Follow Us

(Video) Kumpulan Tes Ekstrim Ketahanan iPhone 7

Andri Alfansyah - Sabtu, 17 September 2016 | 10:53
(Video) Kumpulan Tes Ekstrim Ketahanan iPhone 7

Selain melakukan unboxing sebelum atau sesudah peluncuran iPhone generasi terbaru, kegiatan rutin setiap tahunannya yang banyak dilakukan pengguna adalah melakukan tes ketahanan bodinya.

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang hari Jumat kemarin resmi diluncurkan Apple juga tidak luput dari berbagai pengujian ketahanan, mulai dari yang ringan dan biasa hingga yang paling ekstrim sekalipun.

Bebeberapa pengujian yang paling sering dilakukan adalah pengujian anti gores dan bengkok. Seperti yang sudah dilakukan YouTuber bernama JerryRigEverything yang menguji ketahanan varian model iPhone 7 Black.

Dalam pengujian anti gores, sang YouTuber menggunakan alat pencungkil yang dinamakan skala kekerasan mineral Mohs untuk mengetahui di level berapa lapisan kaca layar milik iPhone 7 tahan terhadap goresan skala tersebut.

Hasilnya yang didapatkan cukup bagus. Dari level 1–9, layar iPhone 7 bisa tergores di level 6 yang merupakan level rata-rata layar smartphone bisa tergores. Dengan kata lain, benda-benda tajam seperti uang koin atau kunci tidak akan mampu menggores layar iPhone anyar tersebut.

JerryRigEverything juga melakukan menguji ketahanan goresan keseluruhan bagian dari iPhone 7, seperti earpiece, bodi metal belakang, lapisan kaca kamera, lampu kilat, tombol volume, dan antena jaringan.

Selain itu, layar iPhone 7 kemudian dibakar dengan korek api dan piksel pun menjadi hitam. Namun hasilnya sungguh mengesankan. Layar iPhone 7 bisa kembali normal dalam waktu singkat. Bandingkan dengan layar AMOLED buatan Samsung yang disebutkan bakal berubah putih dan mati jika dibakar.

Terakhir, JerryRigEverything melakukan tes bengkok terhadap iPhone 7 yang punya fitur tahan air tersebut. Nah apakah iPhone baru ini mampu tahan dibengkokan atau malah sebaliknya? Simak video selengkapnya di bawah ini:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Berikutnya, akun EverythingApplePro mengkomparasikan uji jatuh iPhone 7 dengan iPhone 6s dari berbagai sisi dan ketinggian satu hingga tiga meter lebih. Hasilnya sangat mengesankan buat iPhone 7. Setelah berkali-kali dijatuhkan dari berbagai ketinggian, layar iPhone 7 tampak masih berfungsi ketimbang iPhone pendahulunya tersebut.

Editor : MakeMac

Latest