Follow Us

Belajar Sambil Bermain di Human Resource Machine

Alexius Aditya - Jumat, 17 Juni 2016 | 11:00
Belajar Sambil Bermain di Human Resource Machine

Kebanyakan orang membagi waktunya untuk belajar dan bermain secara terpisah. Sebagian orang lainnya termasuk saya, lebih memilih untuk menjadikannya satu kegiatan saja yaitu bermain sekaligus belajar. Soal efektif atau tidaknya, hanya diri sendiri yang bisa menilai. Tapi paling tidak, bagi saya cara tersebut terbukti cukup efektif.

Karena cara yang unik itu, saya selalu berterima kasih kepada para pengembang yang telah meluangkan waktunya untuk membuat game yang bisa juga digunakan untuk belajar. Dan kali ini, saya harus berterima-kasih kepada tim pengembang Tomorrow Corporation, yang telah membuat Human Resource Machine.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Bermain Sambil Belajar Atau Belajar Sambil Bermain?

Human Resource Machine adalah game dimana pemain belajar bagaimana sebuah komputer bekerja. Saya menyadari mungkin tidak terlalu menarik apabila kita membaca kata belajar tampil pada sebuah review untuk game. Namun hal itu akan segera terhapuskan setelah kalian benar-benar memainkan game yang satu ini.

Jadi bagaimana sebenarnya komputer bekerja? Mungkin beberapa dari kalian sudah mengetahui jawaban dari pertanyaan ini, yaitu lewat perintah. Komputer yang terlihat pintar ini sebenarnya hanya akan bekerja jika kita membuat perintah untuk bekerja. Mereka akan bekerja sesuai dengan perintah yang kita berikan. Oleh karena itu, di game ini pemain akan diberikan perintah berupa misi-misi untuk membuat perintah. Atau mungkin kalian bisa memanggilnya dengan perintah-ception.

Perintah tersebut akan dimulai dari yang paling mudah dulu, dan nantinya akan terus menerus berkembang menjadi perintah yang lebih rumit setelah permain berhasil naik ke level yang lebih tinggi. Bagaimana dengan pemain yang memang sudah tahu banyak tentang memberikan perintah atau komputer progamming? Kalian tidak perlu khawatir. Human Resource Machine juga memberikan misi yang sedikit berbeda, yang tentunya lebih sulit bagi pemain yang menginginkan tantangan lebih.

Belajar Memang Tidak Selalu Mudah

Di dalam permainan, pemain akan dihadapkan dengan berbagai fungsi yang berguna untuk mengatur karakter kita berjalan dan bekerja. Pekerjaan tersebut bermacam-macam, dari mulai yang mudah seperti membawa kotak A dari tempat X ke tempat Y, hingga pekerjaan yang sedikit sulit dan membutuhkan perhitungan seperti membawa kotak A yang ditambahkan dengan kotak B, dan meletakkannya secara terbalik pada tempat Y.

Bagaimana dengan pemain yang sama sekali baru dalam hal memberikan perintah? Saya tidak tahu sama sekali tentang fungsi, apalagi harus memberikan perintah yang benar. Kalian juga tidak perlu khawatir. Seperti sudah saya katakan di awal tadi bahwa Human Resource Machine adalah game tentang belajar. Oleh karena itu, pemain akan diajarkan beberapa hal umum yang mudah lewat tutorial. Dan tutorial yang ada pada game ini benar-benar melakukan tugasnya dengan baik. Dengan membaca baik-baik tutorial yang diberikan, maka kalian akan mendapatkan petunjuk yang cukup solid, yang dapat menjadi bekal pemain baru untuk dapat mengikuti apa yang seharusnya mereka kerjakan dengan tepat dan benar.

Kendali pada game ini juga sangat mudah, dan bisa dibilang semuanya akan terjadi secara otomatis. Pemain hanya harus berpikir untuk memberikan fungsi perintah sesuai dengan misi yang diberikan dan karakter pemain akan secara otomatis mengikuti perintah yang dijalankan setelah pemain menekan tombol play. Apabila pemain melakukan kesalahan, maka bos akan memberikan dialog petunjuk tentang apa kesalahan yang telah dilakukan pemain, sehingga pemain dapat mengulangi lagi untuk memberikan fungsi perintah yang benar.

Belajar Menjadi Pegawai Yang Efektif

Saya bermain game ini tanpa berhenti selama kurang-lebih dua jam. Satu jam pertama saya habiskan untuk menyelesaikan 10 misi berturut-turut, berusaha untuk menemukan fungsi perintah yang lebih efektif untuk menyelesaikan tantangan yang lebih sulit dari game ini. Tapi, satu jam berikutnya saya habiskan untuk menyelesaikan dua misi saja. Dan itupun harus saya lakukan tanpa bisa menyelesaikan tantangan lainnya yang lebih sulit.

Misi yang berada pada awal game memang dapat diselesaikan dengan waktu yang relatif cepat, namun selebihnya, misi pada level berikutnya ternyata lebih sulit dari yang saya bayangkan. Masalahnya, petunjuk yang bisa pemain dapatkan saat berada pada misi sangat minim dan hampir bisa dikatakan tidak terlalu bisa membantu pemain baru untuk menyelesaikan misi sulit tersebut.

Editor : MakeMac

Latest