Follow Us

Review Good Knight Story, Sebuah Game Puzzle Kombinasi RPG

Alexius Aditya - Jumat, 15 April 2016 | 18:14
Review Good Knight Story, Sebuah Game Puzzle Kombinasi RPG

Walaupun secara umum istilah gamer berarti orang yang bermain game, tetapi biasanya, kebanyakan orang seringkali mengelompokkan gamer ke dalam beberapa tipe berdasarkan dedikasinya atau waktu yang mereka habiskan untuk bermain game. Secara umum saja, gamer terbagi menjadi empat, yaitu newbie, casual gamer, core gamer, dan hardcore gamer. Gamer kasual pada khususnya, adalah kelompok yang paling banyak jumlahnya dan biasanya kelompok ini terdiri dari para orang-tua dan perempuan.

Sementara jika dilihat dari game yang dimainkan, para gamer kasual cenderung lebih menyukai game yang sederhana, tidak membutuhkan banyak strategi atau waktu, namun tetap menyenangkan untuk dimainkan. Ciri-ciri game tersebut semua ada pada Good Knight Story, yang merupakan sebuah game match-three yang dibuat oleh tim pengembang Turbo Chilli Pty Ltd.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Sebuah Game Match-Three Dengan Elemen RPG

Seperti sering ditemukan pada hampir semua game match-three lainnya, pemain akan diberikan sebuah peta permainan utama yang berisi keseluruhan level dari Good Knight Story, yang nantinya harus pemain selesaikan satu-persatu. Namun berbeda dengan kebanyakan game sejenis, Good Knight Story mempunyai sebuah jalan cerita yang dapat pemain ikuti pada setiap level yang pemain mainkan nantinya.

Pada game ini, pemain akan bertemu dengan dua tipe misi yang berbeda. Tipe pertama adalah misi untuk mengalahkan musuh, sedangkan tipe kedua adalah misi untuk mengumpulkan barang tertentu dari papan permainan. Jenis misi ini bisa diketahui lewat informasi misi yang ada pada setiap levelnya. Informasi ini cukup lengkap, termasuk berapa jumlah musuh yang harus pemain lawan, apa elemen musuh tersebut, atau jika pada misi kedua, pemain akan mendapatkan informasi tentang berapa jumlah barang yang harus dikumpulkan. Misi mengumpulkan barang memiliki musuh yang tidak bisa dikalahkan, sehingga penting bagi pemain untuk dapat mengumpulkan barang tersebut secepat mungkin, sebelum nyawa karakter dari pemain habis.

Semakin cepat pemain dapat mengalahkan lawan ataupun mengumpulkan barang, maka semakin banyak skor yang didapatkan. Semakin banyak skor maka semakin banyak pula koin yang akan pemain dapatkan. Karakter pemain juga akan menerima sejumlah experience points yang berguna untuk menaikkan level dari karakter itu sendiri. Disinilah letak keunikan lain dari Good Knight Story, yaitu adanya elemen RPG. Setiap karakter tersebut naik level, maka pemain akan mendapatkan pilihan untuk menaikkan status dari karakter, seperti health, attack, ataupun defend.

Sesuaikan Elemen Gems Untuk Menyerang Dengan Elemen Musuh

Aturan permainannya mudah saja, pemain diharuskan untuk menghubungkan gems yang mempunyai elemen yang sama sebanyak yang pemain inginkan, paling sedikit tiga gems secara berurutan. Disini, Good Knight Story juga memberikan kebebasan pemain untuk menghubungkan elemen gems pada kotak permainan. Artinya, pemain dapat menghubungkan gems tersebut secara horisontal, vertikal, maupun diagonal, semuanya boleh dilakukan. Semakin banyak gems yang terhubung, maka semakin besar daya serang ataupun daya bertahan yang akan diberikan kepada musuh.

Dan seperti penjelasan saya sebelumnya, musuh pada Good Knight Story juga memiliki elemen yang berbeda. Total, ada empat macam elemen musuh yang harus dilawan, yaitu elemen api, es, petir, dan racun. Sedangkan pada kotak permainannya sendiri, pemain akan bertemu dengan dua elemen gems tambahan, yaitu gems hati dan gems perisai. Gems dengan elemen hati berfungsi untuk menyembuhkan status health dari karakter, dan gems perisai berfungsi untuk menangkis serangan musuh.

Uniknya, gems perisai tidak menangkis serangan musuh secara keseluruhan. Tergantung dari berapa gems yang pemain dapat hubungkan satu sama lainnya, sejumlah itulah nantinya gems perisai ini akan bekerja. Maka, jika serangan musuh lebih besar maka karakter akan tetap menerima efek serangan musuh. Ingat bahwa setiap musuh juga memiliki elemen yang berbeda sehingga pemain harus mengetahui elemen apa yang paling efektif untuk menghadapi setiap musuh tersebut. Selain itu, musuh pada game ini akan memiliki penunjuk angka pada dirinya, dan pemain bisa menggunakan patokan angka ini sebagai strategi kapan dan elemen gems apa yang harus pemain hubungkan terlebih dahulu pada saat menyerang. Ketika angka ini menyentuh angka 0, maka musuh akan menyerang, sehingga pastikan pemain mempunyai gems perisai saat angka petunjuk pada musuh menunjukkan angka 0.

IAP, Iklan, dan Sistem Energi

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa hampir semua game gratis selalu dipenuhi dengan banyak tawaran IAP dan iklan, yang biasanya akan menyudutkan pemain untuk membeli. Good Knight Story rupanya memiliki pendekatan yang berbeda dengan game gratis sejenis. Pada game ini, semua IAP dan iklan justru hampir dihilangkan sama sekali. Sedangkan sistem energi benar-benar dihapuskan dari game ini, sehingga pemain dapat bermain Good Knight Story terus menerus.

Game ini tidak menawarkan IAP sama sekali. Jangan salah, IAP ini tetap ada di dalam game, namun selama dua hari saya bermain Good Knight Story, saya bahkan tidak menyadari adanya IAP karena game ini tidak menawarkan IAP tersebut secara terang-terangan. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan pemain, karena dengan begitu, pemain dapat menikmati Good Knight Story tanpa adanya gangguan.

Editor : MakeMac

Latest