Follow Us

Adaptor USB-C-HDMI Dikeluhkan Bikin Layar MacBook 12 Inci 2016 “Berkedip”

Andri Alfansyah - Jumat, 21 Oktober 2016 | 14:34
Adaptor USB-C-HDMI Dikeluhkan Bikin Layar MacBook 12 Inci 2016 “Berkedip”

Beberapa pengguna mengeluhkan di forum diskusi Apple adanya permasalahan baru dan mengesalkan yang menimpa MacBook dengan layar Retina 12 inci keluaran 2016 miliknya.

Layar MacBook dengan desain tipis tersebut berkedip-kedip kala pengguna mengkoneksikannya ke layar eksternal dengan menggunakan adaptor USB-C Digital AV Multiport-HDMI resmi dari Apple.

Dalam keluhannya seperti diberitakan Apple Insider, pengguna mengatakan isu layar berkedip tersebut itu terjadi pada MacBook 12 inci yang menjalankan dua sistem operasi yaitu macOS Sierra dan Windows.

Kedipan layar MacBook bahkan semakin sering terjadi manakala si pengguna menyalakannya dari mode Sleep. Jumlah kedipan disebutkan bisa terjadi antara 2–3 kali, bahkan lebih dari itu.

Anehnya, isu ini tampaknya hanya terjadi pada jajaran MacBook 12 inci yang baru keluaran 2016. Pasalnya, isu serupa dilaporkan tidak ditemukan di MacBook 12 inci yang sama edisi tahun 2015.

Seorang pengguna dengan nama akun marinerblue mengatakan dia memiliki solusi untuk isu berkedip di MacBook 12 inci miliknya. Caranya adalah dengan membersihkan port USB-C di MacBook itu dengan alat peniup sesudah menggunakannya.

Sedangkan sebagian pengguna yang lain dilaporkan masih menemukan isu kedipan yang sama menimpa MacBook 12 inci miliknya. Malahan menggunakan, adaptor pihak ketiga permasalahan tidak kunjung beres.


Baca juga:


Dispekulasikan, isu kedipan tersebut muncul disebabkan hardware MacBook itu sendiri mengingat laptop tersebut hanya dilengkapi satu port dengan fungsi ganda, yaitu buat isi baterai transfer data.

Sedangkan adaptor USB-C Digital AV Multiport resmi yang dibanderol dengan harga$79 mendukung tiga output yaitu HDMI, USB-A, dan USB-C yang rencananya juga bakal diadopsi di MacBook Pro generasi baru.

Hingga kabar ini diturunkan, Apple belum mengeluarkan pernyataan resminya. Tidak diketahui apakah isu ini berkaitan dengan hardware ataupun software. Buat pemilik MacBook 12 inci, apakah kamu menemukan isu yang sama ketika dikoneksikan dengan layar eksternal via adaptor USB-C ke HDMI?

[source site_name = “Apple Insider” site_url = “http://appleinsider.com/articles/16/10/20/owners-of-apples-2016-12-inch-macbook-report-usb-c-to-hdmi-adapter-flickering”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest