Follow Us

Dibedah iFixit, Sejumlah Komponen iMac 21,5 Inci 2017 Bisa Diupgrade

Andri Alfansyah - Jumat, 09 Juni 2017 | 10:18
Dibedah iFixit, Sejumlah Komponen iMac 21,5 Inci 2017 Bisa Diupgrade

Model iMac 21,5 inci dengan layar Retina 4K generasi baru yang diumumkan Apple di WWDC awal minggu ini ternyata memberikan sejumlah kemudahan bagi pengguna untuk mengupgrade jeroan mesin yang ada di dalamnya.

Dalam pembedahan terbaru yang dilakukan iFixit, beberapa komponen yang iMac baru tersebut bisa diganti. Tidak hanya RAM, penggunanya juga mengganti chip prosesornya lantaran mengusung desain yang bisa dibongkar pasang (modular) sehingga menjadikannya komputer semi profesional.

Our teardown confirms that the new 21.5″ iMac with 4K Display has both removable RAM and a modular CPU. Of course, Apple would say neither is user-replaceable. Accessing and replacing these components isn’t exactly easy, but we’re saying it’s possible. Maybe even probable. A tinker-happy user (armed with the right tools and guide) could at least double the base 8 GB of memory, turning their new iMac with Retina Display into an iMac Semi-Pro.

Penggantian RAM dan chip prosesor di iMac baru tentunya kabar gembira bagi penggunanya. Namun demikian, iFixit dalam catatannya di atas mengatakan bahwa hal tersebut tidak lah gampang. Hanya saja bisa dimungkinkan.

iMac baru bukan model pertama yang RAM dan prosesornya bisa diganti. Model iMac keluaran 2013 juga memungkinkan pengguna mengganti RAM. Sementara prosesor yang bisa diupgrade dimiliki model iMac yang diluncurkan pada tahun 2012 lalu.

Selain penggantian RAM dan prosesor yang tak mudah, iMac baru juga mendapatkan nilai perbaikan yang cukup rendah. Dari sekala 1–10, komputer Mac tersebut mengantongi nilai 3 untuk kemudahan perbaikannya lantaran komponen-komponen berada di bawah layar dan membutuhkan alat khusus untuk membukanya.

Meski kurang mengesankan, nilai perbaikan iMac baru masih lebih baik dibandingkan dengan model iMac yang diluncurkan pada tahun 2015. Saat itu, iMac 2015 meraih nilai satu.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.


Baca juga:


Tidak hanya mengumumkan iMac 21,5 inci dengan layar Retina 4K, Apple juga juga mengumumkan kehadiran iMac Pro dengan spesifikasi kelas atas di WWDC lalu. Namun tidak seperti model-model iMac baru lainnya, iMac Pro yang bakal diluncurkan akhir tahun ini tidak bisa diganti RAM.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest