Follow Us

Review Dog Mendonça & PizzaBoy, Petualangan Sepasang Detektif

Alexius Aditya - Senin, 06 Juni 2016 | 16:53
Review Dog Mendonça & PizzaBoy, Petualangan Sepasang Detektif

Ketika sedang membaca komik ataupun buku, pernahkah kalian membayangkan apa jadinya apabila cerita pada komik atau buku tersebut diadaptasi menjadi sebuah game? Atau justru, kejadian tersebut sudah menjadi kenyataan? Saya juga sering membayangkan hal yang sama dan kebetulan sekali, pada akhirnya apa yang ada di bayangan saya pun terwujud.

Tim pengembang FISHLABS baru-baru ini telah menghadirkan sebuah game adaptasi dari novel grafis yang cukup populer berjudul The Interactive Adventures of Dog Mendonça & PizzaBoy untuk dapat dimainkan di iOS sebagai game petualangan point-and-click. Seluruh aset yang ada pada game ini diambil langsung dari buku aslinya, sehingga cerita petualangan dan karakter yang ada juga bisa dipastikan adalah sama. Bedanya, disini kalian dapat melihat karakter tersebut bergerak, tidak hanya berdiri diam terpaku seperti yang terdapat pada buku.

Petualangan Sepasang Detektif

The Interactive Adventures of Dog Mendonça & PizzaBoy bercerita tentang seorang detektif yang bernama Dog Mendonça dan asistennya yang selalu dipanggil si Pizza Boy. Mereka berdua bisa dibilang adalah pasangan detektif yang kurang akur dan kurang bisa bekerja-sama satu sama lain.

Karakter Dog Mendonça sendiri digambarkan sebagai orang berbadan besar dan sedikit angkuh. Disini, Dog akan menjadi sumber masalah utama, yang kemudian menjadikan fokus cerita dari game lebih mengarah ke karakter kedua, yaitu sang PizzaBoy sendiri. Nah, tugas pemainlah sebagai sang PizzaBoy dalam misinya untuk menyelesaikan berbagai kasus misteri pada The Interactive Adventures of Dog Mendonça & PizzaBoy.

Uniknya, tidak seperti cerita detektif lainnya dimana pemain harus memecahkan kasus menggunakan logika yang sangat serius, disini pemain akan lebih diarahkan untuk membaca dan mengikuti petunjuk. Menjadikan game yang satu ini bisa dibilang penuh dengan teks. Pemain pun harus berkeliling ke berbagai tempat untuk dapat memecahkan misteri dari kasus yang dialami oleh sang tokoh utama.

Gabungkan Dua Objek Untuk Membuat Objek Lain

Selain harus berpetualang ke berbagai tempat yang berbeda, pemain juga harus mencari petunjuk satu demi satu di tempat yang mereka kunjungi. Petunjuk ini tentunya akan sangat berguna untuk membantu pemain memecahkan misteri berikutnya. Tidak berhenti sampai situ saja, pada setiap tempat yang dikunjungi oleh pemain, mereka juga dapat menemukan beberapa objek yang dapat diajak berinteraksi.

Berbagai objek tersebut bahkan bisa disimpan dibalik jaket sang karakter, yang pada game ini dijadikan sebagai kotak inventory milik pemain. Nantinya, pemain dapat menggabungkan beberapa objek untuk mendapatkan objek lainnya yang mungkin berguna untuk memecahkan kasus. Objek yang biasanya ditemukan pemain pada suatu tempat tertentu, tidak selalu dapat langsung digunakan saat itu juga sehingga beberapa objek dapat disimpan terlebih dahulu untuk kemudian digunakan nantinya pada tempat lain, untuk memecahkan kasus di tempat tersebut.

Seperti game petualangan point-and-click lainnya, game ini mempunyai kendali yang cukup mudah. Untuk mengambil objek, pemain hanya harus melakukan tap pada objek yang dimaksud, maka secara otomatis, objek tersebut akan tersimpan ke dalam kotak inventory. Sedangkan untuk menggabungkan dua objek, pemain dapat melakukan tap pada objek pertama, dan menariknya ke arah objek kedua. Dua objek tersebut secara otomatis akan berubah menjadi objek baru. Untuk menggunakannya pada map, tap dan tahan pada objek dari kotak inventory, dan arahkan kepada objek yang berada di map.

Penuh Dengan Teks, Dengan Suara Aktor Yang Baik

Membaca, membaca, dan membaca. Itulah yang saya rasakan ketika memainkan game yang satu ini. Ini bukan sebuah komplain tentunya karena saya adalah seorang yang suka membaca. Tapi perlu diingat bahwa tidak semua orang sama seperti saya. Darisini saya bisa sedikit menyimpulkan bahwa The Interactive Adventures of Dog Mendonça & PizzaBoy lebih terasa seperti bacaan interaktif daripada sebuah game.

The Interactive Adventures of Dog Mendonça & PizzaBoy juga termasuk game yang pendek. Tidak lebih dari lima jam saja, saya bisa menyelesaikan game ini sampai pada akhir ceritanya. Terlalu minimnya objek yang bisa diajak berinteraksi mungkin bisa menjadi salah satu alasan mengapa game ini menjadi sangat pendek. Disini saya merasa bahwa game ini lebih menonjolkan sisi cerita dibanding gameplay dari gamenya sendiri.

Selain dua hal diatas, ada sedikit detail yang kurang diperhatikan pada game ini, yaitu suara aktornya. Walaupun suara aktornya digarap dengan baik, namun terkadang lafal dan pengucapannya kurang serasi dengan situasi yang ada pada saat tertentu. Misalnya saja, pada saat sang karakter sedang berada di situasi yang mengkhawatirkan, nada dari suara aktor pun tidak berubah sama sekali. Hal ini tentu aneh akan menjadi aneh jika didengarkan dengan baik karena suaranya tidak menggambarkan seseorang yang sedang berada dalam kesulitan.


Baca Juga:

Editor : Alexius Aditya

Latest