Follow Us

Jangan Instal iOS 11 Versi Beta! Ini 5 Alasannya

Bagus Hernawan - Senin, 19 Juni 2017 | 19:08
Jangan Instal iOS 11 Versi Beta! Ini 5 Alasannya

Halo MakeMac, bagaimana cara mencoba iOS 11 versi Beta? Apakah aman?

Pertanyaan sejenis ini banyak masuk ke tim MakeMac, bahkan sejak Keynote WWDC 2017 selesai disiarkan oleh Apple. Secara singkat, saya akan menjawab bahwa kamu tidak disarankan untuk mencoba instal iOS 11versi Beta. Apa alasannya? Simak di catatan berikut ini:

5 Alasan Jangan Instal iOS 11 Versi Beta

1. Mengenal Maksud dan Tujuan iOS Beta

Sudah beberapa tahun ini Apple menggunakan langkah yang sama dalam hal merilis update iOS. Yaitu mengenalkan di WWDC, merilis versi Beta untuk pengembang terdaftar lalu dilanjutkan dengan merilis versi Beta untuk pengguna Public Beta. Sistem operasi tersebut akan terus disempurnakan dan mendapatkan beberapa kali update Beta untuk memperbaiki beberapa masalah di setiap bagian. Misalkan adalah iOS 11 Beta 1, iOS 11 Beta 2 dan seterusnya.

Nanti setelah semuanya dianggap selesai, pengguna umum dapat memperoleh iOS terbaru ini dalam versi final. Rilis iOS versi final ini biasanya juga tidak lama dari rilis iPhone generasi baru di bulan September untuk setiap tahunnya.

Tujuan Apple merilis iOS versi Beta adalah memberikan akses perdana kepada para pengembang di Apple Developer untuk mencobanya. Tidak hanya mencoba, para pengembang juga mendapatkan kesempatan untuk memberikan update aplikasi buatannya agar dapat mendukung iOS terbaru, jika sudah rilis untuk pengguna umum. Hal ini dekat kaitannya dengan beragam fitur baru, tools Developer baru dan juga masalah kompatibilitas iOS yang biasa menjadi perhatian pertama para pengembang.

2. Update iOS Beta Tidak Bisa Sembarangan

Kembali ke penjelasan awal, hanya ada 2 versi iOS Beta yang dibuat oleh Apple. Untuk tahun ini yaitu iOS 11 Developer Beta dan iOS 11 Public Beta. Untuk Developer Beta, hanya dapat diunduh oleh pengembang terdaftar di Apple Developer dengan cara melakukan registerasi nomor UDID dari setiap perangkat iOS yang akan digunakan. Setelah mendaftarkan UDID, pengembang tersebut bisa instal iOS 11 Beta Profile di perangkat yang digunakan dan mulai update dengan cara OTA Updates atau unduh IPSW terlebih dahulu.

Di beberapa website lain memang disebutkan bahwa kamu dapat instal iOS 11 Developer Beta tanpa perlu mendaftarkan UDID, tanpa perlu akun Apple Developer dan cara singkat lainnya. Namun hal ini tidak saya rekomendasikan, karena kembali lagi pada tujuan update iOS versi Beta yaitu pengembangan aplikasi oleh Developer.

Cara kedua adalah lewat laman Public Beta. Sejak iOS 9, Apple mengenalkan laman Apple Beta Software Program untuk mengajak para pengguna umum dalam mencoba iOS Beta secara lebih mudah. Yaitu mendaftar di beta.apple.com dan mendapatkan Beta Profile dalam label Public Beta untuk instal iOS 11 versi percobaan.

Tujuan dari Public Beta adalah mengajak sebanyak mungkin pengguna yang ingin mencoba update iOS 11 dalam versi Beta dan melaporkan setiap bug system yang ditemukan lewat Feedback Assistant. Untuk tahun ini, Public Beta akan rilis di akhir Juni 2017 dan kamu dapat membaca penjelasan lengkapnya pada laman berikut ini.

3. Bug System di iOS Beta

Karena masih bersifat percobaan, pastinya sistem operasi iOS Beta belum bisa dibilang stabil atau berjalan mulus seperti iOS 10.3.2 yang mungkin sekarang sedang kamu gunakan. Dari hasil percobaan tim MakeMac, iOS 11 Beta masih punya banyak masalah kestabilan dan juga bug system yang cukup mengganggu.

Beberapa diantaranya adalah akses Multitasking yang lambat, informasi di Status Bar yang selalu tampil setiap menggunakan fitur catatan lokasi, indikator pengisian baterai yang sering tidak berfungsi dan beberapa hal lainnya. Hal ini mungkin bisa dibilang masalah yang sepele, namun bisa menjadi perkara besar jika kamu instal iOS 11 Beta di perangkat ponsel atau tablet yang biasa digunakan sehari-hari. Bayangkan jika di tengah jam kantor yang sibuk, iPhone kamu yang mulai kehabisan baterai tidak bisa diisi ulang karena bug system di iOS 11 atau mungkin masalah lainnya.


Baca Juga:

Editor : MakeMac

Latest