Follow Us

Tim Cook Akui Apple Sedang Kembangkan Sistem Mobil Otonom

Andri Alfansyah - Selasa, 13 Juni 2017 | 20:03
Tim Cook Akui Apple Sedang Kembangkan Sistem Mobil Otonom

CEO Apple Tim Cook akhirnya mengkonfirmasi bahwa perusahaan yang dipimpinnya tengah mempersiapkan diri untuk terjun ke industri otomotif dengan kemungkinan meluncurkan mobil tanpa sopir di masa yang akan datang.

Berbicara kepada Bloomberg, Tim Cook dalam wawancaranya mengatakan bahwa Apple sedang mengembangkan sistem mobil otonom yang dipandangnya sebagai inti teknologi yang sangat penting.

Sistem kendaraan otonom dikatakan Tim Cook sebagai induk dari proyek kecerdasan buatan. Dia juga mengakui proyek kecerdasan buatan ini sebenarnya adalah yang paling sulit dikerjakan.

“We’re focusing on autonomous systems,” Cook said in an interview on Bloomberg Television. “It’s a core technology that we view as very important.”

“We sort of see it as the mother of all AI projects,” Cook said in his most detailed comments to date on Apple’s plans in the car space. “It’s probably one of the most difficult AI projects actually to work on.”

Tim Cook juga mengatakan bahwa ada kendala besar dalam proyek mobil otonom yang disebut dengan Project Titan tersebut sehingga terjadi perubahan manajemen. Seperti dirumahkannya puluhan pegawai.

Sebelumnya, Apple sangat menutup rapat-rapat mengenai proyek pengembangan mobil otonomnya yang dimulai sejak tahun 2014 lalu. Rahasia yang ditutupi tersebut akhirnya bocor juga.


Baca juga:


Proyek mobil otonom ini kabarnya dikerjakan oleh lebih dari 1.000 insinyur yang direkrut Apple dari berbagai produsen mobil ternama; direkrutnya Bob Mansfield untuk memimpin proyek yang baru, dan beredarnya perizinan untuk mengetes mobil tanpa sopir di jalanan AS.

Seperti diketahui, Apple sudah mengantongi izin dari California DMV untuk mulai mengetes sistem mobil tanpa sopirnya di jalanan pada Mei lalu. Saat itu, mereka menggunakan sejumlah mobil SUV Lexus RX450h keluaran 2015.

Selain itu, beredar kabar menyebutkan Apple sudah membentuk tim pegawai untuk menggarap sistem operasi buat kendaraan. 20-an pegawai di tim yang ditempatkan di Kanada itu merupakan pengembang software otomotif QNX BlackBerry.

Meski begitu, Tim Cook tidak mau merinci lebih jauh mengenai proyeknya ini ketika ditanya mengenai apakah Apple berencana meluncurkan mobil listriknya sendiri dengan bekerja sama dengan produsen mobil yang sudah ada.

“We’ll see where it takes us,” Cook said. “We’re not really saying from a product point of view what we will do.”

[source site_name = “Bloomberg” site_url = “https://www.bloomberg.com/technology”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest