Follow Us

Apple Menemukan 1000 Review Palsu dan 2 Akun Pengembang Aplikasi Dash

Bagus Hernawan - Selasa, 11 Oktober 2016 | 11:06
Apple Menemukan 1000 Review Palsu dan 2 Akun Pengembang Aplikasi Dash

Masih ingat berita minggu lalu mengenai aplikasi Dash yang dicabut oleh Apple karena dugaan manipulasi review? Berita terbarunya hadir hari ini dari juru bicara Apple, yang mengirim catatan kepada iMore dan The Loop. Apple mengklaim telah menemukan 1.000 review palsu dalam 2 akun milik pengembang Dash dan terbagi pada 25 aplikasi.

“Almost 1,000 fraudulent reviews were detected across two accounts and 25 apps for this developer so we removed their apps and accounts from the App Store,”

Apple juga kabarnya sudah memberikan peringatan pada pengembang aplikasi Dash untuk hal ini. Namun tidak ada respon positif atau niat baik untuk menghentikan kecurangan tersebut. Akhirnya Apple mengambil jalan untuk menutup akun tim pengembang Kapeli agar masalah tidak bertambah besar mulai minggu lalu.

Di sisi lain, tim pengembang Kapeli baru saja merilis catatan baru di blog mereka. Ternyata beberapa tahun lalu mereka pernah membantu pengembang lain untuk mendaftar di Apple Developer menggunakan kartu kredit miliknya. Hal ini membuat kedua akun (milik pengembang Kapeli dan orang tersebut) saling terkait. Dugaan terbesar saat ini adalah proses kecurangan dilakukan oleh akun kedua dan membuat akun pengembang Kapeli menjadi korbannya.

What I’ve done: 3–4 years ago I helped a relative get started by paying for her Apple’s Developer Program Membership using my credit card. I also handed her test hardware that I no longer needed. From then on those accounts were linked in the eyes of Apple.Once that account was involved with review manipulation, my account was closed.


Baca Juga:

Bogdan Popescu, CEO dari Kapeli masih terus menghubungi Apple untuk masalah ini. Bahkan dia sempat merekam pembicaraan terakhir yang dilakukan pada hari Sabtu, 8 Oktober 2016. Apple meminta tim pengembang Kapeli menuliskan catatan di blog mereka untuk mengembalikan akunnya. Serta keterangan tambahan bahwa Apple tidak pernah menghubungi mereka sebelumnya tentang peringatan manipulasi review – peringatan tidak sampai ke tim pengembang Kapeli tetapi ke akun lainnya. Kamu dapat mendegar rekaman panggilan telpon tersebut di halaman blog berikut ini.

Menurut laman The Loop, langkah ini diambil Apple bukan karena sebuah masalah saja. Kabarnya peringatan pertama sudah diberikan Apple semenjak 2 tahun lalu tapi tidak ada respon baik. Hingga akhirnya pengembang Kapeli secara kebetulan ingin melakukan migrasi akun dari personal ke tipe perusahaan yang membuat Apple akhirnya mengambil tindakan. Semoga masih ada jalan agar Dash dapat kembali tersedia di App Store – meskipun kemungkinan untuk hal ini sangat kecil mengingat peraturan dari Apple yang tegas.


Halaman Sistem Berlangganan di App Store Tampilkan Wajah Baru

[source site_name = “iMore” site_url = “http://www.imore.com/whats-happening-dash-and-app-store”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest