Follow Us

Mengenal Teknologi Thunderbolt 3 di MacBook Pro Baru

Bagus Hernawan - Jumat, 28 Oktober 2016 | 05:20
Mengenal Teknologi Thunderbolt 3 di MacBook Pro Baru

Di MacBook Pro generasi terbaru yang dikenalkan pada Apple Event ‘Hello Again’, ada sebuah perubahan yang sangat menarik. Yaitu Apple mencabut semua port USB lama (dikenal dengan nama USB-A) dan mengganti dengan Thunderbolt 3. Apa sih hal menarik yang ada di Thunderbolt 3? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

Mengenal Thunderbolt 3

Thunderbolt 3 hadir menggantikan port USB di MacBook Pro 2016 dengan banyak kelebihan. Mulai dari bandwidth atau kecepatan transfer yang lebih tinggi, sangat fleksibel dan bersifat universal. Colokan ini punya 3 kemampuan berbeda baik sebagai input atau output ya. Mulai dari transfer data, charging dan juga video output alias menghubungkan MacBook Pro ke monitor eksternal. Berbeda dengan dua versi Thunderbolt sebelumnya, Thunderbolt 3 menggunakan bentuk colokan dari teknologi USB-C.

Apa Kelebihannya?

Kecepatan. Ya, Thunderbolt 3 diklaim punya kecepatan transfer data hingga 40Gbps alias 2x lipat dibandingkan generasi sebelumnya dan 4x lipat jika dibandingkan USB 3.1. Karena kecepatan dan bandwidth yang tinggi, Thunderbolt 3 juga dapat membantu kamu menghubungkan MacBook Pro ke monitor eksternal dengan resolusi 4K (hingga 4 monitor) atau 5K sekalipun.

Apple memberi catatan bahwa MacBook Pro 15 inci memiliki sepasang Thunderbolt controllers, pengguna dapat menghubungkan 2 monitor dengan resolusi 5K dan mendapatkan resolusi terbaik untuk pekerjaan mengedit foto serta video. Metode daisy-chain atau menyambung sebuah perangkat MacBook Pro dengan Thunderbolt 3 ke perangkat lain dan seterusnya juga dapat dilakukan hingga 6 rantai tanpa aksesoris hub atau switch.

Manajemen Daya Listrik

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, Thunderbolt 3 bersifat universal port dan memiliki manajemen sumber daya listrik yang sesuai dengan kebutuhan perangkat yang digunakan. Kamu dapat menggunakan salah satu dari 4 port Thunderbolt 3 yang ada di MacBook Pro untuk memberikan daya hingga 100W ke monitor eksternal misalnya. Sedangkan port lainnya dapat digunakan untuk mengisi baterai pada perangkat iOS.

Gunakan Adapter

Karena Apple hanya memberikan Thunderbolt 3 di port eksternal, kamu harus menyiapkan budget tambahan untuk membeli adapter jika ingin menikmat akses dari port jenis lain. Bisa gunakan USB-C Digital AV Multiport Adapter yang dirilis tahun lalu bersama MacBook 12 inci atau adapter lain yang menggunakan konektor dari USB-C ya.

Pendapat Kamu?

Apple akhirnya berani menghapus port USB lama dan menggantinya dengan 4 port Thunderbolt 3 untuk memberikan bentuk lebih tipis namun kecepatan transfer data yang berlipat serta kemampuan multifungsi. Siap atau tidak, teknologi ini akan segera populer dan USB mode lama yang biasanya hanya digunakan untuk menyimpan data, pastinya akan segera ditinggalkan.

Bagaimana pendapat kamu mengenai Thunderbolt 3? Siap beralih ke teknologi baru tersebut?


Revolusi MacBook Pro Terbaru: Fitur Touch Bar, Touch ID , Desain Ekstra Tipis dan Ringan

[source site_name = “Apple” site_url = “http://www.apple.com/thunderbolt/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest