Follow Us

Apple Diragukan Tertarik Kuasai Netflix, Walt Disney, dan Tesla

Andri Alfansyah - Rabu, 10 Mei 2017 | 13:43
Apple Diragukan Tertarik Kuasai Netflix, Walt Disney, dan Tesla

Para analis dari perusahaan layanan keuangan UBS menanggapi spekulasi yang berkembang di dunia maya menyebutkan Apple bakal mengakuisisi sejumlah perusahaan besar, seperti Netflix, Walt Disney, dan Tesla.

Dalam catatan terbarunya kepada para investor seperti diperoleh Business Insider, analis Steven Milunovich dan Benjamin Wilson dari UBS mengatakan bahwa kemungkinan soal mega akuisisi tersebut cukup kecil.

“Our view is that the probability of mega-mergers is low as it should be,” wrote UBS analysts Steven Milunovich and Benjamin Wilson.

Dalam pandangannya, para analis tersebut mengatakan bahwa Apple bakal mengakusisi suatu perusahaan besar jika memang hal tersebut membawa sesuatu yang unik bagi mereka, sesuai dengan DNA perusahaan untuk berpikir beda.

Saat ini, akuisisi bukanlah hal yang menjadi minat Apple. Namun, ada sejumlah area yang lebih penting dikembangkan mereka, seperti transportasi, AR/VR, kesehatan, rumah pintar, dan konten.

“[Tim] Cook has said he is not averse to a large deal, but we think it would need to leapfrog Apple ahead in an area of interest, such as transportation, A/R, health, home automation, and perhaps content,” they wrote.

“Apple’s DNA is indeed to think different, to bring uniqueness to the table.”

Sebelumnya, beredar isu menyebutkan Apple bakal melakukan akuisisi terhadap beberapa perusahaan besar, seperti Netflix, Disney, dan Tesla. Mengingat, pencipta iPhone tersebut mengantongi jumlah uang kas yang sangat masif mencapai lebih dari $250 milyar. Hal tersebut diwacanakan sejumlah perusahaan keuangan terkemuka di dunia, seperti RBC Capital Markets dan Citigroup.


Baca juga:


Dengan uang kas sebanyak itu dan nilai kapitalisasinya yang hampir menembus $1 triliun, akuisisi terhadap beberapa perusahaan besar bukan sesuatu mustahil dilakukan Apple untuk memperkuat posisinya di dunia bisnis.

Jika Apple mengakuisis Netflix, hal ini bisa membantu Apple untuk bersaing secara lebih baik dengan Amazon dalam konten video. Tesla perlu diakuisisi Apple untuk mendukung rencananya untuk terjun ke industri otomotif. Serta Apple bakal tidak terkalahkan dalam dunia media dan teknologi jika menguasai Walt Disney.

Mesk begitu, akuisisi-akuisisi terhadap beberapa perusahaan besar tersebut tampaknya hanya merupakan wacana belaka. Apalagi, belum terlihat adanya tanda-tanda dari Apple bakal melakukannya.

[source site_name = “Business Insider” site_url = “http://uk.businessinsider.com/ubs-analysts-apple-mega-merger-2017-5”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest