk pembayaran bulan kedua nanti.

Editor : Bagus Hernawan

Latest