Follow Us

Review Goat Simulator Waste of Space, Menjadi Kambing Pertama Di Luar Angkasa

Alexius Aditya - Senin, 30 Mei 2016 | 16:55
Review Goat Simulator Waste of Space, Menjadi Kambing Pertama Di Luar Angkasa

Biasanya, sebuah game baru akan dirilis jika tim pengembang yakin bahwa bug yang ada di dalam game miliknya sudah tereliminasi secara sempurna. Namun berbeda halnya jika kita sedang berbicara tentang Goat Simulator. Game yang satu ini memang mempunyai pengecualian yang bisa dikatakan cukup spesial. Tim pengembang berhasil meyakinkan para gamer bahwa bug yang ada di game milik mereka adalah sebuah fitur, bukan bagian dari adanya kesalahan.

Pengecualian ini mungkin hanya akan terjadi sekali dalam sejarah game, atau paling tidak begitulah menurut pendapat saya. Dan sepertinya, tim pengembang Coffee Stain Studios masih belum puas dengan catatan sejarah miliknya tersebut. Mereka, sekali lagi telah menghadirkan sebuah game open-world dengan seekor kambing sebagai tokoh utamanya bernama Goat Simulator Waste of Space.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Kambing Pertama Yang Pergi Ke Luar Angkasa

Cerita kambing yang fenomenal ini bermula pada kebosanan sang kambing yang telah bertahan hidup di dunia yang penuh zombie pada GoatZ. Sang kambing lalu meneruskan petualangannya dan bertemu banyak kambing lain pada Goat Simulator MMO Simulator. Setelah mengalami petualangan yang panjang tersebut, sang kambing merasa bahwa sudah tidak ada lagi hal menarik yang dapat sang kambing lakukan di bumi. Semua hal menarik sudah pernah dilakukan. Jadi mungkin sang kambing merasa bahwa sudah saatnya pergi dari bumi ke luar angkasa. Berusaha mencari planet baru yang dapat menjadi tempat bermain sang kambing selanjutnya.

Maka pergilah sang kambing ke luar angkasa. Dan itulah cerita yang mengawali bagaimana sang kambing pada Goat Simulator Waste of Space menjadi seekor kambing pertama, yang pergi ke luar angkasa. Tapi, apa sebenarnya misi dari sang kambing sendiri? Apa yang harus pemain lakukan sebagai seekor kambing, sesampainya di planet yang dituju? Disinilah keunikan dari Goat Simulator Waste of Space muncul. Berbeda dengan game sebelumnya yang hampir tidak memiliki tujuan sama sekali, pada game ini pemain harus berusaha untuk mengumpulkan uang, untuk membangun berbagai macam bangunan, semacam kickstarter, begitu game ini menyebutnya. Tidak hanya bangunan saja yang nantinya dapat pemain buat. Pemain bahkan dapat membangun pesawat luar angkasa miliknya sendiri.

Game yang aneh ini tentu tidak memberikan uang tadi dengan mudah. Pemain harus naik kapal luar angkasa, menembaki berbagai objek, dan berhadapan langsung dengan para Jedi dengan pedang lightsabers yang terkenal. Keanehan tersebut tidak berhenti sampai disitu saja. Masih banyak referensi dari berbagai macam game dan karakter lain, yang akan pemain temui pada Goat Simulator Waste of Space. Beberapa game dan karakter tersebut antara lain: Star Wars, Mass Effect, Portal, dan bahkan sampai seorang Donal Trump yang diserang melalui slogan miliknya yang dipelesetkan menjadi, ”Make The Galaxy Great Again”.

Adanya Jalan Cerita Pada Goat Simulator Waste of Space

Hal unik lainnya yang akhirnya membuat saya cukup terkesan adalah adanya jalan cerita yang hadir pada Goat Simulator Waste of Space. Pemain akhirnya dapat melakukan hal yang aneh, sesuai dengan jalan cerita yang ditawarkan oleh game ini. Hal ini tentunya sebuah peningkatan yang cukup signifikan dari game Goat Simulator sebelumnya.

Namun inti dari permainan masih sama dengan game sebelumnya. Pemain dapat melakukan semua hal yang ingin pemain lakukan secara bebas tanpa adanya batasan apapun. Bedanya, pada Goat Simulator Waste of Space, pemain harus mengumpulkan koin, yang akan pemain dapatkan saat menghajar objek atau NPC dengan tanduk kecilnya.

Kendalinya pun masih menggunakan mekanisme yang sama. Pemain dapat bergerak dengan menggunakan tombol virtual yang terdapat di sebelah kiri layar. Dan untuk beraksi, pemain dapat menjilat objek untuk dengan tombol menjilat, ataupun menyundul dengan menekan tombol sundulan. Semua tombol mempunyai ikon yang sangat jelas tergambar sesuai dengan kegunaannya.

Minimnya Peningkatan Konten

Untuk sebuah konten tambahan dari game aslinya, Goat Simulator Waste of Space bisa dibilang cukup unik. Tim pengembang memberikan sebuah jalan cerita bagi pemain untuk diikuti. Mereka juga telah memberikan pengalaman bermain yang baru dengan memunculkan tema baru, yaitu luar angkasa.

Peningkatan tidak berhenti pada jalan cerita saja. Tim pengembang juga akhirnya memberikan beberapa referensi dari game lain, yang walaupun cukup klise dan bukan sebuah hal yang baru sama sekali untuk dilakukan, tetap saja menyenangkan karena pada akhirnya Goat Simulator benar-benar mendapatkan fitur yang sebenarnya.

Editor : MakeMac

Latest