Follow Us

Supplier Asal Jerman Ini Siap Pasok Motion Sensor buat iPhone Baru

Andri Alfansyah - Senin, 08 Mei 2017 | 13:52
Supplier Asal Jerman Ini Siap Pasok Motion Sensor buat iPhone Baru

InvenSense Inc., yang merupakan supplier utama yang memasok komponen motion sensor buat iPhone, dikabarkan bakal mengalami penurunan pendapatan menyusul Apple berencana memasok komponen tersebut juga dari perusahaan lain asal Jerman.

Seperti diwartakan Bloomberg, perusahaan teknologi bermarkas besar di Cupertino tersebut sudah menjalin kerja sama dengan Robert Bosch GmbH untuk memasok sebagian komponen motion sensor buat iPhone generasi baru.

Perusahan yang dikenal dengan nama Bosch dalam laporan itu disebutkan bakal memasok separuh komponen motion sensor dari total pesanan Apple untuk iPhone generasi berikutnya. Sedangkan sisanya masih bakal dipasok dari InvenSense Inc.

Jelas bagi InvenSense, kerja sama Apple dengan Bosch bakal mengurangi pendapatannya. Sebelum ini, perusahaan asal AS tersebut memasok sebanyak 60 persen komponen motion sensor.

Selain mendapatkan tantangan dari Bosch, InvenSense Inc. saat ini sedang dalam proses untuk diakuisisi. Mereka kabarnya bakal dijual ke perusahaan asal Jepang, TDK, sebesar $1,3 milyar.


Baca juga:


Meskipun masih menjadi supplier terbesar komponen motion sensor, CFO InvenSense Inc., Mark Dentinger, sempat mengkonfirmasi pada pertengahan tahun lalu bahwa perusahaan kini harus membagi produksi dengan perusahaan pesaingnya.

Memesan komponen dari dua supplier buat produk-produknya bukan rahasia lagi. Hal tersebut dilakukan Apple bukan saja untuk mendapatkan harga lebih murah, tapi juga untuk mengatasi rendahnya pasokan produksi.

Sebagai informasi, motion sensor terdiri dari sensor gyroscope dan accelerometer yang memungkinkan iPhone untuk mendeteksi beragam gerakan dan posisi perangkat ketika digunakan pengguna.

Kerja samanya dengan Bosch hadir menyusul Apple memutuskan untuk berhenti memasok komponen dari chip GPU dari Imagination Technologies dan chip modem LTE dari Qualcomm buat iPhone. Selanjutnya, mereka bakal mengadopsi teknologinya buatannya sendiri.

[source site_name = “Bloomberg” site_url = “https://www.bloomberg.com/news/articles/2017-05-04/bosch-said-to-win-some-iphone-orders-in-blow-to-invensense”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest