Follow Us

Flexihub, Akses Perangkat USB di Komputer Lain Kapan Saja

Bagus Hernawan - Kamis, 31 Maret 2016 | 12:32
Flexihub, Akses Perangkat USB di Komputer Lain Kapan Saja

Apakah kamu sering bepergian dan lupa bahwa perangkat USB kamu tertinggal di rumah, masih terhubung di komputer? Kembali ke rumah untuk mengambil sebuah data rasanya sangat merugikan waktu. Meminta orang rumah untuk unggah lewat email atau lainnya kadang bukan solusi yang cepat.

Jika kamu sering mengalami hal ini, coba gunakan Flexihub! Aplikasi baru dari Eltima Software ini memberikan kemudahan akses USB secara cepat, aman dan tentunya mudah. Tim MakeMac sudah mencobanya dan ingin berbagi review pada kamu pembaca setia. Namun sebelum itu mari kita simak videonya ya:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Mengenal Flexihub

Flexihub adalah aplikasi yang membantu pengguna untuk mengakses port USB dari komputer lain yang terhubung dalam satu akun. Tidak terbatas dalam jaringan lokal via LAN atau WiFi, Flexihub dapat membantu kamu untuk mendapatkan akses di komputer yang ada di rumah atau kantor. Tentunya dengan batasan node dan jaringan internet yang mendukung – memiliki Public IP serta Port TCP yang dibutuhkan.

Agar tidak membuat kamu bingung, Flexihub juga bisa mendeteksi nama perangkat yang akan diakses secara remote. Mulai nama Flash Disk kamu, kamera yang dihubungkan ke MacBook atau beragam hal lainnya.

Tunggu, apakah aman? Tentu saja. Eltima Software menggunakan teknik 256-bit SSL encryption untuk menjamin data yang kamu akses ini aman. Baik di jaringan lokal ataupun via internet dari rumah ke kantor atau kondisi lainnya.

Pengaturan Mudah, Akses Cepat

Kamu tinggal unduh Flexihub di laman resminya kemudian instal. Nah karena versi free trial ini hanya mendukung 2 nodes alias 2 komputer dalam jaringan berbeda, silahkan sesuaikan ya. Buka aplikasi Flexihub di kedua komputer tadi, lalu login dengan akun kamu. Jika keduanya sudah online, tampilannya akan seperti gambar di bawah.

Tampilan Flexihub berbentuk kotak memanjang dengan list port USB yang dapat kamu akses. Ada sebuah tombol di sebelah kanan untuk Lock atau Unlock. Tombol ini tampil untuk port yang ada di komputer kamu, untuk mencegah komputer lain yang sudah kamu daftarkan dapat mengaksesnya. Misalkan menutup akses untuk keyboard yang kamu gunakan.

Sedangkan untuk list port USB di komputer lain menggunakan label Connect dan Disconnect. Kamu tinggal tekan tombol Connect untuk membangun koneksi dan mendapatkan akses dari perangkat tersebut – menyalin data dari USB misal.

Setelah berhasil membuat koneksi, kamu bisa membuka Finder dan melihat media USB tersebut seolah-olah terhubung ke komputer kamu. Aksesnya juga biasa saja, bisa ambil data atau salin ke bagian tersebut.


Baca Juga:

Editor : MakeMac

Latest