Follow Us

Apple Wajibkan Keamanan Two-Factor Authentication di iOS 11 dan macOS High Sierra

Bagus Hernawan - Selasa, 13 Juni 2017 | 10:43
Apple Wajibkan Keamanan Two-Factor Authentication di iOS 11 dan macOS High Sierra

Apple tiba-tiba mengirim email kepada para pelanggan Public Beta yang sebentar lagi dapat mencoba iOS 11 dan macOS High Sierra. Terutama jika kamu masih menggunakan standar keamanan Two-Step Verification, Apple akan mengganti mode keamanan di Apple ID tersebut menjadi Two-Factor Authentication. Standar keamanan ini dapat memberikan rasa aman yang lebih baik dan cocok untuk kamu yang memiliki beberapa perangkat Apple.

If you install the iOS 11 or macOS High Sierra public betas this summer and meet the basic requirements, your Apple ID will be automatically updated to use two-factor authentication.

Two-Factor Authentication menggunakan sistem yang lebih mudah namun tetap aman untuk proses login Apple ID. Yaitu menggunakan password Apple ID dan kode verifikasi yang dikirimkan ke perangkat iOS, macOS, watchOS atau tvOS yang sudah login menggunakan Apple ID tersebut. Informasi tambahan berupa catatan lokasi mengenai perangkat baru yang akan login menggunakan akun tersebut, juga tampil di layar dengan jelas.


Baca Juga:


Perbedaan berikutnya dari Two-Factor Authentication dan Two-Step Verification adalah kode verifikasi lebih panjang – 6 digit yang bisa didapatkan dengan beberapa cara. Mulai dari cara yang saya jelaskan di paragraf sebelumnya atau gunakan Get Verification Code dari bagian pengaturan Apple ID di perangkat iOS 11 misalnya. Sistem Two-Factor Authentication juga tidak lagi menggunakan Recovery Key yang harus kamu cetak dan simpan di tempat yang aman sebagai standar keamanan terakhir. Namun kamu bisa mengaktifkan mode tersebut jika lebih merasa aman. Informasi lebih lengkap mengenai Two-Factor Authentication dapat kamu baca di laman Apple Support berikut ini.

Sudah tidak sabar untuk mencoba iOS 11 dan macOS High Sierra? Untuk saat ini, kedua sistem operasi tersebut baru tersedia untuk pengguna di portal Apple Developer ya. Pengguna umum yang ingin mencoba versi Public Beta akan mendapatkan update iOS 11 dan macOS High Sierra pada akhir bulan nanti. Sedangkan versi final dari semua sistem operasi baru yang dikenalkan pada WWDC 2017, akan hadir untuk pengguna umum pada musim gugur tahun ini alias sekitar bulan September 2017.


Daftar Perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch yang Mendukung iOS 11

[source site_name = “MacRumors” site_url = “https://www.macrumors.com/2017/06/12/ios-11-macos-high-sierra-two-factor-auth/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest