Follow Us

Pria Ini Temukan Rahasia Sulap Apple II Jadi Tampak Baru

Andri Alfansyah - Senin, 25 Juli 2016 | 14:28
Pria Ini Temukan Rahasia Sulap Apple II Jadi Tampak Baru

Tampilan bodi kucel dan kuning komputer jadul Apple II yang diluncurkan Apple hampir empat dekade silam ternyata bisa disulap seperti tampak baru dengan sangat mudah di tangan seorang desainer grafis bernama Javier Riviera.

Riviera menciptakan ramuan ampuh sendiri yang dicampurkannya untuk membersihkan noda kuning menempel disebabkan cahaya bertahun-tahun di Apple II milik pengguna yang menghadiri KansasFest, acara kumpul tahunan para pecinta Apple II.

Riviera menggunakan mencampurkan bahan-bahan kimia rahasia untuk mengusir noda membandel di komputer lawas tersebut. Seperti dilansir Cult of Mac, dia menggunakan hidrogen peroksida, tumbuhan arrowroot, dan OxiClean, penghilang noda pakaian dan alat rumah tangga lainnya.

Dalam membersihkan Apple II, Riviera mencopot satu demi satu semua bagian dari komputer tersebut. Selanjutnya, dia mulai membersihkannya di luar ruangan di bawah sinar matahari dengan menggunakan campuran kimia yang sudah dibuatnya tadi.

Hasilnya seperti bisa kamu lihat dalam gambar, komputer Apple II yang dirilis Apple pada tahun 1977 silam tersebut memiliki tampilan bodi putih dan bersih tampak seperti keluar kali pertama diluncurkan.


Baca juga:


Teknik yang dipelajari Riviera untuk mengusir noda yang sulit dibersihkan sendiri dikenal dengan sebutan Retrobrigth (Retr0brigth). Teknik dengan menggunakan bahan hidrogen peroksida ini diciptakan oleh seorang ahli kimia asal Inggris pada tahun 2008.

Buat yang ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana Riviera menciptakan bahan-bahan untuk membersihkan noda membandel di Apple II dan perangkat lainnya, kamu bisa kamu membacanya di tautan ini.

[source site_name = “Cult of Mac” site_url = “http://www.cultofmac.com/439119/this-guy-makes-badly-aged-apple-computers-sparkle-again/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest