Follow Us

Review Mega Man Mobile, Nostalgia Games Robot Penyelamat Bumi

Bagus Hernawan - Kamis, 05 Januari 2017 | 17:48
Review Mega Man Mobile, Nostalgia Games Robot Penyelamat Bumi

Capcom akhirnya menepat janji untuk merilis games Mega Man Mobile bagi kamu pengguna perangkat iOS. Games dengan genre platformer ini akan mengajak kamu nostalgia di jaman NES dengan beberapa penyesuaian cara bermain. Dari 6 seri yang tersedia, tim MakeMac memilih Mega Man Mobile pertama dan ingin berbagi reviewnya bersama Sahabat MakeMac lain. Yuk simak:

Mengenal Mega Man Mobile

Jalan cerita Mega Man sebetulnya cukup sederhana saja. Yaitu di tahun 2000-an, ada 6 robor yang dibuat oleh Dr. Light telah dirusak oleh penjahat bernama Dr. Wily dan menjadi mesin perusak dunia. Hanya tersisa sebuah robot yang dapat menghentikan semua hal ini dan diberi nama Mega Man.

Tugas kamu sebagai Mega Man adalah melewati setiap rintangan dalam level permainan, mengalahkan musuh dan mengambil senjata dari untuk melawan mereka di sepanjang permainan. Sebagai catatan, ada 2 mode permainan yang diberikan yaitu Normal Mode dan juga Hard Mode yang menggunakan batasan Checkpoints serta nyawa.

Bermain Mega Man Mobile

Setelah mengunduh Mega Man Mobile di perangkat iOS, kamu akan disambut dengan tampilan awal seperti gambar di atas. Joypad virtua di sebelah kanan dan kiri dan mode memilih menu yang tersedia. Masuk ke bagian Option untuk melakukan beberapa pengaturan seperti Sound, Attach, Speed dan juga konfigurasi tombol jika diperlukan ya. Setelah memilih Normal Mode atau Hard Mode, silahkan pilih salah satu dari 6 stage atau bos yang harus kamu hadapi di games Mega Man Mobile.

Seperti pada games platformer lainnya, kamu akan menghadapi beberapa rintangan serta musuh yang terus bergerak atau menembak. Kegiatan seperti naik turun tangga atau trik menghindari musuh dengan cara menghapal pola gerakan adalah hal yang banyak kamu lakukan di Mega Man Mobile. Sistem nyawa di games ini ditentukan dengan barisan warna putih di sebelah kiri bawah layar. Jika bagian ini habis, karakter kamu akan dinyatakan mati dan bisa mengulang dari checkpoint terdekat. Nah inilah yang membedakan Normal dan Hard Mode yaitu batasan mengulang dan juga jarak checkpoint yang dapat kamu gunakan. Bicara suara latar belakang di games Mega Man Mobile, suara yang hadir terkesan cukup kaku ya dan monoton ya. Maklum saja games lawas ini dibuat pertama kali pada tahun 1987 untuk perangkat NES yang sangat sederhana.

Mencuri Senjata Musuh

Setiap kamu berhasil menyelesaikan salah satu Stage dan mengalahkan Boss di level tersebut, itu artinya ada senjata baru yang bisa kamu gunakan di Stage berikutnya. Yaitu dengan cara menekan ikon Mega Man di deretan Joypad sebelah kanan untuk menggantinya. Cara menggunakan senjata tambahan ini juga bermacam-macam. Misalkan mengalahkan musuh di tempat yang sulit dicapai dengan boomerang, armor yang lebih kuat atau beragam hal lainnya


Baca Juga:


Nostalgia yang Cukup Membosankan

Karena saya hanya mengenal games Mega Man X di perangkat PlayStation saat kecil, tentunya Mega Man dengan versi lebih jadul ini jauh dari bayangan. Suara yang kaku, kendali yang sulit dan grafis yang terkesan sangat lama adalah beberapa ciri khas dari games tersebut. Tetapi semuanya bisa menjadi contoh games yang apik untuk sesi nostalgia jika kamu pernah memainkan games yang sama sekitar 20 tahun lalu.

Bicara mengenai kendali, tentunya semua games yang mengalami porting memiliki penilaian cukup penting di bagian ini. Bagi saya pribadi, perlu sedikit adaptasi untuk bermain Mega Man Mobile dengan tombol yang diberikan. Namun setelah bermain cukup lama dan menikmatinya, games ini bisa menjadi pengisi waktu luang yang cukup diminati.

Berminat mencoba Mega Man Mobile di perangkat iOS? Pastikan kamu menggunakan iPhone atau iPad yang masuk dalam dukungan. Yaitu minimal iPhone 5, iPad 4, iPad Mini 2 dan iPod Touch generasi 6. Gunakan tautan di bawah ini untuk akses cepat mengunduh semua seri Mega Man Mobile ya!

Download MEGA MAN MOBILE · Harga: 29000

Download MEGA MAN 2 MOBILE · Harga: 29000

Editor : Bagus Hernawan

Latest