Follow Us

5 Alasan untuk Berhenti Instal Aplikasi Bajakan di iPhone, iPad dan iPod Touch

Bagus Hernawan - Rabu, 13 April 2016 | 17:42
5 Alasan untuk Berhenti Instal Aplikasi Bajakan di iPhone, iPad dan iPod Touch

Admin MakeMac, gimana sih cara instal aplikasi ini dan itu, tapi gak beli ya..

Pertanyaan ini beberapa kali tim MakeMac dapatkan di akun Twitter MakeMac dari para pembaca. Nah supaya tidak perlu menjawab berulang-ulang akhirnya saya putuskan untuk menulis rangkumannya dalam sebuah artikel. Menurut kami di MakeMac, ada 5 alasan yang harus kamu tahu agar berhenti sekarang juga untuk menginstal aplikasi bajakan di perangkat iOS.

Intro, Asal Aplikasi Bajakan di Perangkat iOS

Jika di komputer Mac atau PC pasti kamu cukup paham mengenai darimana aplikasi bajakan berasal. Ini karena ada sistem serial number dan blokir aktivasi atau semacamnya. Lantas bagaimana dengan yang ada di perangkat iOS?

Dari hasil penelusuran MakeMac, aplikasi bajakan di perangkat iOS dapat didapatkan dengan cara membuka otentifikasi yang harusnya berdasarkan Apple ID. Ada juga yang menggunakan sistem carding atau pembajakan kartu kredit kemudian menghilangkan otentifikasi tadi untuk menyebarkan aplikasi. Banyak cara intinya dan kami tidak dapat membahasnya lebih lanjut.

Alasan untuk Berhenti Instal Aplikasi Bajakan

1. Keamanan yang Paling Utama, Jangan Bikin Perkara

Kembali ke bagian Intro tadi, jika benar aplikasi bajakan yang kamu peroleh menggunakan sistem penghapusan otentifikasi Apple ID, maka peretas tadi juga bisa memasukkan barisan kode atau hal berbahaya lainnya di perangkat iOS kamu. Tentunya hal ini bisa menjadi sesuatu yang sangat berbahaya – terutama bicara masalah privasi data penting kamu seperti Apple ID atau lainnya.

Masih ingat kasus Malware XCodeGhost? Kasus ini hanya sebuah catatan saja dari masalah mengunduh aplikasi diluar server Apple. Tentunya kamu tidak ingin menjadi contoh kasus berikutnya bukan?

2. Harga Aplikasi Murah, Tiga Ribu Rupiah Juga Ada

Belum pernah membeli aplikasi di App Store? Jangan takut kehabisan uang saku atau jatah berlanja, harga aplikasi di App Store itu sangat murah! Kini Apple punya daftar harga khusus untuk negara berkembang seperti Indonesia. Yaitu pecahan spesial 3 ribu Rupiah dan 5 ribu Rupiah. Setelah itu harga normal dengan 15 ribu Rupiah ($0.99), 29 ribu Rupiah ($1.99) dan seterusnya.

Memang sih tidak kalah banyak aplikasi yang gratis dan menarik. Tapi ada juga beberapa aplikasi berbayar yang premium alias sekali bayar saja dan kamu bisa menggunakan atau bermain dengan leluasa – tanpa in-app purchase atau ganti versi yang harus bayar lagi.

3. Tidak Punya Kartu Kredit Bukan Alasan Lagi untuk Cari Gratisan, Gunakan iTunes Gift Card!

Untuk kamu yang baru membuat Apple ID atau baru memilii perangkat iOS, tidak usang bingung jika tidak punya kartu kredit sebagai opsi pembayaran. Kamu bisa menggunakan iTunes Gift Card yaitu voucher belanja yang berupa redeem code dengan nominal tertentu.

Jika kamu tinggal di negara yang terdapat Apple Store, iTunes Gift Card (IGC) ini dijual di setiap toko resmi Apple dalam wujud kartu degan nomer seri di bagian belakang. Namun jika tidak – seperti Indonesia – bisa meminta teman kamu yang memiliki kartu kredit atau menggunakan jasa beli IGC yang banyak di toko online.

(Sponsor) Yuk Beli iTunes Gift Card di @idgiftcard!

4. Respect! Hargai Pengembang yang Sudah Membuat Aplikasi

Alasan ini baru bisa saya tulis setelah bergabung di MakeMac dan banyak berkomunikasi dengan para pengembang aplikasi. Sadar atau tidak, pengembang aplikasi di App Store dibagi 2 – perusahaan besar dan para pemain indie alias pengembang perintis bahkan ada yang mengerjakan satu aplikasi sendirian!

Bicara tentang pengembang indie, ada beberapa yang tim MakeMac kenal dan mereka mengandalkan hasil dari App Store untuk pendapatan utama. Bayangkan jika aplikasi yang sudah mereka buat dengan susah payah dan penuh perjuangan, kamu ambil begitu saja dengan versi curian dari pihak yang tidak memiliki tanggu jawab.

Editor : Bagus Hernawan

Latest