Follow Us

(Rumor) Setelah Mobil Listrik, Apple Tertarik Kembangkan Bisnis Satelit

Andri Alfansyah - Selasa, 25 April 2017 | 17:15
(Rumor) Setelah Mobil Listrik, Apple Tertarik Kembangkan Bisnis Satelit

Sebagai perusahaan yang punya uang kas lebih dari $200 milyar, bukan mustahil bagi Apple untuk menjajaki bisnis yang baru. Selain proyek mobil listrik, pencipta iPhone itu dikabarkan juga tertarik untuk terjun ke bisnis satelit.

Hal tersebut diketahui dari dua mantan pegawai Google yang direkrut Apple belum lama. Dilansir Bloomberg, Apple sudah merekrut sejumlah mantan pegawai Google, yaitu mantan Head of Spacecraft Operations di Google, John Frenwick dan Head of Satellite Engineering Michael Trela.

Frenwick dan Trela yang bergabung dengan Alphabet/Google pada tahun 2014 lalu dilaporkan bakal dimasukkan ke dalam tim hardware yang baru saja dibentuk Apple. Tim tersebut dipimpin oleh mantan pendiri Dropcam Greg Duffy, yang juga belum lama ini direkrut Apple.

Perusahaan yang didirikan Duffy sendiri sudah diakuisisi Nest (sekarang milik Alphabet/Google) pada 2015 lalu. Tidak lama berselang dia memutuskan hengkang dari Nest. Namun tidak diketahui dengan jelas apa posisi yang diberikan Apple untuknya.

Meski begitu melihat latar belakang Frenwick dan Trela dalam dunia satelit, Apple disinyalir tertarik untuk mengembangkan teknologi satelit buat mengumpulkan citra dan satelit buat komunikasi.

Sebelum bergabung dengan Google dan Apple, Fenwick dan Trela tercatat pernah mendirikan startup satelit citra bernama Skybox Imaging di tahun 2009. Perusahaan tersebut kemudian diakusisi Google senilai $500 juta di tahun 2014. Lantas, baru-baru ini dijual ke Planet Labs.


Baca juga:


Bukti lain ketertarikan Apple untuk mengembangkan teknologi satelit adalah mereka sudah kabarnya sudah mengadakan pembicaraan dengan Boeing proyek internet berbasis satelit low-orbit. Apple diminta untuk menjadi salah satu investor proyek tersebut.

Entah benar atau tidaknya Apple tertarik untuk terjun ke bisnis satelit seperti yang dilakukan Tesla dengan proyek SpaceX atau Google dengan proyek Fidelity miliknya, hanya waktu yang bakal membuktikannya.

[source site_name = “Bloomberg” site_url = “https://www.bloomberg.com/news/articles/2017-04-21/apple-hires-top-google-satellite-executives-for-new-hardware-team”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest