Follow Us

10 Fitur Terbaik di Line, Tidak Ada di WhatsApp!

Bagus Hernawan - Senin, 27 Februari 2017 | 17:45
10 Fitur Terbaik di Line, Tidak Ada di WhatsApp!

Line Messenger dan WhatsApp, keduanya menggunakan warna hijau sebagai ikon aplikasi chat favorit di Indonesia. Keduanya punya beberapa fitur unggulan dan sebagian fitur di Line, tidak ada di WhatsApp.

Kali ini tim MakeMac akan berbagi daftar fitur terbaik di Line yang tidak ada di WhatsApp. Batasan yang saya buat di daftar ini adalah membandingkan fungsi Line dengan WhatsApp, sebagai aplikasi chat dan pengaturannya, saya tidak membahas fitur Line sebagai sosial media seperti keberadaan Line@ dan juga Timeline. Berikut ini daftarnya:

Fitur Terbaik di Line, Tidak Ada Di WhatsApp

10. Mengunci Aplikasi dengan Passcode Lock

Pastinya kamu tahu, Apple tidak memberikan fitur mengunci aplikasi yang bisa kamu pilih dengan Passcode Lock atau Touch ID. Setiap pengembang pihak ketiga harus menambahkan fitur ini sendiri di aplikasi mereka dan membuat integrasi ke sistem iOS.

Line peduli terhadap keamanan dan privasi dari pengguna, dengan cara memberikan fitur Passcode Lock. Silahkan aktifkan mode ini dari tab paling kanan bawah (ikon ) – ikon Gir – Privacy – Passcode Lock. Masukkan 4 digit Passcode Lock yang ingin kamu gunakan, aktifkan juga fitur Touch ID jika kamu menggunakan iPhone 5s atau yang lebih baru. Kini setiap kamu keluar dari Line dan ingin masuk lagi, ada tampilan untuk memasukkan Passcode Lock atau Touch ID.

9. Login di iPad dan Komputer Secara Mandiri

WhatsApp hanya dapat diinstal di iPhone, tidak mendukung iPad dan hanya mendukung komputer Mac dengan konsep pairing di WhatsApp Web. Sedangkan untuk Line, kamu bisa membuat akun baru dari perangkat iPad lewat data alamat email saja.

Sedangkan untuk pengguna komputer Mac, kamu bisa login dengan 3 pilihan cara. Mengunakan Phone Number Login, alamat email atau QR Code Login. Silahkan baca panduan lengkap mengenai cara membuat akun Line di halaman Line Help ini ya.


Baca Juga:


8. Pengaturan Tema

Salah satu fitur yang membuat beberapa pengguna usia muda lebih menyukai Line daripada WhatsApp adalah mode kustomisasi tema. Kamu dapat memilih tampilan aplikasi Line dengan beragam warna, desain dan juga karakter dari film atau hal lainnya. Tampilan tema ini meliputi gambar latar belakang, ikon dan juga tombol ya. Sedangkan untuk font tetap hadir secara normal supaya tidak mengganggu konsistensi desain dan mudah dibaca.

Bagaimana cara mengganti tema di Line? Silahkan masuk ke tab – ikon Gir – Themes. Sedangkan untuk mengunduh tema dari Themes Shop, silakan kembali masuk ke tab – Theme Shop. Pilih tab berdasarkan Ranking, Tema Baru atau Tema Gratis. Bagi kamu yang belum tahu Line menggunakan sistem pembayaran berupa Line Coin yang bisa dibeli lewat in-app purchases. Satuan yang digunakan adalah 50 Line Coin untuk $0.99 dan seterusnya.

7. Album Foto dan Notes untuk Setiap Chat

Masuk pada mode Chats, kamu punya fitur Album Foto dan Notes untuk digunakan pada setiap chat personal atau sebuah chat dalam grup. Fitur ini berguna untuk menyimpan semua foto, video atau catatan yang kamu terima atau kamu bagikan. Dengan mode ini, kamu tidak perlu repot lagi mencari foto atau catatan penting, karena sudah dikelompokkan sesuai kebutuhan.

Fitur ini paling bermanfaat untuk mode grup pesan. Yaitu saat beberapa anggota grup mengirimkan foto, salah satu pengguna lain bisa membuat Album Foto untuk merangkum semuanya dalam sebuah album. Menarik ya!

6. Line Keep

Line Keep adalah fitur menarik di Line yang dapat kamu gunakan untuk menyimpan pesan, gambar atau konten lainnya dan diakses lewat daftar profile. Cara menggunakan fitur ini juga sangat mudah, tinggal tekan dan tahan balok teks atau dokumen gambar yang kamu terima dari teman atau dalam grup pesan. Setelah itu tekan Keep dan tampilan aplikasi akan menuntun kamu untuk menyimpan konten tersebut. Untuk kembali mengakses bagian ini, silahkan masuk ke tab Profile, pilih profil kamu di bagian paling atas lalu pilih Keep.

Editor : Bagus Hernawan

Latest