Follow Us

Perangkat Apple Ini Siap Adopsi Layar Micro-LED Tahun Depan

Andri Alfansyah - Kamis, 08 Juni 2017 | 10:07
Perangkat Apple Ini Siap Adopsi Layar Micro-LED Tahun Depan

Perangkat wearable generasi berikutnya dari Apple dikabarkan bakal mengadopsi teknologi layar jenis baru dan lebih canggih dibandingkan dengan sebelumnya mulai tahun 2018 mendatang.

Sebagaimana diberitakan Nikkei Asian Review, Apple saat ini dalam proses uji coba untuk memproduksi teknologi layar Micro-LED yang siap dibenamkan di perangkat Apple Watch generasi baru secepatnya di tahun depan.

Dalam laporan itu, Apple disebutkan adalah satu-satunya perusahaan yang mampu mengembangkan teknologi layar Micro-LED dan menutupi tingginya biaya produksi yang disebabkan tingkat hasil yang rendah.

“Apple is working very hard to foster the micro-LED technology … the company could push the use of new display tech as early as next year,” said an executive with close knowledge of display technology.

“At this point, Apple is the only company who is able to roll out micro-LED, a technology that is still at an early stage of development, and cover the high costs incurred by the low yield rate,” the person said.

Pengembangan teknologi layar Micro-LED buat perangkat wearable oleh Apple hadir bukan tanpa memunculkan indikasi. Yaitu, Apple kemungkinan bakal meminimalisir ketergantungannya terhadap Samsung, yang merupakan supplier layar OLED dengan desain melengkung buat smartphone.


Baca juga:


Meski demikian, tidak diketahui secara pasti apakah teknologi layar Micro-LED yang juga bakal diadopsikan di iPhone masa depan. Namun untuk tahun ini, Apple berencana mengadopsi layar OLED buat iPhone 8.

Teknologi layar Micro-LED sebelumnya pernah dikabarkan bakal menyambangi perangkat Apple Watch tahun ini. Namun Apple tampaknya masih membutuhkan waktu lama untuk mengembangkannya hingga siap diadopsikan.

Adapun teknologi layar jenis baru ini berasal dari LuxVue Technology yang sudah diakuisisi Apple tiga tahun lalu. Beberapa tahun berlalu sejak akuisisi, perusahaan raksasa dari Cupertino sepertinya memang siap untuk menggunakan layar Micro-LED yang diklaim lebih terang dan hemat daya daripada layar OLED itu tahun depan.

[source site_name = “Nikkei Asian Review” site_url = “http://asia.nikkei.com/Business/Companies/Apple-plans-micro-LED-displays-for-wearables-sources?page=1”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest