Follow Us

Ken Segall: Apple Mulai Kehilangan Sentuhan Simplisitas Warisan Steve Jobs

Andri Alfansyah - Senin, 06 Juni 2016 | 15:09
Ken Segall: Apple Mulai Kehilangan Sentuhan Simplisitas Warisan Steve Jobs

Apple seperti kamu ketahui sangat berbeda di bawah tampuk kepemimpinan Tim Cook yang mengambil alih jabatan Chief Executive Officer dari Steve Jobs yang meninggal dunia di tahun 2011 lalu.

Perbedaan tersebut tidak lain terletak dalam kompleksitas daftar produk yang semakin membingungkan dan kentara. Hal ini pun tidak pelak mendapatkan cibiran dari mantan konsultan iklan Apple, Ken Segall.

Dalam tulisannya di situs The Guardian, Segall menyebutkan bahwa Apple sudah mulai kehilangan sentuhan simplisitas atau kesederhanaan yang diwariskan oleh almarhum Steve Jobs dalam produk-produknya.

Though Apple’s customers remain fiercely loyal, the natives are getting restless. A growing number of people are sensing that Tim Cook’s Apple isn’t as simple as Steve’s Apple. They see complexity in expanding product lines, confusing product names, and the products themselves.

Cook diakui memang memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda dari Steve Jobs. Namun Segall mengatakan Jobs sendiri adalah orang yang menunjuk Cook untuk menggantikannya karena sangat tahu kelebihan dan kelemahannya.

Meski kompleksitas lini produk yang dibuat Apple membingungkan dan menjadi perdebatan banyak kalangan, Apple mempunyai keputusan yang masuk akal untuk terus mengikuti perkembangan zaman.

Contohnya ada kehadiran iPhone 6 dengan layar besar. Bila Apple tidak menghiraukan keinginan pasar yang semakin berubah, maka dipastikan banyak pengguna bakal beralih ke merek yang lain.

Markets mature. A bigger audience has more diverse needs. If Apple were to ignore those needs, they would only force customers to go elsewhere. (As they did for several years by not making a big-screen iPhone.)

Apple now sells three different iPhones, four different iPads and three different MacBooks. The Apple Watch comes in seemingly infinite combinations of sizes and bands. The Apple universe is exploding with complexity! Or is it?


Baca juga:


Segall yang merupakan orang di balik penamaan iMac dan penggagas iklan Think Different ini sangat kritis soal penamaan iPhone terutama dengan akhiran ”S“. Menurutnya, iPhone dengan embel-embel ”S" tersebut hanya mengusung peningkatan minor saja.

Then there’s the issue of the S. For some reason, Apple has decided that every other year, it should just add an S to the current model number, because the S-year improvements are internal only. So Apple’s own actions have served to train the public that S years are the “off years”. This is an absurdity, given that such revolutionary features as Siri, Touch ID and 64-bit processing have all been introduced in S models.

Editor : MakeMac

Latest