Follow Us

Tutorial Update iOS 10 Developer Beta 1

Bagus Hernawan - Kamis, 16 Juni 2016 | 15:14
Tutorial Update iOS 10 Developer Beta 1

Tanggal 13 Juni 2016 lalu Apple resmi membuka WWDC 2016 dengan Keynote yang mengenalkan iOS 10, macOS Sierra, tvOS 10 dan watchOS 3. Kini keempat versi sistem operasi tersebut baru tersedia untuk Developer Beta dan akan segera rilis untuk pengguna yang mendaftar di Public Beta dan untuk pengguna umum di musim gugur nanti – sekitar September 2016.

Nah beberapa pengguna tampaknya sudah tidak sabar untuk mencoba iOS 10 ini walaupun masih dalam label Developer Beta. Terlihat dari banyak pertanyaan yang masuk ke mention @MakeMac dan hasil pencarian di makemac.com.

Di artikel ini saya akan membagikan tutorial lengkap untuk instalasi iOS 10 dalam versi Developer Beta dan beberapa keterangan yang harus kamu tahu.

Ingat, ini iOS 10 Developer Beta

Tujuan Apple menghadirkan iOS 10 Developer Beta adalah memberikan akses untuk para pengembang aplikasi mempelajari beragam fitur baru atau mencoba aplikasi buatan mereka. Diharapkan dengan iOS 10 Developer Beta, para pengembang dapat membenahi aplikasinya dan menambahkan dukungan kompatibilitas serta perbaikan yang diperlukan – jika versi ini sudah tersedia untuk umum.

Itulah kenapa saya tidak merekomendasikan pengguna umum menggunakan iOS 10 Developer Beta. Selain versi Developer Beta yang umumnya belum stabil – masih ada bug system, minimnya aplikasi pihak ketiga yang mendukung, bukan tidak mungkin perangkat iPhone atau iPad kamu jadi bermasalah alias tidak berfungsi dengan baik. Tentunya hal ini dapat mengurangi produktivitas pengguna – seperti kesulitan mengakses dokumen kerjaan atau sekedar menghubungi teman atau keluarga.

Sudah ngebet banget untuk instal iOS 10, meskipun kamu bukan seorang Apple Developer? Silahkan saja, tapi sebaiknya kamu tidak melakukan update iOS 10 di perangkat utama kamu ya. Gunakan iOS 10 Developer Beta di perangkat iOS cadangan kamu alias yang tidak akan membuat pekerjaan atau aktivitas bermasalah jika terjadi error atau bug system.

Disclaimer: Tim MakeMac tidak bertanggung jawab jika perangkat iOS yang kamu gunakan mengalami gangguan seperti error, tidak berjalan dengan normal atau malah mati total karena mencoba iOS 10 Developer Beta.

Tutorial Update iOS 10 Developer Beta:

1. Restore via iTunes, Khusus Pengguna Akun Apple Developer

Cara ini hanya bisa digunakan jika kamu memiliki akses akun Apple Developer. Langkah pertama adalah mendaftarkan UDID dari perangkat iOS yang akan kamu gunakan untuk instal iOS 10. Setelah itu unduh file .IPSW untuk perangkat iOS tersebut di halaman Download dalam akun Apple Developer.

Lanjutkan dengan instal Xcode 8 Beta ya di komputer yang akan kamu gunakan untuk restore ke iOS 10. Lanjutkan langkah ini dengan restore via iTunes – tekan dan tahan tombol Option ketika memilih menu Restore dan cari file .ipsw yang sudah kamu unduh di langkah sebelumnya.

Sebagai catatan, jika tidak melakukan instalalsi Xcode 8 Beta, kemungkinan proses restore akan gagal dan menampilkan gambar seperti di atas, iTunes Error (14). Jika sudah begini, silahkan restore kembali ke iOS 9.3.2.

2. Update Instal iOS 10 via Perangkat iOS, Unduh Profile Beta

Cara kedua tidak membutuhkan akses komputer dan tidak perlu daftar UDID. Kamu hanya perlu mengunduh file iOS Beta Software Profile dari laman Apple Developer dan masukkan ke perangkat iOS. Setelah itu restart dan masuk ke bagian Settings – Software Update dan kamu sudah dapat melihat iOS 10 Developer Beta 1 untuk diunduh.

Beberapa laman website sudah membagikan dokumen iOS Beta Software Profile ini untuk dapat menginstal iOS 10 secara OTA Updates. Salah satunya adalah insanelyi. Kamu tinggal mengunduh dokumen yang ada di halaman tersebut langsung dari perangkat iOS dan instal saja. Setelah itu Restart perangkat iOS dan silahkan update ke iOS 10 Developer Beta.

Halaman Selanjutnya

Baca Juga:
1 2

Editor : MakeMac

Latest