Follow Us

Cara Membuat Bootable Installer macOS Sierra di USB Flash Drive

Bagus Hernawan - Rabu, 21 September 2016 | 11:44
Cara Membuat Bootable Installer macOS Sierra di USB Flash Drive

Apple hari ini resmi merilis macOS Sierra bagi pengguna umum. Kamu dapat melakukan update instal dengan cara mengunduh macOS Sierra dari laman Mac App Store atau buat bootable installer terlebih dahulu dan gunakan sebagai cara untuk clean instal sebuah komputer Mac. Bagaimana cara membuat bootable installer macOS Sierra? Apa saja fungsi bootable installer? Yuk kita bahas!

Mengenal Bootable Installer

Semenjak OS X Lion, Apple sudah tidak mendistribusikan sistem operasi Mac dengan bentuk DVD. Kamu bisa mengunduh installer dari sistem operasi untuk komputer Mac di Mac App Store dan mengubahnya menjadi bootable installer yang bekerja seperti DVD berisi sistem operasi OS X, namun dalam bentuk Flash Drive.

Selain berfungsi untuk melakukan update instal atau clean instal, bootable installer juga dapat digunakan untuk menghapus partisi dari komputer Mac dan instal macOS Sierra dari awal. Data dan aplikasi hilang, semuanya bersih seperti komputer yang baru pertama kali digunakan.

Persiapan Membuat Bootable Installer

  1. Gunakan Flash Drive dengan kapasitas 8GB atau lebih.
  2. Lakukan Erase untuk data yang ada di Flash Drive lewat Disk Utility dengan pengaturan Format: OS X Entended (Journaled). Gunakan nama partisi yang mudah kamu ketik karena hal ini berpengaruh pada pembahasa tutorial berikutnya.
  3. Download macOS Sierra dari Mac App Store dan pastikan kamu dapat menemukan file Instal macOS Sierra di folder Application dengan ukuran 4.78 GB.

Cara Membuat Bootable Installer: via Terminal

Apple memberikan fitur createinstallmedia di setiap installer OS X. Kamu dapat menggunakan command di Terminal untuk menjalankan fitur tersebut dan menyalin versi bootable ke Flash Drive. Berikut ini perintah dasarnya:

createinstallmedia –volume volumepath –applicationpath installerpath
Jika kamu menggunakan nama Flash Drive ‘makemac’ dan dokumen Instal macOS Sierra ada di folder Application, silahkan copy dan paste perintah ini di kolom Terminal:

sudo /Applications/Install\ macOS\ Sierra.app/Contents/Resources/createinstallmedia –volume /Volumes/makemac –applicationpath /Applications/Install\ macOS\ Sierra.app 
Terminal akan meminta kamu mengetikkan password akun komputer Mac dan silahkan tekan Y untuk persetujuan di perintah berikutnya. Proses akan berjalan dengan tanda persentase di bagian bawah dan kamu hanya perlu menunggu saja. Jika sudah selesai, Flash Drive yang tadinya menggunakan nama makemac akan berganti menjadi Install macOS Sierra.

Untuk mengetes apakah bootable installer kamu sudah dapat digunakan, silahkan Restart komputr Mac dengan Flash Drive yang masih terhubung lalu tekan dan tahan tombol Option. Apakah Flash Drive kamu terdeteksi di tampilan ini? Jika iya, berarti sudah berhasil ya!


Baca Juga:

Cara Kedua, Lebih Mudah dan Singkat

Tidak ingin repot dengan perintah di Terminal? Gunakan saja aplikasi Install Disk Creator dari macdaddy. Tinggal unduh macOS Sierra dari Mac App Store, siapkan Flash Drive dan gunakan aplikasi tersebut.

Dari tampan aplikasi Instal Disk Creator, pilih partisi Flash Drive tadi dan file macOS Sierra. Akhiri dengan menekan tombol Create Installer di bagian bawah. Selesai, tunggu proses beres dan sekarang kamu sudah mendapatkan sebuah Flash Drive dengan bootable installer macOS Sierra.

Catatan

Pastikan kamu sudah melakukan backup untuk semua data pribadi sebelum update ke macOS Sierra. Gunakan Time Machine atau backup secara manual jika diperlukan.

Sudah update macOS Sierra? Fitur apa saja yang paling menarik? Bagikan di kolom komentar ya!


Apple Resmi Merilis macOS Sierra untuk Pengguna Umum


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest