Follow Us

Titan Quest, Bersiap dan Beraksi Melawan Prajurit Penyerang Bumi

Alexius Aditya - Senin, 11 Juli 2016 | 11:42
Titan Quest, Bersiap dan Beraksi Melawan Prajurit Penyerang Bumi

Pada jaman sekarang, game yang sempat populer di PC biasanya ikut dibuat versi mobilenya untuk menggaet lebih banyak pemain. Hal ini dikenal dengan sebutan porting. Tetapi biasanya, game porting selalu menjadi versi yang lebih jelek jika dibandingkan dengan game aslinya karena adanya perbedaan pada platform seperti kendali, spesifikasi dari platform yang dimaksud. Selain itu, tidak mudah juga lho untuk merubah sebuah game yang tadinya dimaksudkan untuk dimainkan pada PC, untuk kemudian dibuat kembali menjadi sebuah game untuk mobile.

Titan Quest adalah sebuah game yang menjadi alternatif dari sebuah game PC bernama Diablo untuk dimainkan di sebuah layar sentuh yang dibuat oleh tim pengembang DotEmu. Game ini sebenarnya juga adalah sebuah porting dari game PC berjudul sama yang hadir pada tahun 2006 lalu. Titan Quest bercerita tentang mitos Yunani kuno, dimana para Titan melarikan diri dari penjara dan berusaha menghancurkan bumi. Sialnya, para dewa tidak cukup kuat untuk menghentikan hal tersebut sendirian. Dibutuhkan seorang pahlawan yang dapat membantu para dewa untuk memimpin perjuangan rakyat di bumi. Para pahlawan tersebut kemudian dikenal dengan sebutan Olympian.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Lahirnya Seorang Pahlawan Baru!

Pada Titan Quest, pemain akan bermain sebagai salah seorang Olympian. Untuk itu, tugas pertama pemain adalah untuk membuat karakternya sendiri, mulai dari memberi nama, gender, sampai kelas dari sang pahlawan. Tugas tersebut akan menjadi misi awal dari berbagai misi lainnya yang harus pemain selesaikan di sepanjang permainan. Tapi dari kebanyakan misi tersebut, misi untuk membantu orang lain adalah yang paling sering pemain temui nantinya. Tentu saja karena tema permainan ini adalah untuk menjadi seorang pahlawan.

Bantuan tersebut sifatnya bermacam-macam. Dari mulai menyelamatkan salah seorang yang tersesat, menemukan orang yang hilang, membantu melindungi barang berharga di perjalanan, sampai berpetualang dari satu area ke area yang lainnya. Titan Quest adalah sebuah game open-world, sehingga pemain bebas untuk pergi kemana saja sesuai yang mereka inginkan. Hal ini menyebabkan perbedaan misi yang mungkin akan berbeda dari satu pemain dan pemain lainnya. Dunia open-world pada Titan Quest juga sangat luas sehingga dan penuh dengan musuh sehingga kemanapun pemain pergi, pasti akan ada sejumlah musuh yang menghadang.

Berhati-hatilah karena setiap wilayah biasanya memiliki sejumlah musuh yang berbeda-beda, yang akan menghalangi perjalanan pemain. Secara total, ada 80 mahluk jahat yang akan pemain temui pada game ini, termasuk diantaranya adalah Minotaur, Cyclop, Gorgon, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tapi tenang dulu, pemain pun tidak akan bertarung dengan tangan kosong. Ada 1200 lebih item yang bisa ditemukan, yang dapat pemain gunakan untuk membantu dirinya bertahan dan menyerang para mahluk jahat diatas.

Kendali Khusus Untuk Layar Sentuh

Saya tahu yang ada di pikiran kalian. Senjata saja pasti tidak cukup. Benar sekali! Tidak perlu khawatir karena selain senjata, masih ada 150 kemampuan lain dari karakter sendiri yang dapat pemain gunakan untuk bertahan hidup. Tetapi, kekuatan dari kemampuan ini tentunya tidak langsung muncul begitu saja. Setiap mengalahkan musuh, pemain akan mendapat sejumlah experience point. XP ini berguna untuk menaikkan level dari karakter pemain. Dan semakin tinggi level dari pemain, maka semakin banyak pula kemampuan pemain yang akan terbuka. Pemain kemudian dapat memilih kemampuan mana yang paling hebat yang dapat pemain gunakan untuk keuntungannya sendiri.

Tapi tunggu dulu, kalian tidak boleh senang dulu. Karakter pemain yang menjadi semakin kuat akan diimbangi dengan semakin kuatnya musuh yang yang akan dihadapi. Sehingga pemain akan selalu menemukan musuh yang berimbang kekuatannya dengan karakter mereka. Disini, menentukan taktik adalah hal yang penting karena sesuai dengan kelas karakter milik pemain, nantinya gaya bertarung dari pemain juga akan menjadi perhitungan. Sebagai contoh saja, pemain yang lebih kuat serangan magisnya biasanya lemah dalam pertarungan jarak dekat. Kondisi ini berarti pemain harus menggunakan taktik serangan jarak jauh untuk membunuh musuh.

Titan Quest boleh saja disebut hanyalah sebagai game porting, tetapi tim pengembang tetap memperhatikan kendalinya untuk disesuaikan, agar dapat dimainkan secara lebih baik untuk layar sentuh. Oleh karena itu, pemain dibekali dengan tombol virtual untuk hampir seluruh kendali pada permainan. Tombol virtual arah berguna untuk menggerakkan karakter. Sedangkan tombol lainnya sepertinya cukup jelas. Seperti tombol untuk menyerang, tombol untuk berganti senjata, dan tombol untuk mengakses inventory pemain. Uniknya, pemain dapat memberikan jalan pintas untuk penggunaan skill ataupun potion yang terdapat di inventory untuk dapat digunakan secara cepat pada saat terjadi kombat.

Masalah Pada Framerate

Kalian para gamer yang juga sering bermain game di PC pasti tahu soal istilah frame rate. Sedikit penjelasan singkat saja, frame per second atau biasanya disingkat menjadi fps adalah frekuensi dimana layar berhasil menampilkan sejumlah gambar atau frames dalam setiap detiknya. Tentu saja, semakin tinggi fps, maka semakin baik pula gambar yang akan tertampil pada layar.

Sebagai tambahan informasi lagi, ukuran normal bagi sebuah game untuk dapat dimainkan secara wajar dengan performa yang baik adalah minimal 60 fps. Dibawah itu, mata kita akan mulai melihat adanya lag atau gambar yang terlambat, yang terlihat kurang mulus tertampil pada layar. Hal ini bukan saja mengganggu, tetapi juga membuat pengalaman bermain menjadi kurang menyenangkan, terutama jika penurunan fps ini terjadi pada sebuah game aksi yang terus-menerus memperlihatkan adegan bergerak. Sayangnya, hal tersebut secara acak terus-menerus terjadi pada Titan Quest.

Editor : MakeMac

Latest