Follow Us

Prediksi WWDC 2016: iOS 10, macOS, App Store dan iMessage

Bagus Hernawan - Senin, 13 Juni 2016 | 12:50
Prediksi WWDC 2016: iOS 10, macOS, App Store dan iMessage

Gelaran acara WWDC 2016 akan segera berlangsung dalam beberapa jam lagi. Beragam rumor, prediksi serta opini sudah banyak dibahas oleh tim MakeMac selama sebulan terakhir. Nah berikut ini rangkuman dan prediksi dari Keynote WWDC yang akan disampaikan oleh Tim Cook dan para petinggi lainnya, tengah malam nanti waktu Indonesia:

Namun sebelumnya kita bahas dulu ya, apa itu WWDC sebagai pembuka topik. Yuk simak!

Apa Itu WWDC?

WWDC adalah World Wide Developer Conference adalah acara tahunan dari Apple untuk menunjukkan beragam teknolosi sistem operasi dan layanan terbarunya untuk setahun ke depan. Dihadiri oleh para pengembang dengan jumlah peserta sekitar 5000 orang setiap tahunnya, ajang ini berlangsung selama seminggu dan dibuka dengan Keynote oleh CEO Apple.

Setelah Keynote alias pengumuman tentang hal baru apa saja yang diberikan, acara berlanjut dengan workshop atau kelas belajar dari setiap fitur baru tadi. Para pengembang dapat memilih kelas yang diminati dan bertanya secara lengkap dan mendalam kepada para insinyur di Apple.

Sebagai catatan, sejak WWDC 2007, baru pertama kali ini Apple memindahkan gelaran acara. Biasanya semua acara dilangsungkan di gedung Moscone West, San Francisco, untuk tahun ini Keynote dilakukan di Bill Graham Civic Auditorium dan acara sisanya kembali di Moscone West.

Prediksi WWDC 2016:

iOS 10

Sistem operasi untuk perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch ini akan menjadi bahasan utama di WWDC. Prediksi tahun ini adalah iOS 10 dengan beragam fitur dan kemampuan baru yang hadir untuk memperbaiki dukungan dari versi sebelumnya. Dari beragam rumor yang beredar, fitur utama yang akan menjadi primadona adalah dark mode.

Ya, indikasi ini tampil dari aplikasi WWDC terbaru yang menggunakan warna tampilan gelap dan elegan. Setelah itu ada rumor mengenai Siri SDK alias akses Siri yang akhirnya dibuka untuk pengembang aplikasi pihak ketiga melakukan integrasi.

Lanjut ke Apple Music, layanan ini akan mendapatkan tampilan baru yang lebih sederhana. Rumornya adalah mengusung warna hitam putih dan fokus pada teks serta cover album dari musisi favorit. Beberapa tab juga akan disederhanakan, seperti New yang akan diganti dengan Browse serta mode For You yang dibuat lebih minimalis.

Catatan terakhir untuk rumor iOS 10 di WWDC adalah mode menghapus stock app alias aplikasi bawaan yang tidak kamu gunakan. Dengan begitu storage dapat lebih hemat dan pengguna tidak perlu repot menghapus beragam data pribadi.


Baca Juga:

Editor : Bagus Hernawan

Latest