Follow Us

(Preview) iOS 10 dengan 10 Perubahan Besar

Bagus Hernawan - Selasa, 14 Juni 2016 | 11:05
(Preview) iOS 10 dengan 10 Perubahan Besar

Selain macOS Sierra, wathc OS 3 dan juga tvOS terbaru, Apple menghadirkan iOS 10 untuk kamu pengguna iPhone, iPad dan iPod Touch dengan beragam peningkatan fitur.

Dalam keynote yang disampaikan Craig Frederighi dan timnya, ada 10 bahasan utama mengenai fitur di iOS 10 ini. Tim MakeMac akan mencoba bahas beberapa diantaranya untuk kamu semua Sahabat MakeMac ya!

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

User Experience

Bahasan pertama adalah User Experience alias pengalaman pengguna yang lebih baik. Beberapa catatan yang tim MakeMac temukan saat menonton WWDC 2016 untuk bagian ini adalah tampilan lockscreen yang baru – mulai dari animasi notifikasi, Control Center, akses Music, mode ambil foto cepat serta Widget yang mendukung 3D Touch.

Siri SDK, Terbuka untuk Aplikasi Pihak Ketiga

Personal assistant Siri akhirnya dibuka oleh Apple dengan dukungna aplikasi pihak ketiga. Kamu dapat memintanya untuk mengetik pesan di aplikasi WeChat, Slack, Telegram atau lainnya. Secara tampilan sih tidak banyak yang berubah untuk Siri namun tentunya akses fitur ini semakin dalam dan mendukung aplikasi lain.

Craig Frederighi juga mencontohkan penggunaan Siri untuk aplikasi pihak ketiga dalam teknologi panggilan VOIP, RIde Booking dan Photo Search, Workouts, Payment dan beragam hal lainnya.

QuickType, Deteksi Ketikan Dimana Saja

QuickType adalah fitur yang membawa konsep Siri Intelligence dalam bentuk mengetik yang memanfaatkan konsep Deep Learning Languange. Contohnya untuk sebuah pesan yang kamu kirim berupa waktu dan tanggal untuk sebuah kegiatan, iOS 10 dapat membuat Intelligent Schedulling dengan mudah dan cepat.

Fitur lainnya yang ada di QuickType adalah mengirim informasi lokasi kamu, kontak, jadwal yang kosong di Calendar dan yang paling seru adalah Multilingual Typing serta Lookup – melihat daftar lokasi favorit dengan prediksi kata untuk meneruskan.

Photos

Update di iOS 10 untuk Photos adalah memberikan mode Places yang lebih baik yaitu visualiasi untuk semua tempat yang pernah kamu kunjungi dan mengambil gambar. Salah satu teknologi terbaru di Photos adalah Advance Computer Vision. Fitur ini menggunakan metode Deep Learning untuk mempelajari dan membuat daftar Face Recognition – deteksi foto wajah dari para keluarga atau teman kamu.

Kedua adalah Object & scene Recognition, fitur ini dapat mendeteksi alam yang ada di sebuah foto untuk membuat kategori berdasarkan tempat. Seperti pegunungan, danau, pantai dan beragam hal lainnya.

Lanjut ke fitur Memories, fitur ini akan mendeteksi dan membuat kelompok foto dari setiap kegiatan liburan, catatan berdasarkan tanggal, orang yang ada di foto, topik atau beragam kategori lainnya. Setelah itu pengguna dapat menciptakan album atau video kenangan yang dapat diedit dengan beberapa langkah cepat saja.

Editor : Bagus Hernawan

Latest