Follow Us

Tim Cook Tidak Masuk Jajaran Bos Perusahaan Bergaji Tinggi di 2015

Andri Alfansyah - Senin, 30 Mei 2016 | 17:29
Tim Cook Tidak Masuk Jajaran Bos Perusahaan Bergaji Tinggi di 2015

Siapa yang menyangka bahwa CEO Apple Tim Cook ternyata tidak masuk menjadi salah satu dari daftar 200 pemimpin perusahaan yang mendapatkan gaji paling tinggi di Amerika Serikat?

Dalam peringkat yang baru-baru ini dirilis Equilar (via New York Times), nama besar Tim Cook tidak masuk urutan paling bontot sekalipun di jajaran pemimpin perusahaan bergaji tinggi di AS tersebut.

Nyatanya, posisi puncak daftar 200 bos perusahaan dengan gaji paling besar dipegang oleh CEO Expedia Dara Khosrowshahi dengan jumlah pengasilan yang dikantonginya sebesar $94,6 juta per tahun di 2015 lalu.

Bos-bos perusahaan di peringkat lima besar lainnya yang mendapatkan gaji besar di 2015 adalah CEO CBS Lesli Moonves yang mengumpulkan $56,4 juta, CEO Viacom Philippe P. Dauman sebesar $54,1 juta, dan CEO Oracle Mark V. Hard sebesar $53,2.

Dalam temuan terbarunya ini, Equilar menemukan fakta bahwa tidak ada seorang CEO pun yang mendapatkan gaji lebih dari $100 juta untuk kali pertamanya sejak 2011 silam.


Baca juga:


Boleh saja Cook tidak masuk urutan CEO yang bergaji tinggi, namun begitu dia pernah juga mendapatkan gaji besar mencapai $94 juta di 2012 lalu setelah menggantikan Steve Jobs (alm.) di 2011 silam.

Di tahun 2015, Cook diketahui digaji sebesar $10,2 juta (Rp 142 milyar) yang terdiri atas gaji sebesar $2 juta, tunjangan sebesar $8 juta, serta tunjangan lainnya sebesar $200 ribu.

Malah penghasilan Cook ini lebih kecil jika dibandingkan dengan petinggi Apple lainnya. SVP of Retail and Online Stores Angela Ahrendts yang mendapatkan penghasilan mencapai $25,7 juta dan SVP of Internet Software and Services Eddy Cue sebesar $25,1 juta.

Agak aneh memang jika Cook tidak masuk daftar CEO bergaji tinggi mengingat Apple sendiri adalah perusahaan teknologi yang memiliki uang kas paling besar di dunia, lebih besar daripada Google, Oracle, bahkan Microsoft.

Meski gajinya tidak setinggi bos perusahaan lain, Cook nyatanya memiliki nilai saham mencapai ratusan juta dolar. Tahun kemarin, dia memiliki saham dengan nilai mencapai $350 juta.

[source site_name = “New York Times” site_url = “http://www.nytimes.com/interactive/2016/05/29/business/how-much-ceos-made-last-year.html?_r=0”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest