Follow Us

Apple Bakal Akuisisi Netflix, Walt Disney, dan Tesla?

Andri Alfansyah - Senin, 08 Mei 2017 | 12:32
Apple Bakal Akuisisi Netflix, Walt Disney, dan Tesla?

Sebagai perusahaan teknologi yang punya mayoritas uang tunai sangat banyak disimpan di luar negeri mencapai lebih dari $250 milyar, Apple diprediksikan bakal menggunakannya untuk membeli sejumlah perusahaan besar.

Seperti dilansir dari Reuters, analis dari Citigroup Jim Suva merilis daftar tujuh perusahaan yang potensial untuk diakuisisi dan dimerger oleh Apple. Yaitu, Netflix, Walt Disney, dan Tesla, Activision Blizzard, Electronic Arts, dan Take Two Interactive Software.

Suva mengatakan target akuisisi terhadap perusahaan besar tersebut disaring berdasarkan lima kriteria, yaitu kelayakan strategis, skala global, ukuran transaksi, beberapa aset non-strategis, dan dampak pada harga saham Apple.

Prediksi tersebut hadir bukan tanpa alasan. Pasalnya, pemerintahan adminitrastif AS Donald Trump bakal menawarkan pajak rendah bagi perusahaan-perusahaan, termasuk Apple, yang mau memulangkan uang tunai yang disimpan dari luar negeri.

“Since one of the new administration’s top priorities is to allow US companies to repatriate overseas cash at a lower tax rate, Apple may have a more acute need to put this cash to use,”

Presiden AS tersebut kabarnya bakal menawarkan pajak yang lebih rendah yaitu 10 persen dari sebelumnya sebesar 35 persen bagi perusahaan-perusahaan AS yang mau memulangkan uang tunainya di luar negeri. Apple diprediksikan bakal melakukan sesuatu untuk hal ini, seperti mengakuisisi perusahaan tadi.


Baca juga:


Meski bukan hal yang mustahil dilakukan, akuisisi terhadap sejumlah perusahaan besar perlu dikaji lagi karena setiap kasusnya tidak lulus pengujian dalam berbagai alasan. Apple menilai akuisisi bukan suatu desakan untuk mengejar pendapatan karena mereka hanya ingin membuat produk hebat.

Jadi kemungkinan soal akuisisi terhadap tujuh perusahaan besar oleh Apple sangat kecil sekali. Apalagi, analis dari Citigroup tersebut dilaporkan hanya mengantongi tiga dari lima bintang untuk rekomendasinya soal Apple.

[source site_name = “Reuters” site_url = “http://www.reuters.com/article/us-apple-research-idUSKBN1811LX”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest