Follow Us

Apple Izinkan Peritel di India Turunkan Harga iPhone

Andri Alfansyah - Selasa, 13 Juni 2017 | 15:48
Apple Izinkan Peritel di India Turunkan Harga iPhone

India bisa dibilang sebagai salah satu negara yang mendapatkan perhatian lebih dari Apple. Betapa tidak? Perusahaan dari asal Cupertino, AS, tersebut dikabarkan menurunkan harga iPhone yang dijual di Negeri Bollywood tersebut.

Seperti diberitakan Bloomberg, Apple memberikan izin kepada sejumlah peritel di India seperti Amazon dan Flipkart untuk memangkas harga iPhone model lama. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan penjualan iPhone di India yang diklaim sebagai pasar smartphone dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

Apple made just 3 percent of the smartphones sold in India, the industry’s fastest-­growing market, in the first quarter. Now it’s letting stores and online retailers such as Amazon.com Inc. and Flipkart Ltd. slash prices for retro models, a rare concession for a brand that carefully guards its high-end image.

Tahun lalu, Apple berhasil mencatat penjualan iPhone sebanyak 2,6 juta unit atau 3 persen dari keseluruhan penjualan iPhone. Sebanyak 55 persen di antaranya adalah model iPhone lama yang banderol harganya dirasa masih mahal.

Bagi mayoritas konsumen di India, harga iPhone 5s sebelumnya masih tergolong cukup mahal. Mereka harus merogoh kocek sekitar 20.400 rupee atau sekitar $300. Dengan banderol harga rata-rata ini, Apple masih kesulitan untuk meningkatkan pangsa pasarnya.

Kini, konsumen di India bisa mendapatkan iPhone 5s dengan harga 15.999 rupee di Amazon. Sedangkan di Flipkart, iPhone 6 yang normal dibanderol 24.990 dijual dengan diskon harga tak biasa menjadi 1.000 rupee saat Hari Ayah di negara tersebut.

Selain memangkas harga iPhone, pihak peritel juga dilaporkan memberikan beragam penawaran untuk memikat para calon pembeli. Seperti, cashback, tukar tambah produk, dan program pembelian dengan cicilan ringan per bulan.


Baca juga:


CEO Apple Tim Cook bahkan sangat optimis dengan masa depan penjualan iPhone di negara tersebut, seperti yang pernah dikatakannya dalam acara laporan keuangan di kuartal ketiga lalu.

“We’re very optimistic about our future in this remarkable country, with its very large, young, and tech-savvy population, fast-­growing economy, and improving 4G network infrastructure,”

Konsumen India diprediksikan bakal membeli iPhone setengah milyar unit dalam waktu lima tahun mendatang. Tidak heran jika India menjadi kekuatan baru bagi Apple di Asia setelah China di mana penjualan iPhone terus mengalami penurunan.

[source site_name = “Bloomberg” site_url = “https://www.bloomberg.com/news/articles/2017-06-12/in-india-apple-is-making-old-iphones-new-again”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest