Follow Us

5 Hal Istimewa di iPhone yang Bisa Membuat Pengguna Android Gigit Jari

Lisa - Minggu, 28 Agustus 2016 | 17:03
5 Hal Istimewa di iPhone yang Bisa Membuat Pengguna Android Gigit Jari

Apple menciptakan iPhone dan beragam perangkat Apple lainnya dengan desain terbaik, sistem operasi yang terus ditingkatkan dan beragam keistimewaan lain. Tidak jarang hal tersebut membuat pengguna Android iri alias gigit jari. Berikut ini beberapa fakta umum mengenai fitur dan kelebihan iPhone yang bisa membuat pengguna Android ingin beralih:

1. Aplikasi di iOS Hadir Duluan

Masih ingat saat Instagram hanya hadir sebagai aplikasi eksklusif untuk iOS, selama beberapa tahun awal? Ya, hal ini masih terus terjadi untuk beberapa aplikasi pihak ketiga. Para pengembang aplikasi nampaknya lebih senang untuk memulai debutnya di ranah iOS karena beberapa hal, salah satunya adalah prospek pendapatan yang lebih menjanjikan di App Store.

Catatan lainnya adalah kemudahan pengembangan aplikasi di iOS – terutama masalah screen size dan layout. Contohnya untuk iPhone, para pengembang aplikasi tidak perlu membuat banyak cetak biru dari ukuran aplikasinya. Apple hanya punya beberapa ukuran layar untuk iPhone dan iPad sehingga para pengembang aplikasi bisa berfokus pada konten mereka, bukan membuat layout dalam beragam ukuran diagonal layar.

Menurut hasil penelitian dari Infinium, agensi yang bergerak pada bidang design and development, rata-rata aplikasi Android membutuhkan waktu pengerjaan 28% lebih banyak daripada iOS. Hal tersebut bisa terjadi karena sebuah fungsi memerlukan 38% barisan kode yang lebih banyak.

2. Update Sistem Operasi, Langsung untuk Semuanya

Apple selalu merilis update iOS secara langsung, tersedia untuk semua jenis perangkat yang mendukung. Hal istimewa ini bisa terjadi karena Apple memegang kendali penuh untuk sistem operasi buatannya, tidak ada gangguan atau interupsi dari layanan pendukung seperti operator selular atau perangkat mobile devices tersebut. Tentu saja, karena Apple sendiri yang membuat semua perangkat iOS.

Karena ekosistem yang diciptakan Apple untuk semua perangkat iOS sekaligus sistem operasi, setiap celah keamanan atau masalah yang ditemukan dapat segera ditutup. Bukankah keamanan adalah salah satu hal paling utama dari sebuah ponsel pintar yang menjadi dambaan semua orang? Apple berhasil membuktikan hal tersebut sejak awal.

Baca Juga:

3. Cara Penggunaan Mudah, Contohnya Spotlight

Sistem operasi iOS dibuat sangat mudah dan ramah untuk semua kalangan pengguna. Salah satu fitur favorit yang pastinya sering kamu gunakan di iPhone atau iPad adalah Spotlight. Mode pencarian yang bisa diakses dengan cara swipe dari atas ke bawah pada tampilan Homescreen, punya beragam fitur yang memudahkan penggunaan harian.

Sebut saja mencari aplikasi yang sudah kamu instal, kontak, pesan, nama dokumen di iCloud Drive, judul buku di iBooks, musik di Apple Music atau bahkan menghubungkan kamu dengan pencarian di peramban web. Bahkan saya pribadi sering sekali mengandalkan Spotlight untuk melakukan perhitungan sederhana sebagai pengganti aplikasi Calculator atau bahkan mengecek kurs mata uang.

4. TouchID, Standar Keamanan dari Apple

Jika kamu lihat pada laman Apple Store di tahun 2016, semua perangkat iPhone dan iPad sudah dibekali standar sistem keamanan yang sama – TouchID. Yaitu fitur keamanan dengan akses sidik jari yang didaftarkan, terintegrasi pada home button dan tidak dapat diganti oleh part dari perangkat lain.

Kini semua lini iPad dan juga iPhone terbaru sudah dibekali TouchID untuk menjamin kemudahan dan keamanan dalam penggunan. Bahkan beberapa pengembang aplikasi pihak ketiga telah membuat aplikasi di komputer Mac yang dapat menghubungkan TouchID pada iPhone sebagai pembuka kuncian di komputer Mac – MacID salah satunya.

Baca Juga:

Editor : Lisa

Latest