Follow Us

4 Tips Memilih Hard Disk External untuk Pengguna Mac

Bagus Hernawan - Senin, 16 Mei 2016 | 17:20
4 Tips Memilih Hard Disk External untuk Pengguna Mac

Hard Disk eksternal adalah media penyimpanan tambahan yang sudah sangat umum di era sekarang ini. Ya, ini karena menyimpan semua data dalam perangkat komputer tentunya tidak disarankan. Selain membuat storage kamu penuh dan mengurangi produktivitas, jika ada masalah tentunya semua data yang ada juga bisa ikut musnah.

Nah untuk kamu pengguna komputer Mac yang ingin membeli Hard Disk eksternal, tim MakeMac punya beberapa tips yang harus kamu tahu ya! Berikut ini daftarnya:

1. Selalu Beli Hard Disk Baru, Tanpa Kompromi

Saya selalu menyarankan teman atau keluarga untuk membeli Hard Disk eksternal baru yang sesuai dengan anggaran. Hard Disk adalah teknologi penyimpanan data digital yang masih menggunakan hardware berupa piringan bergerak (platters) dan jarum pembaca dengan umur yang terbatas (biasanya disarankan 3–5 tahun).

Tentunya jika membeli barang bekas, kamu tidak memulai perhitungan waktu yang disarankan tadi dari awal. Kamu juga belum tentu tahu, bagaimana kondisi Hard Disk tadi – apakah digunakan dengan cara normal, sering terguncang yang menyebabkan platters dan piringan dalam kondisi kurang baik atau malah sudah bermasalah seperti bad sector misalnya.

2. Konektor dan Teknologi Hard Disk

Tips kedua adalah mengetahui informasi terbaru mengenai Hard Disk yang ada di pasaran sekarang. Saya bagi menjadi 2 hal ya – konektor dan teknologi Hard Disk itu sendiri.

Konektor adalah kombinasi dari port input ke Hard Disk eksternal dan output yang menghubungkan piranti ini ke komputer Mac kamu. Sesuaikan jenis konektor yang digunakan Hard Disk eksternal dengan kebutuhan kamu. Dari pengalaman tim MakeMac, ada beberapa jenis konektor di Hard Disk eksternal era sekarang ini. Yaitu USB 2.0, USB 3.0, Firewire 800, Lightning Port dan juga LAN untuk Hard Disk eksternal dengan koneksi ke jaringan internet misal.

Lanjut ke teknologi, ini adalah pembahasan untuk aplikasi yang diberikan oleh pabrikan Hard Disk tadi dan juga hal lainnya seputar hardware. Kembali lagi pada kebutuhan, silahkan sesuaikan apakah kamu membutuhkan teknologi tambahan yang ditawarkan (software enkripsi, auto backup, fingerprint ) serta pantau juga teknologi hardware terbaru saat ini seperti ketipisan yang digunakan atau beragam hal lainnya.

3. Tetapkan Penggunaan Hard Disk Eksternal dan Jangan Salah Pilih Ukuran

Silahkan tetapkan tujuan penggunaan Hard Disk eksternal yang akan kamu beli. Apakah akan digunakan sebagai backup manual – berupa tempat meletakkan data dari setiap projek atau tugas yang sudah selesai kamu kerjakan, dokumen multimedia, foto? Atau sebagai backup data sekaligus sistem operasi kamu menggunakan fitur Time Machine Backup?

Nah jika ingin menggunakan Hard Disk eksternal sebagai Time Machine Backup, saran saya pilih yang berkapasitas lebih besar dari Hard Disk internal kamu. Misal 500GB Hard Disk internal, maka sebaiknya pilih kapasitas 1TB untuk Hard Disk eksternal kamu. Ini untuk mencegah media penyimpanan tersebut cepat penuh dan membuat kamu kerepotan untuk beli baru atau menghapus data backup yang lama.

Halaman Selanjutnya

Baca Juga:
1 2

Editor : Bagus Hernawan

Latest