Follow Us

Apple Terbitkan Obligasi $1 Milyar untuk Danai Proyek Energi Terbarukan

Andri Alfansyah - Rabu, 14 Juni 2017 | 11:59
Apple Terbitkan Obligasi $1 Milyar untuk Danai Proyek Energi Terbarukan

Seusai menyatakan keikutsertaannya dalam koalisi lingkungan untuk mengatasi pemanasan global beberapa waktu lalu, Apple dikabarkan sudah menerbitkan dana pinjaman atau obligasi dengan nilai yang sangat besar untuk menjaga lingkungan.

Bloomberg dalam laporannya mengabarkan bahwa Apple sudah menerbitkan obligasi sebesar $1 milyar (Rp 13 triliun) untuk mendanai proyek energi terbarukan 100 persen di semua fasilitas dan rantai pasokannya.

Apple said it plans to use the proceeds to finance projects involving renewable energy resources and energy efficiency, among other things. The latest bond offering includes a focus on advancing Apple’s goal of a closed-loop supply chain, through which products are made using only renewable resources and recycled material.

Dengan menerbitkan obligasi tersebut, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu tidak perlu menarik dana miliknya yang tersimpan di luar negeri untuk mendukung proyek energi terbarukannya ini.

Adapun dana obligasi tersebut digunakan Apple untuk berinvestasi di bidang energi surya, pembangkit listrik tenaga air dan fasilitas biogas di sejumlah wilayah di AS. Bahkan mereka punya izin untuk menjual energi listrik ke pasar.

The company is investing in solar energy, hydroelectric plants and biogas facilities in Oregon, North Carolina, Nevada, Arizona and California, including $850 million on a 130-megawatt solar farm near San Francisco over the next quarter century, and has received permission to sell power to the wholesale energy markets.


Baca juga:


Obligasi baru ini adalah yang kedua yang diterbitkan Apple. Pada tahun lalu, pencipta iPhone itu menerbitkan obligasi sebilai 1,5 milyar untuk meneruskan penggunaan energi terbarukan sepenuhnya di fasilitasnya yang ada di Cupertino, California

Penerbitan obligasi senilai $1 milyar itu sendiri hadir menyusul pemerintah AS menyatakan mencabut diri dari kesepakatan Iklim Paris yang diikuti 200 negara dua minggu yang lalu. Apple sendiri kecewa dengan langkah yang diambil Presiden Donald Trump itu dan juga menegaskan komitmennya untuk mengatasi perubahan iklim.

[source site_name = “Bloomberg” site_url = “https://www.bloomberg.com/news/articles/2017-06-13/apple-issuing-a-second-green-bond-to-finance-clean-energy”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest